Keunikan Makna Filosofi Batik Klasik: Motif Ciptoning

af4c6-20130905-105352_nv310506nvbatik_motif_ciptoning_4-185x220

Batik ini berasal dari daerah Yogyakarta, namun daerah lainnya banyak yang memproduksi dengan pengembangan motif dan warnanya. Motif ciptoning termasuk dalam pola ceplok (bentuk geometris yang diulang dan saling berhubungan). Motif ini menceritakan Arjuna yang mesu diri, manembah, dan manekung sehingga berhasil mengalahkan segala godaan dan hawa nafsu jahat dan menjadi Begawan Ciptoning Mintaraga. Dengan harapan yang mengenakan dapat meneladaninya. Dahulu kain motif ini dikenakan oleh para ksatria.

2ad0b-batikmotifciptoning1 Batik Motif Ciptoning (https://motifbatikindonesia.blogdetik.com)

Batik motif ciptoning tersusun dari beberapa motif yaitu motif wayang, motif parang, motif gurda, motif burung, isen-isen, yang kesemuanya dipadukan menjadi satu kesatuan motif yang cantik dan menarik. Dulunya kain batik motif ciptoning dimanfaatkan sebagai kain panjang pada acara resmi, namun saat ini digunakan untuk kemeja ataupun dress pada acara formal maupun non formal.

32b1a-batikmotifciptoning2 Batik Motif Ciptoning (https://dc361.4shared.com)

Motif ciptoning merupakan salah satu motif klasik yang sampai saat ini masih digandrungi banyak orang. Batik motif ciptoning biasanya dipakai oleh orang yang dituakan maupun pemimpin. Dengan memakai motif ini, pemakainya diharapkan menjadi orang bijak dan mampu memberi petunjuk jalan yang benar pada orang lain yang dipimpinnya sesuai dengan Yang Maha Kuasa. Makna filosofis dibalik motif ini sebenarnya bukan hanya untuk pemimpin, tetapi juga untuk setiap orang agar mampu memimpin (menempatkan) dirinya sendiri di tengah masyarakatnya.

99ab8-batikmotifciptoning3 Batik Motif Ciptoning (https://www.kabar10.com)

Sahabat bisa mengenakan kain batik bermotif ciptoning ini pada acara apapun, sehingga anda bisa terlihat elegan dan tetap melestarikan budaya bangsa.

70adb-batikmotifciptoning4 Batik Motif Ciptoning (https://pareanom.com)

Sumber: Fitinline

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Next Post

Keunikan Makna Filosofi Batik Klasik: Motif Cuwiri

Mon Sep 16 , 2013
Batik memiliki berbagai macam jenis, motif, dan warna. Zaman dahulu, motif batik menandakan tingkat derajat pemakainya atau hanya untuk upacara-upacara tertentu saja. Namun kini, berbagai jenis motif batik bisa dipakai oleh siapa saja dan kapan saja, salah satunya batik motif cuwiri. Motif Batik Cuwiri (https://batikrehal.com) Batik motif cuwiri biasa digunakan […]