Kirab Budaya Raja Nusantara Digelar Minggu di Monas

Ilustrasi–Peserta kirab memakai kostum batik saat kirab budaya nusantara di Jalan M Thamrin, Jakarta, Minggu (28/10).(FOTO ANTARA/Zabur Karuru)

Kirab budaya raja-raja Nusantara dalam rangkaian Pagelaran Agung Keraton se-Dunia “World Royal Heritage Festival” akan digelar pada Minggu (8/12) di kawasan Monumen Nasional (Monas).

Para raja dan sultan yang mengenakan pakaian kebesaran kerajaan akan diarak menggunakan 30 kereta kencana dalam kirab budaya yang juga akan diikuti oleh para pangeran, ratu, putri, penglisir, panembahan dan pemangku adat itu.

Kirab budaya raja-raja Nusantara (https://ultimoparadiso.com)

Kirab akan dimulai pukul 15.00 WIB dengan rute dari Silang Monas Timur Laut lalu ke Jalan Medan Merdeka Utara, Lintas Istana Negara, Jalan Medan Merdeka Barat, Jalan Medan Merdeka Selatan, Lintas Balai Kota, dan berakhir di Silang Monas Tenggara.

“Kirab dibuka dengan pataka atau simbol-simbol kerajaan, lalu ada kentongan yang merupakan simbol komunikasi,” kata Kanjeng Pangeran Haryo Adipati Djoyonagoro dari Forum Silaturahmi Keraton Nusantara.

“Lalu ada jaran kepang dan jathilan, prosesi Boyong Kedhaton yang merupakan prosesi yang dilakukan Pakubuwono II saat memindahkan keraton dari Kartosuro ke Solo,” kata Haryo di Balai Kota.

Sumber: Antaranews

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Next Post

Panduan Wisata Yogyakarta

Wed Dec 4 , 2013
Oleh Tri Agus Yogawasista Pernah diketengahkan artikel Jogja Istimewa, namun aplikasi yang lainnya dapat menjadi bahan pertimbangan bagi traveller untuk mencobanya. 1. Rute Wisata Jogja Merupakan aplikasi peta sekaligus sebagai penunjuk arah menuju tempat-tempat wisata yang ada di Daerah Istimewa Yogyakarta. Bagi anda telah mempunyai alat navigasi GPS bisa sebagai […]