Keunikan Makna Filosofi Batik Klasik: Motif Yuyu Sekandang

92efc-20130823-081404_nv310506nvbatik_motif_yuyu_sekandang_3-185x220

Terdapat banyak sekali jenis motif batik yang memiliki makna filosofi yang sampai saat ini dipercayai masih mempunyai kekuatan magis saat digunakan. Salah satunya yaitu batik klasik motif yuyu sekandang.

8df18-batikmotifyuyusekandang1 Batik Motif Yuyu Sekandang (https://batikdan.blogspot.com)

Di daerah Surakarta, batik motif yuyu sekandang biasanya digunakan untuk upacara tingkeban atau mitoni. Acara mitoni diadakan untuk wanita yang sedang mengandung 7 (tujuh) bulan. Dalam tradisi ini, masyarakat Jawa (terutama Surakarta) memakai 7 (tujuh) macam motif batik yang berbeda dan salah satunya adalah kain batik bermotif yuyu sekandang, dengan makna agar pada saat melahirkan nanti semudah orang berganti busana (prucat-prucut). Penggunaan motif ini juga sebagai lambang harapan agar si anak yang masih di dalam kandungan kelak dikaruniai rejeki berlimpah, mempunyai banyak anak seperti yuyu (kepiting).

189d7-batikmotifyuyusekandang2 Batik Motif Yuyu Sekandang (https://im8.tokobagus.biz)

Batik ini juga menyertai kelahiran yang digunakan untuk alas yang disebut kopohan (basahan). Batik yang digunakan biasanya sudah lawas, milik nenek si bayi. Ini mengandung arti agar bayi kelak dikaruniai usia panjang seperti neneknya. Pola batik itupun mempunyai arti filosofi yang baik, sehingga kebaikan itu akan terbawa oleh bayi yang masih suci hingga dewasa nanti. Kain batik kopohan ini selanjutnya disimpan dan dirawat oleh orangtua bayi sebagai pusaka.

84082-batikmotifyuyusekandang3  Batik Motif Yuyu Sekandang (https://im7.tokobagus.biz)

Walaupun letaknya berdekatan, namun daerah Yogyakarta memiliki adat dan cara yang berbeda dalam memanfaatkan batik motif yuyu sekandang. Batik motif yuyu sekandang digunakan pada upacara siraman pada pernikahan gaya Yogyakarta. Batik ini digunakan dalam perlengkapan sebagai alas duduk calon pengantin dalam upacara siraman.

46f9e-batikmotifyuyusekandang4 Batik Motif Yuyu Sekandang (https://www.batikmaribu.com)

Namun di jaman sekarang, penggunaan motif yuyu sekandang untuk berbagai jenis busana baik dalam acara formal maupun non formal. Sahabat bisa menambahkan batik motif ini sebagai salah satu koleksi anda.

Sumber: Fitinline

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Next Post

Festival Drum Dunia Pertama di Danau Toba

Mon Sep 16 , 2013
Ilustrasi Festival Danau Toba 2013 (festivaldanautoba.com) Festival Danau Toba 2013 akan menjadi tuan rumah World Drum Festival pertama di dunia yang diikuti peserta dari luar negeri yakni dari negara-negara di Afrika, Amerika, Myamar, Jepang, Singapura, dan Malaysia. “Kekayaan tradisi drum chime atau drum melodi Batak menjadi awal munculnya gagasan Festival […]

You May Like