Masjid Kaujon Serang Kota Serang (Video)

1

Masjid Kaujon (https://www.infobanten.com)

Masjid Kaujon yang terletak di di Kaujon RT 01/01, Kelurahan Serang, Kecamatan Serang, Kota Serang atau Jl. RM. HS. Jayadiningrat, Kampung Kaujon Pasar Sore, Kelurahan Serang, Kecamatan Serang, Kota Serang. Masjid ini berada dilingkungan rumah penduduk, di sebelah selatan kompleks bekas Kantor Gubernur Banten.

Peta Kota Serang (https://arkeologisunda.blogspot.co.id)

“Tidak ada yang mengetahui kapan dibangunnya dan oleh siapa, angka tahun 1936 yang terdapat di dinding masjid bukan merupakan tahun pendirian tetapi tahun renovasi. Pendirian masjid lebih dahulu dari pada pembangunan jembatan Kaujon yaitu tahun 1875,” kata salah satu pengurus Masjid Kuno Kaujon, Nurdin Abidin.

Sejarah

Masjid Kaujon (https://www.youtube.com)

Konon, mesjid ini dikenal sebagai tempat persinggahan yang sederhana bagi para saudagar dan nelayan, untuk melepas lelah dan beribadah setelah melakukan aktivitas berdagang pada saat itu melalui sungai Cibanten yang berada tidak jauh dari Masjid Kuno Kaujon

Arsitektur

Masjid yang mempunyai gaya arsitektur campuran khas Eropa, China dan Arab ini sudah mengalami beberapa kali renovasi tetapi tidak menghilangkan keasliannya, seperti pintu masuk yang berbentuk dua daun yang terbuat dari kayu jati masih dipertahankan dan masih kokoh.

Diskripsi Bangunan

Kompleks masjid pada kondisi sekarang merupakan kompleks terbuka tidak dilengkapi pagar halaman kecuali di sisi timur. Pada sisi timur terdapat gerbang masuk dilengkapi tangga naik. Pada bagian luar merupakan ruangan terbuka yang dahulu terdapat bangunan pancaniti. Bangunan ini berfungsi untuk tempat azdan, pengumuman waktu imsak dan lain kegunaan.

Atap

Bentuk atap bertingkat juga merupakan adaptasi dari seni bangun Hindu-Buddha, pada arsitektur Hindu-Buddha, atap bersusun merupakan lambang meru yang mulai dikenal pada relief-relief candi di Jawa Timur seperti pada Candi Surawana, Panataran, Kedaton, Jago, Jawi dan pura-pura di Bali sampai kini.

Bangunan

Bangunan Masjid berdiri di atas pondasi masif yang tingginya 60 cm. Bagian batur masjid berhias pelipit berbentuk profil persegi bertingkat. Pintu masuk utama berada di tengah dengan dua daun pintu. Di kanan dan kiri pintu utama terdapat jendela. Selain pintu utama juga terdapat pintu lain yang berada di sisi utara. Pintu dan jendela bagian atas berbentuk melengkung.

Serambi

Setelah memasuki pintu utama selanjutnya memasuki bagian serambi yang merupakan ruangan berdenah empat persegi panjang berukuran 6 x 12 m.

Ruang Utama

Selanjutnya memasuki ruang utama masjid yang berbentuk empat persegi dengan ukuran 10 x 10 m. Di sebelah selatan terdapat ruangan khsus untuk perempuan (pawestren). Ruang utama masjid dibatasi dinding pada keempat sisinya. Bagian bawah dinding dilapisi keramik putih.

Mihrab dan Mimbar

Mihrab dan Mimbar (https://arkeologisunda.blogspot.co.id)

Pada sisi barat terdapat mihrab tempat imam memimpin shalat berupa ceruk. Pada kanan dan kiri mihrab terdapat hiasan pilar semu, dua di kanan dan dua di kiri. Pada puncak pilar semu terdapat hiasan buah nanas. Buah nanas yang terdapat pada puncak pilar semu bagian dalam digambarkan dalam keadaan sudah dikupas, sedangkan buah nanas yang terdapat pada puncak pilar semu bagian luar belum dikupas. Di atas mihrab berhias motif flora yang digayakan menjadi bentuk lengkung bertingkat. Ujung kedua hiasan lengkung berada di atas motif hias buah nanas.

Tiang

Di bagian ruang utama terdapat empat tiang utama penyangga konstruksi atap. Pada bagian kuda-kuda tiang diperkuat dengan lempengan besi. Atap masjid berbentuk limas bersusun terdiri tiga tingkat. Pada setiap kaki atap melengkung ke atas dengan ujung runcing melengkung. Bagian puncak berhias motif floral (daun) dan puncaknya terdapat hiasan kendi.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Next Post

Masjid Kasunyatan Kasemen Kota Serang

Sun Oct 1 , 2017
Masjid Kasunyatan tampak depan (https://cagarbudaya.kemdikbud.go.id) Masjid Kasunyatan terletak di Jl. Raya Pelabuhan Karangantu, Kampung Kasunyatan, Kelurahan Kasunyatan, Kecamatan Kasemen, Kota Serang.  Sebelah utara, masjid berbatasan dengan lahan kosong, sebelah selatan berbatasan dengan pemukiman, sebelah timur berbatasan dengan pemukiman, dan di sebelah barat berbatasan dengan sungai Cibanten. Dari beberapa hasil penelitian, […]