Kampung Wisata Tahunan Kota Yogyakarta DIY

44ab5-657xauto-piknik-ke-jogja-jangan-lewatkan-5-kampung-wisata-paling-menarik-ini-150904aPapan nama Kampung Wisata Tahunan (https://www.brilio.net)

Kampung Tahunan yang terletak di Kelurahan Tahunan, Kecamatan Umbulharjo, Kota Yogyakarta, Propinsi Daerah Istimewa Yogyakarta.

Kampung wisata yang berdekatan dengan Taman Makam Pahlawan Nasional Kusumanegara dan Makam Wijayabrata ini menjadi salah satu kawasan yang berkembang menjadi sebuah Kampung Sentra Batik Jumputan di Yogyakarta. Jangan bayangan dulu sebuah kampung dengan deretan showroom batik jumput di sepanjang kiri kanan jalan. Baru ada beberapa showroom batik yang dapat ditemui di sini. Maklum, saat ini Kampung Tahunan bisa dikatakan masihlah baru mempersiapkan dan mengembangkan diri menjadi Sentra Batik Jumput Yogyakarta.

Potensi Batik Jumputan

04b71-img_10551Beragam Batik Jumputan dari Kelompok Jumputan Ibu Sejahtera (https://atmajayanews.wordpress.com)

Melihat berbagai jenis Batik Jumputan kreasi warga Tahunan di salah satu showroom batik milik kelompok jumputan Ibu Sejahtera.

97227-img_7264Beragam Batik Jumputan dari Kelompok Jumputan Ibu Sejahtera (https://atmajayanews.wordpress.com)

Terbentuknya kelompok pada April 2011 ini sendiri bermula dari keinginan sekelompok ibu-ibu untuk menambah keterampilan yang mereka miliki. Setelah awalnya mendapatkan pelatihan dan memproduksi batik jumput, Kelompok Ibu Sejahtera juga telah beberapa kali memamerkan hasil karya mereka di beberapa pameran. Dari sini pula mulai muncul respon dari masyarakat terhadap batik jumput karya mereka. Hingga kini pun, Kelompok Jumputan Ibu Sejahtera masih rutin mengadakan pelatihan-pelatihan kepada para anggotanya untuk meningkatkan dan melahirkan batik-batik jumput dengan inovasi dan kualitas yang lebih baik.

Dalam rangka ulang tahun kota yogyakarta yang beberapa lalu diperingati dari kampung wisata ini menyajikan karnaval seni dan budaya yang berupa arakan batik jumput, kethoprak tri upoyo, reog panji budoyo, gejog lesung dan pawai becak hias. Dan karnaval ini kampung tahunan mewujudkan bentuk Segoro Amarto agawe majune Ngayogyokarto, artinya Semangat Gotong royong untuk membuat kemjuan bagi kota Yogyakarta.

Pendopo

Selain itu kampung wisata tahunan juga mempunyai Pendopo Cokro Warsitan. Tempat ini menjadi pusat kegiatan karawitan dimana tempat ini menjadi napak tilas bagi sang maestro Karawitan yang lahir di tahunan. Beberapa kegiatan mingguan digelar ditempat ini yakni berupa latihan seni kethoprak dan karawitan bagi anak anak di balai RK Celeban.

Kuliner

Kampung wisata Tahunan, Umbulharjo, Kota Jogja, kini tak lagi hanya identik dengan kampungnya batik jumputan, melainkan kampung kuliner Angkringan. Ide dasar dari Muhammad Helmi Rakhman, seorang sarjana teknik mesin Universitas Gajah Mada dan Universitas Negeri Yogyakarta, yang pernah menyabet gelar Pemuda Pelopor Kota Jogja 2014 ini, dengan nama usahanya More2Wow (baca: morotuwow)

Informasi lebih lanjut hubungi

Kampung Wisata Tahunan
Kelurahan Tahunan, Kecamatan Umbulharjo, Kota Yogyakarta, DI Yogyakarta
Telp.: (62) 813 2886 0490 (Bp. Ratmono), (62) 857 2915 8589 (Helmi)
Website: https://kwtahunan.blogspot.com
Email: kwtahunan@gmail.com

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Next Post

Kampung Batik Mangunan Sleman DIY

Sat Jan 16 , 2016
Para tamu Wisman sedang belajar membatik Kampung Batik Mangunan berada di Desa Mangunan, Kelurahan Kalitirto Kecamatan Berbah, Kabupaten Sleman, Propinsi Daerah Istimewa Yogyakarta, lokasi yang strategis yakni dipinggir jalan raya Prambanan atau Jl. Raya Solo km. 11,5. Dengan luas wilayah sebesar 7 Ha dengan jumlah penduduk kurang lebih 650 jiwa […]