Masjid – Masjid Kuno di Jawa Tengah

Masjid Agung Demak (@gpswisataindonesia)

Masjid adalah produk rancang bangun, yang menandai bagaimana Islam bekembang di suatu wilayah. Hal ini karena masjid adalah penanda atau bukti utama keberadaan Islam di lingkungan masyarakat. Dari bentuk arsitektur masjid juga dapat memberikan gambaran, darimana pengaruh Islam berasal.

01. Kabupaten Brebes

02. Kabupaten Cilacap
03. Kabupaten Banyumas

Masjid Saka Tunggal Banyumas (https://tempatwisatadaerah.blogspot.com)

04. Kabupaten Tegal

  • Masjid Nurut Taqwa Dukuhwaru Kabupaten Tegal Jawa Tengah

Masjid Nurut Taqwa (https://pegandon.wordpress.com)

Masjid Nurut Taqwa yang terletak di desa Pegandon, Kecamatan Pegandon, Kabupaten Kendal, Jawa Tengah, letaknya 7 km sebelah barat daya kota Kendal.

Sejarah

Keberadaannya Masjid Nurut Taqwa tak lepas dari karisma seorang tokoh kerajaan Mataram Islam, yakni Tumenggung Bahurekso yang pernah menyerang Batavia (Jakarta) untuk mengusir Kompeni Belanda ketika Mataram diperintahkan Sultan Agung.

Akibat kegagalan yang dialami oleh prajurit Mataram, akhirnya mereka mengundurkan diri dan kembali ke mataram, namun sebelumnya sempat tinggal lama di Pegandon dan pengikut Tumenggung Bahurekso Tumenggung Bahurekso, diantara prajurit Kiai Jumerto yang berdakwah didaerah Jumerto, Kiai Jebeng didaerah Jebeng, Kiai Srogo didaerah Srogo, Kiai Puguh didaerah Puguh, Kiai Poloso didaerah Ploso yang semuanya masih berdekatan dengan daerah Pegandon.

Bangunan

Wujud Masjid Nurut Taqwa yang sekarang sudah bukan asli lagi kerena telah mengalami beberapa kali pemugaran. Wujud asli masjid adalah lebih kecil dan terbuat dari kayu jati, mulai tiang sampai atapnya, sehingga cepat rusak terkena air hujan. Pada akhir tahun 1954 dilakukan renovasi besar-besaran dan wujudnya dapat dilihat seperti sekarang. Yang masih tersisa hanya beduk saja, sedangkan benda-benda peninggalan Tumenggung Bahurekso lainnya, seperti arit dan gentong, sudah raib. Bahkan, gentongnya sudah berpindah ke Masjid Pekuncen.

Sumber: duniamasjid.islamic

05. Kota Tegal
06. Kabupaten Pemalang
07. Kabupaten Purbalingga
08. Kabupaten Kebumen
09. Kabupaten Banjarnegara
10. Kabupaten Pekalongan
11. Kota Pekalongan
12. Kabupaten Batang
13. Kabupaten Wonosobo
14. Kabupaten Purworejo
15. Kota Magelang
16. Kabupaten Magelang
17. Kabupaten Temanggung
18. Kabupaten Kendal
19. Kota Semarang
20. Kabupaten Semarang
21. Kota Salatiga
22. Kabupaten Boyolali
23. Kabupaten Klaten
24. Kabupaten Wonogiri
25. Kabupaten Sukoharjo
26. Kota Surakarta (Solo)

27. Kabupaten Demak

28. Kabupaten Jepara

29. Kabupaten Kudus

Masjid Menara Kudus (@gpswisataindonesia)

30. Kabupaten Pati
31. Kabupaten Grobogan
32. Kabupaten Sragen
33. Kabupaten Karanganyar
34. Kabupaten Blora
35. Kabupaten Rembang

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Next Post

Wisata Belanja di Kabupaten Semarang Jawa Tengah

Wed Dec 16 , 2020
Bengok Craft Tanpa banyak orang tahu, wilayah Kabupaten Semarang, ternyata banyak memiliki aneka macam kerajinan. Selain produk unggulan berupa aneka jenis makanan khas, juga memiliki produk unggulan lainnya, di antaranya produk batik, kerajinan lampu hias dari batok kelapa, kerajinan hiasan dinding dari bahan kuningan, bordir, dan aneka macam cinderamata lainnya. […]