Masjid Jami’ Belinyu Kabupaten Bangka

Masjid Jami’ Belinyu (https://suara-berisi.blogspot.co.id)

Masjid Jami’ Belinyu terletak di kampung Tengah, Kelurahan Kuto Panji, Kecamatan Belinyu, Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Merupakan bangunan masjid tertua yang berada di ujung utara Pulau Bangka. Masjid ini dibangun pada tahun 1890 M dan diprakarsai oleh Muallim H. Toyeb asal Kesultanan Palembang Darussalam, para Habaib asal Kesultanan Palembang Darussalam salah satunya Habib Umar Al Bar, dan Habaib yang datang langsung dari Yaman (Semenanjung Arab) yakni Hadhdromaut Sayyid Abdurrohman Assahab.

Arsitektur

Masjid Jami’ Belinyu (https://birokesra.babelprov.go.id)

Masjid Jami’ Belinyu pada awal pembangunnya hanya berupa bangunan kecil berarsitektur melayu yang beralkulturasi dengan budaya China dan Arab. Masjid Jami’ Belinyu seluas 755 m2, dengan luas bangunan 525 m2 dan dapat menampung jemaah lebih dari 200 orang.

Mihrab dan Mimbar (https://birokesra.babelprov.go.id)

Masjid ini pertama kali dikelola oleh seseorang yang bernama Muallim Haji Toyyeb yang berdarah sayyid asal Kesultanan Palembang dan dilanjutkan oleh Haji Abdul Karim. Pemilihan ketua masjid dilakukan secara aklamasi dengan dasar memiliki kharismatik, mahir dalam keilmuan keislaman, dan berperan sebagai pemimpin agama di wilayah Belinyu. Pada awalnya masa jabatan ketua masjid tidak terbatas atau tidak memiliki batasan waktu. Namun sejak tahun 1980 hingga sekarang, ketua masjid yang menjabat memiliki masa jabatannya 3 (tiga) tahun.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Next Post

Masjid - Masjid Kuno di Bangka Belitung

Fri Jun 2 , 2017
Masjid merupakan rumah ibadah bagi umat Islam dalam mengerjakan sholat dan majlis keagamaan serta pusat aktiviti sosial umat Islam. Masjid adalah sebuah institusi ibadah yang sepatutnya berkembang sejajar dengan arus perkembangan zaman dan memainkan peranan di dalam kehidupan masyarakat Islam sebagai sebuah institusi membina kemajuan ummah. Mengimarahkan masjid pula adalah […]