Masjid Jami At Taqwa Gumelem Susukan Banjarnegara Jawa Tengah

Masjid Jami At Taqwa

Masjid Jami At Taqwa terletak di Desa Gumelem, Kecamatan Susukan, Kabupaten Banjarnegara, Provinsi Jawa Tengah, letak masjid ini unik berada diantara Desa Gumelem Wetan dan Gumelem Kulon, bukan sekadar tempat ibadah, namun juga pemersatu dua desa bertetangga.

Sejarah

Masjid Jami At Taqwa (https://de-de.facebook.com)

Masjid itu diyakini dibangun pada tahun 1559. Pembangunan masjid diinisiasi oleh toko penyebar Islam atau ulama bernama Nur Daiman. Kala itu, nama Desa Gumelem masih bernama Karangtiris, masyarakatnya masih kuat memegang kepercayaan lama atau Hindu.

Nur Daiman adalah utusan dari Kerajaan Mataram yang datang ke Karangtiris untuk mengemban misi mensyiarkan Islam. Dakwah di tengah komunitas yang masih memegang adat tentunya bukan perkara gampang. Ia, sebagaimana wali songo, berdakwah tanpa menabrak budaya atau kearifan lokal yang masih dipegang kuat warga.

Bangunan

Mihrab dan Mimbar Masjid Jami At Taqwa

Bangunan utama ditopang empat saka guru yang berpenampang bulat, 12 tiang terdapat disekeliling saka guru. Di atas mih­rab terdapat in­kri­psi dengan hu­ruf arab pegon yang ditulis pada usuk. Inkripsi serupa juga ter­da­pat di bagian atas pintu utama masjid, namun meng­gu­nakan huruf jawa. Sedang arti dari tulisan tersebut belum diketahui.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Next Post

Sanggul Rangkap Kalimantan Selatan

Fri Aug 13 , 2021
Sanggul rangkap (https://budaya-indonesia.org) Sesuai namanya maka bentuk sanggul rangkap ini ialah “rangkap” atau susun agak bulat, terletak dipuncak kepala, besar bagian bawah agak mengecil ke atas atau di atas. Kelengkapan Sanggul rangkap (https://budaya-indonesia.org) Untuk kelengkapan sanggul rangkap, biasa dikenakan sekaligus busananya yang disebut “Baju Rangkap”, yaitu terdiri dari: kain sarung […]