Masjid Al-Kurdi Ketanggungan Kabupaten Brebes Jawa Tengah

Masjid Al Kurdi (https://www.trepelin.com)

Masjid Al Kurdi terletak di Jl. Pesantren, Desa Karangmalang, Kecamatan Ketanggungan, Kabupaten Brebes , Jawa Tengah.

Sejarah

Masjid Al Kurdi (https://www.trepelin.com)

Masjid Al Kurdi didirikan oleh KH Jazuli Malawi pada tahun 1917, seperti tertulis di dinding, yang merupakan keturunan Pangeran Diponegoro ke sembilan. Murid-muridnya atau santrinya banyak tersebar di beberapa daerah.

Keberadaan Masjid Al Kurdi menjadi salah satu bukti bahwa di wilayah tersebut pernah didirikan sebuah pondok pesantren. Tempat tersebut dipercaya sebagai pondok pesantren tertua di Kabupaten Brebes.

Setelah empat tahun berdiri, jumlah santri pada pondok tersebut mencapai ribuan. Karena khawatir dijadikan tempat pergerakan atau penggalangan kekuatan melawan penjajah, pondok tersebut akhirnya dibakar oleh Belanda. Masjid Al Kurdi berhasil dipertahankan oleh santri dan masyarakat setempat sehingga tidak ikut dibakar. Karena bangunan pondok habis terbakar, Jazuli kemudian memindahkan pondok tersebut ke lokasi lain di desa yang sama. Nama pondok kemudian diganti dengan At-Taqwa yang saat ini di pimpin oleh K.H Jumhur Abd. Qodir.

Bangunan

Mihrab dan Mimbar Masjid Al Kurdi (https://www.trepelin.com)

Masjid Al Kurdi yang berukuran 20 X 40 meter ini selalu ramai dipadati jamaah karena menjadi sentra kegiatan para santri Pondok Pesantren At Taqwa yang berjumlah sekitar 150 orang.

Ornamen Masjid Al-Kurdi ini cukup sederhana, tak tampak pernak pernik seperti masjid modern saat ini. Pintu, jendela dan tiang penyangga masjid yang terbuat dari kayu jati hingga sekarang masih utuh. Keaslian masjid ini terlihat pula pada lantai atau tegel yang ada di dalam masjid di mana terdapat corak yang khas peninggalan tempo dulu. Tegel masjid didominasi warna biru dan hanya sebagian saja berwarna kuning dengan motif bunga.

Aksesoris yang tampak masih utuh adalah tongkat kayu yang ujungnya diberi pisau atau belati yang berada di mimbar untuk khutbah. Tongkat yang mirip dengan tombak ini selalu dipegang oleh khatib saat berkhutbah ketika shalat Jumat.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Next Post

Masjid Agung Brebes Kabupaten Brebes Jawa Tengah

Tue Apr 13 , 2021
Masjid Agung Brebes (https://id.wikipedia.org) Masjid Agung Brebes terletak di Jl. Ustad Abas No.7, Kampung Kauman, Kelurahan Brebes, Kecamatan Brebes, Kabupaten Brebes 52212, Jawa Tengah. Sejarah Masjid Agung Brebes jadul (https://id.wikipedia.org) Masjid Agung Brebes merupakan salah satu bangunan masjid tertua di wilayah pantura Kabupaten Brebes yang didirikan tahun 1836 masa pemerintahan […]