Masjid Baiturrahim Aceh Timur Aceh

1

Masjid Baiturrahim terletak di Gampong Tualang, Kemukiman Peureulak, Kecamatan Peureulak, Kabupaten Aceh Timur, Propinsi Aceh.

Bagian belakang Masjid, terdapat pemakaman

Pembangunan pertama masjid ini menggunakan bahan kayu tualang yang banyak terdapat pada bekas lahan yang dipakai untuk mendirikan Kuta Tualang. Masjid ini didirikan pada tahun 1164 H atau 1751 M oleh keulebalangan Peureulak yang kala itu dipimpin oleh Datuk Po Kalam.

Di pintu masuk masjid, bagian atas terdapat prasasti bertuliskan Arab-Melayu.

Pada tanggal 16 Dzulhijjah 1303 H atau 1883 M, dilakukan rehabilitasi total yang menggantikan masjid lama dengan masjid berkontruksi beton, dan beratapkan genteng, Rehabilitasi ini dilakukan oleh Teungku Chik Muhammad Ali, keturunan Datok Po Kalam dengan mendatangkan ahli dari Pulau Penang, Malaysia.Luas masjid Baiturrahim 4.800 m2, luas bangunan 486 m2 dan daya tampung jema’ah 600 orang.

Mihrab dan Mimbar

Mihrab dan Mimbar

Didalam masjid terdapat mimbar khutbah yang berukir kaligrafi berwarna kuning keemasan, ukiran ini berasal dari Penang, Malaysia, peninggalan Teungku Chik Muhammad Ali. Pada sisi kanan mimbar menjelaskan tentang tata cara dan syarat shalat Jum’at sedangkan pada sisi kiri menjelaskan tentang  doa setelah adzan berkumandang. Pertama sekali yang menjadi Imam di masjid ini adalah Tgk. Abdullah Tungkop selama lebih kurang 10 tahun.

Pemugaran

  • Tahun 1970, Panitia Kemasjidan Desa Tualang kembali merehab masjid ini dengan menggantikan konstruksi bagian atas, dan bagian pinggiran pondasi. Anggota kepanitiaan ini mewakili beberapa desa yaitu Gampong Tualang, Punti, dan Uteun Dama.
  • Pada tahun 1978, pihak Depdikbud melakukan pemugaran, dan pembuatan pagar permanen sepanjang 100 meter.
  • Pada tahun 1984, Panitia Kemasjidan Desa Tualang menambahkan bagian depan (teras) agar dapat menampung peningkatan jumlah jama’ah. Perluasan ini menuntut pemindahan bak penampungan air wudhu ke lokasi lain yang lebih sesuai. Sebelumnya, baik air ini berada di dekat pintu masuk.

Fasilitas     

Parkir, Taman, Gudang, Ruang Belajar (TPA/Madrasah), Perlengkapan Pengurusan Jenazah, Penyejuk Udara/AC, Sound System dan Multimedia, Pembangkit Listrik/Genset, Kamar Mandi/WC, Tempat Wudhu, Sarana Ibadah

Kegiatan

Pemberdayaan Zakat, Infaq, Shodaqoh dan Wakaf, Menyelenggarakan kegiatan pendidikan (TPA, Madrasah, Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat), Menyelenggarakan Pengajian Rutin, Menyelenggarakan Dakwah Islam/Tabliq Akbar, Menyelenggarakan Kegiatan Hari Besar Islam, Menyelenggarakan Sholat Jumat, Menyelenggarakan Ibadah Sholat Fardhu.

Sumber: Bidang Pendidikan Agama Islam pada Masyarakat dan Pemberdayaan Masjid (Penamas), Kantor Wilayah Departemen Agama Provinsi Aceh 2009

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Next Post

Masjid Lawang Kidul Palembang Sumatera Selatan

Tue Mar 14 , 2017
Masjid Lawang Kidul (http://hellopalembang.com) Masjid Lawang Kidul terletak di Jl. Slamet Riyadi, Gang atau Lorong Lawang Kidul, Ilir Tim. II, Kota Palembang, Sumatera Selatan 30118. Lorong masuk Masjid Lawang Kidul (http://hellopalembang.com) Masjid ini terletak di bantaran Sungai Musi, yakni semacam tanjung yang terbentuk oleh pertemuan dengan muara Sungai Lawang Kidul, […]