Masjid Kalisoka Dukuhwaru Kabupaten Tegal Jawa Tengah

Masjid Kalisoka (https://quran.laduni.id)

Masjid Kalisoka atau disebut dengan nama Masjid Kasepuhan Pangeran Purbaya yang terletak di Jalan Anggawana, Desa Kalisoka, Kecamatan Dukuhwaru, Kabupaten Tegal, Jawa Tengah.

Sejarah

Menara Masjid Kalisoka (https://news.detik.com)

Ada seorang tokoh bernama Ki Gede Sebayu yang diyakini sebagai pendiri Tegal. Alkisah, dia pernah mengeluarkan tantangan untuk merobohkan sebuah kayu jati. Jika ada yang mampu melakukannya, sang pemenang dapat menikahi putrinya, Raden Ayu Giyanti Subalaksana pada tahun 18 Mei 1601.

Ki Gede berencana menjadikan jati tersebut sebagai tiang utama masjid Kalisoka, Dikisahkan, seorang pemuda mampu menunaikan tantangan tersebut. Namanya Pangeran Purbaya atau Sayyid Abdul Ghofar, yang kala itu sedang menggunakan nama Ki Jadhug untuk menyamar.

Mihrab dan Mimbar Masjid Kalisoka

Bersama Ki Gede Sebayu, Pangeran Purbaya kemudian mendirikan masjid yang kini dikenal sebagai Masjid Kalisoka. Sampai sekarang, bangunan masjid ini masih berdiri kokoh. Bahkan, ada beberapa bagian bangunan yang masih asli.

Bangunan

Bangunan masjid Pangeran Purbaya juga punya keunikan, yakni tidak ada kubah tapi punya menara. Di bawah menara ada sumur yang digunakan untuk berwudlu.

Jam Matahari

Di pelataran masjid terdapat jam matahari yang dulu digunakan untuk menentukan waktu sholat. Hingga kini jam tersebut masih ada, meskipn sudah tidak digunakan lagi.

Pemugaran

Semua bagiannya masih asli baik bentuk maupun arsiteknya sejak pertama dibangun. Hanya saja pada tahun 1955, ada penambahan tempat ibadah, tapi tidak merombak struktur bangunan.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Next Post

Wisata Belanja di Kabupaten Sukoharjo Jawa Tengah

Fri Apr 16 , 2021
Kain Pantai Kabupaten Sukoharjo juga mempunyai nama sebutan (julukan) yang cukup terkenal, antara lain: Kota Makmur, Kota Tekstil, Kota Gamelan, The House of Souvenir, Kota Gadis (perdagangan, pendidikan, industri, dan bisnis), Kabupaten Jamu, Kabupaten Pramuka, serta Kabupaten Batik. Pasar Tradisional Masyarakat Sukoharjo kini bisa berbelanja di 11 pasar tradisional tanpa […]