Lezat dan Bergizi Saat Sahur? Nih, Ada 5 Resep Anti Ribet

Sayur bening

Biasanya apa sih hidangan kesukaan Sahabat GWI saat makan sahur di Bulan Ramadhan? Apapun yang dikonsumsi Sobat Pesona yang penting dapat memenuhi kebutuhan gizi dan juga menjaga stamina tubuh saat berpuasa. Biar Ramadhan makin berkesan saat di rumah aja seperti sekarang, gimana kalau Sobat Pesona masak sendiri hidangan Sahur yang praktis tapi tetap bergizi?

Nih, ada 5 resep praktis yang bisa dimasak di rumah untuk sahur. Yuk, cobain!

1. Tumis Kangkung

Vitamin yang ada dalam sayur-sayuran hijau penting banget untuk menjaga stamina tubuh saat berpuasa. Biar praktis, masak Tumis Kangkung aja. Kalau Sahabat GWI suka, bisa ditambahkan dengan udang, terasi, tahu ataupun tempe. Bahan dan cara pengolahannya juga mudah kok.

Bahan-bahan yang disiapkan:

1 ikat sayur kangkung segar (siangi, buang batang)
1 buah tomat ceri (belah empat)
4 siung bawang putihmemarkan)
2 siung bawang merah (iris tipis)
4 buah cabai rawit (iris serong tipis)
Kaldu ayam bubuk (secukupnya)
Garam (secukupnya)
Gula (secukupnya)
Margarin (secukupnya, pengganti minyak)
Udang goreng (secukupnya, jika suka)

Cara membuatnya:

1. Panaskan margarin hingga leleh, tumis bawang putih, bawang merah dan cabai hingga harum serta matang.
2. Masukkan sayur kangkung, aduk rata.
3. Tambahkan garam, gula, kaldu ayam bubuk dan buah tomat serta udang goreng.
4. Aduk rata semua bahan, masak dengan api besar agar kangkung cepat matang dan tidak berubah warna.
5. Angkat tumis kangkung yang telah matang, sajikan selagi masih hangat.
Nah, mudahkan? Yuk, coba masak Tumis Kangkung untuk sahur nanti.

2. Kering Tempe

Lidah Indonesia pasti doyan banget deh sama tempe. Walaupun dibuat hidangan apa saja, tempe tetap punya citarasa khas yang lezat. Apalagi nih, kalau kreasi tempe untuk dihidangkan saat santap sahur. Seperti sajian Kering Tempe dengan rasa pedas, manis dan gurih yang pasti tambah nikmat kalau disantap dengan nasi hangat.

Bahan-bahan yang dibutuhkan:

400 gram tempe, potong 1x1x4 cm, goreng kering
50 gram kacang tanah, goreng matang
5 buah cabai merah, potong serong, tumis
2 sendok makan bawang merah goreng
2 lembar daun salam
4 lembar daun jeruk, potong-potong
50 gram gula merah
1 1/2 sendok teh garam
1 sendok teh air asam, dari 1 sendok teh asam dan 1 sendok makan air
2 sendok makan minyak, untuk menumis

Bahan-bahan yang dihaluskan :

4 siung bawang putih
2 cm lengkuas
2 cm kunyit, bakar

Cara membuatnya:

1. Tumis bumbu halus, daun salam, dan daun jeruk sampai harum.
2. Tambahkan gula merah. Aduk sampai larut.
3. Masukkan tempe, kacang, cabai, dan bawang goreng. Aduk rata.
4. Tambahkan garam dan air asam sambil diaduk-aduk sampai kering.
5. Kering tempe siap untuk disantap.

3. Sayur Bening

Ada beberapa jenis sayuran yang cocok untuk dijadikan Sayur Bening kala santap sahur. Seperti bayam, oyong ataupun sawi putih. Semua olahan sayur bening pastinya tetap enak, lezat dan kaya akan gizi untuk menunjang puasa sehari penuh. Sayur Bening juga mudah dan praktis untuk dibuat. Nih, ada resep sayur beningbayam yang bisa Sahabat GWI coba.

Bahan-bahan yang diperlukan:

300 gr daun bayam
100 gr wortel, iris bulat tipis
100 gr tauge, cuci bersih dan tiriskan
1 buah jagung manis, potong jadi 3
1 liter air
4 butir bawang merah, iris halus2 siung bawang putih, iris halus
3 cm temu kunci (jika suka)
2 lembar daun salam
2 sdt garam
1 sdt gula pasir

Cara membuat sayur bayam bening:

1. Didihkan air, masukkan jagung, bawang putih, bawang merah, daun salam dan temu kunci.
2. Setelah jagung menjadi empuk dan bumbu layu, masukkan wortel dan masak hingga wortel setengah matang.
3. Masukkan daun bayam dan tauge didihkan kembali sebentar. Angkat sayur dan sajikan hangat.

