Masjid Al-Mujahidin Kota Bengkulu Bengkulu

1

Masjid Al-Mujahidin Kota Bengkulu (https://duniamasjid.islamic-center.or.id)

Masjid yang berdiri sekitar tahun 1850 ini, berlokasi di Pasar Bengkulu, Kecamatan Teluk Segar, Kota Bengkulu, Propinsi Bengkulu. Dahulunya berdiri di sekitar pemandian (batang air), atau tempat pemandian dangkal, yaitu suatu tempat pemandian para dewa, karena di sekitar tempat tersebut banyak terdapat sumur-sumur tua. Di areal lokasi masjid ini, dulunya menjadi arena “sabung ayam”.

Sebelumnya, lokasi masjid berada di tepi sungai, dipindahkan kurang lebih 100 meter maju ke depan, dekat dengan perkampungan penduduk. Orang yang pertama kali membangun pada tahun 1920 adalah seorang pemuka masyarakat setempat yang bernama H. Setir.

Diskripsi Bangunan

Masjid ini berdiri di atas tanah berukuran 17 x 16 m dengan luas bangunan 10 x 10 m persegi dan masuk dalam wilayah Keluraha Pasar Baru, kurang lebih 2,5 km dari pusat keramaian kota Bengkulu. Tepatnya di sekitar perkampungan para nelayan Pasar Bengkulu. Dahulu kurang lebih 175 meter dari masjid ini berdiri sebuah benteng bersejarah peninggalan Kolonial Inggris, yaitu Benteng York (Fort York) yang sekarang tertimbun oleh tanah.

Saat ini masjid tertua di Bengkulu ini tidak lagi digunakan untuk shalat masyarakat desa karena ukurannya yang kecil sekitar 6 x 6 meter. Masyarakat membuat masjid yang lebih besar. Namun masjid tua tersebut hanya digunakan anak-anak untuk belajar mengaji.

Pemugaran

Pada tahun 1960 M dilakukan pemugaran dengan menambah 4 tiang utama yang terbuat dari Kayu. Tahun 1970-1990 dilakukan pemasangan kaca pada dinding teras dan mengganti plapor serta lantai menggunakan tegel. Tahun 1990 M dilakukan perubahan pada atap masjid. Luas masjid sekarang ini ialah 16 x 16 Meter.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Next Post

Masjid Jamik Bengkulu Kota Bengkulu Bengkulu

Mon Dec 26 , 2016
Masjid Jamik Bengkulu (https://hipohan.blogspot.co.id) Masjid Jamik Bengkulu terletak di Jalan Soeprapto, Kota Bengkulu. Awalnya masjid ini dibangun di kelurahan Kampung Bajak, Bengkulu dekat dengan lokasi pemakaman Sentot Ali Basya, teman seperjuangan Pangeran Diponegoro yang dibuang Belanda ke Bengkulu, dibangun diperkirakan pada sekitar abad ke 18M dengan bentuk yang sangat sederhana. […]