Masjid Agung Brebes Kabupaten Brebes Jawa Tengah

Masjid Agung Brebes (https://id.wikipedia.org)

Masjid Agung Brebes terletak di Jl. Ustad Abas No.7, Kampung Kauman, Kelurahan Brebes, Kecamatan Brebes, Kabupaten Brebes 52212, Jawa Tengah.

Sejarah

Masjid Agung Brebes jadul (https://id.wikipedia.org)

Masjid Agung Brebes merupakan salah satu bangunan masjid tertua di wilayah pantura Kabupaten Brebes yang didirikan tahun 1836 masa pemerintahan Bupati Raden Adipati Ariya Singasari Panatayuda I (Kyai Sura) yang bangunan aslinya berarsitek jawa kuno, dengan kubah berbentuk limas.

Pada zaman pemerintahan Bupati Raden Adipati Ariya Sutirta Pringgahaditirta (Kanjeng Tirto) tahun 1932/933, masjid ini diratakan dengan tanah dan dibangun kembali, dikarenakan sering tergenang banjir luapan kali (Sungai Pemali). Pembongkaran itu sesuai dengan prasasti yang terdapat di bangunan utama saat ini. Disebutkan, masjid itu dibangun kembali di atas tanah seluas 666 m2 dengan ditopang kayu jati pilihan dan fondasinya ditinggikan 1 meter. Meski sudah berulangkali mengalami perbaikan, bangunan utama Masjid Agung yang terletak di bagian depan masih terjaga keasliannya.

Bangunan

Luas Tanah 1.932 m2, luas bangunan 1.932 m2, status tanah wakaf dan daya tampung jamaah 3.500

Pemugaran

Masjid Agung Brebes hingga kini sudah mengalami pemugaran tiga kali, yakni pada tahun 1933, tahun 1979 dan 2007. Namun, dalam perbaikan itu bangunan lama berbentuk joglo dan kubah limas tetap dipertahankan.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Next Post

Masjid Nur Sulaiman Kabupaten Banyumas Jawa Tengah

Tue Apr 13 , 2021
Masjid Nur Sulaiman (https://www.posjateng.id) Masjid Nur Sulaiman Banyumas yang terletak di Jl. Alun-alun Barat No. 1, Banyumas, Jawa Tengah. Masjid Agung Nur Sulaiman merupakan salah satu bangunan cagar budaya di Kabupaten Banyumas yang telah terdaftar oleh Balai Pelestarian Peninggalan Purbakala (BP3) Jawa Tengah pada 2004 dengan Nomor 11-12/Bas/44/TB/04. Masjid yang […]