4. Tahu Telur

Kalau biasanya masak tahu cuma digoreng aja nih, Sahabat GWI bisa kreasikan dengan resep tahu telur khas Malang. Bahan-bahannya mudah didapat dan cara membuatnya juga nggak ribet deh. Apalagi rasanya yummy dan juga banyak gizinya. Dijamin, nutrisi tubuh terpenuhi selama menjalankan puasa. Bikin yuk!

Bahan-bahan yang diperlukan:

2 blok tahu putih, potong dadu
3 butir telur ayam, kocok lepas
1/2 sendok teh garam

Bumbu Kacang:

3 siung bawang putih, goreng
4 sendok makan kacang tanah goreng
4 sendok makan kecap manis
1 sendok teh petis manis
garam dan gula secukupnya
air matang secukupnya

Pelengkap:
1 genggam tauge, seduh air panas
1/2 batang seledri, cincang halus
1/2 batang daun bawang, iris halus
lontong secukupnya, iris
acar mentimun secukupnya
kerupuk bawang atau kerupuk tahu secukupnya

Cara Membuat Tahu Telur:

1. Kocok lepas telur, lalu bumbui dengan garam.
2. Masukkan tahu ke dalam kocokan telur, lalu bagi jadi 3 bagian.
3. Goreng telur dengan api sedang, lalu tiriskan minyaknya dan sisihkan.
4. Ulek bawang putih, kacang tanah goreng, dan petis.
5. Tambahkan garam, gula, dan kecap manis secukupnya. Setelah itu, tambahkan air sesuai dengan kekentalan yang diinginkan. Aduk rata.
Sajikan tahu telur yang sudah dipotong-potong dengan tauge, saus kacang dan bahan pelengkap lainnya.

5. Nasi Liwet

Wah, hidangan nikmat dari olahan nasi khas Sunda ini bisa bikin acara sahur jadi dua piring nih! Karena nasinya bukan dimasak seperti biasa, melainkan ditambahkan dengan bumbu-bumbu istimewa yang bikin nasi liwet jadi super lezat. Tidak perlu khawatir Sahabat GWI, karena membuatnya cukup mudah kok. Agar lebih praktis, nasi liwet bisa dimasak pada saat malam hari, hingga saat sahur Sahabat GWI tinggal menyiapkan lauk pauk tambahan aja, nih. Boleh dengan tempe dan tahu goreng atau telur dadar. Ini dia, resep nasi liwet praktis yang bisa Sahabat GWI coba di rumah!

Bahan-bahan yang diperlukan:

Beras 300 gram
Air secukupnya
Serai 2 batang
Daun salam 5 lembar
Bawang merah iris
Bawang putih 5 siung, iris tipis
Cabai rawit 10 buah
Daun kemangi sesuai selera
Teri medan 100 gram (goreng matang)

Bahan pelengkap:

Tempe goreng
Sambal terasi

Cara membuatnya:

1. Panaskan minyak goreng dan masukkan semua bahan. Setelah itu tumis bahan-bahan tersebut seperti serai, daun salam, bawang putih, bawang merah dan cabai rawit, masak hingga aromanya wangi. Jika sudah angkat dan tiriskan tumisan bahan-bahan tersebut.
2. Selanjutnya masukkan beras yang sudah di cuci bersih ke dalam panci rice cooker. Setelah itu masukkan tumisan bumbu ke dalam panci dan tuangkan air secukupnya. Masak hingga airnya sedikit berkurang, jangan lupa untuk mengaduknya dan tutup rice cooker tersebut.
3. Langkah selanjutnya yaitu masukkan teri medan yang sudah disiapkan sebelumnya. masukkan juga daun kemangi dan aduk hingga tercampur rata.
4. Terakhir tunggu nasi hingga benar-benar matang. Jika sudah sajikan nasi dengan pelengkap sekaligus dengan lalapan.

Yuk, selagi Sahabat GWI di rumah aja, kreasikan hidangan sahur yang sehat dan bernutrisi bersama keluarga. Saat santap sahur pasti jadi lebih hangat dengan hasil masakan sendiri. Daya tahan tubuh jadi meningkat, puasa pun jadi penuh semangat.

Sumber: IndonesiaTravel

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Next Post

5 Ide Inspiratif Lebaran Online

Thu Jun 10 , 2021
Makanan khas lebaran Sahabat DWI, sudah ada rencana belum tentang konsep merayakan Lebaran online tahun ini? Demi kebaikan bersama, Lebaran kali ini dirayakan dengan tetap di rumah masing-masing dan tidak mudik, ya! Tak perlu khawatir dan bersedih hati, karena di zaman serba canggih seperti sekarang, keluarga yang berada jauh dari […]