Kampung Wisata dan Petualangan Badega Gunung Parang Kampung Cihuni Tegalwaru Purwakarta Jawa Barat

1

29bdc-p1010330 Pemandangan persawahan di Kampung Wisata dan Petualangan Badega Gunung Parang, Kampung Cihuni, Desa Sukamulya, Kecamatan Tegalwaru, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat

Bageda (Penjaga) Gunung Parang merupakan Kampung Wisata dan Petualangan Panjat Tebing Gunung Parang, terletak di Kampung Cihuni, Desa Sukamulya, Kecamatan Tegalwaru, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat.

Dijumpai beberapa semangat atau motto yang ada di Indonesia pada umumnya, masyarakat Jawa pada khususnya mengenal dua semangat yaitu Bondo Nekat (Modal Nekat) dan Khudu (harus), Khudu Jadi, Khudu Bisa, Khudu berhasil, dlsb.

3a1dd-img_20140228233525_5310bacd360f4 Terhampar persawahan (https://travel.detik.com)

Inilah yang terjadi pada masyarakat Kampung Cihuni ini menggunakan semangat Khudu-nya, hal mana di lingkungannya terdapat Gunung Parang yang sudah terkenal bagi Pencinta Panjat Tebing baik dari luar negeri maupun dalam negeri, hingga masyarakat berkeinginan memapankan kehidupannya dengan membuat prasarana bagi tamunya.

Sebuah jalan keluar dari Tuhan yang begitu indah untuk warga kampung Cihuni dan Gunung Parang untuk kehidupan yang lebih baik. Secara tidak sengaja, warga mengirimkan undangan ke Bupati Purwakarta, Bapak H. Dedi Mulyadi, SH, pada tanggal 11 Desember 2013 untuk meresmikan kampung wisata Cihuni, namun pada akhirnya ditasbihkan oleh Bupati menjadi nama Badega Gunung Parang pada tanggal 17 Desember 2013.

69f1c-100555342 Persawahan Badega Gunung Parang (https://www.panoramio.com)

Biarpun baru seumur jangung, Badega Gunung Parang telah menunjukkan jati dirinya sebagai Desa Wisata Alam, berdasarkan semangat gotong royong-nya. Yuk Sahabat GPS Wisata khususnya Desa Wisata dan masyarakat Pecinta Pariwisata Indonesia untuk lebih mencintai berbagai ragam Keindahan Alam dan Kebudayaan Indonesia.

Potensi Keindahan Alam dan Panjat Tebing

2ad17-gunung2bparang2b1 Gunung Parang (https://blogandrianifitri.blogspot.com)

Terhampar persawahan terasering atau berumpak seperti di Ubud, Bali; kehidupan kampung yang masih kental dengan nuansa tradisional, maupun keindahan gunung Parang yang bisa dinikmati dari beberapa sisi, merupakan potensi bagi pecinta fotografi.

728d5-c360_2013-10-29-09-00-38-834

Bagi anda pecinta alam Panjat Tebing merupakan gunung tertinggi kedua di Asia (baca: Gunung Parang, Panjat Tebing Tertinggi Kedua di Asia).

Paket Wisata

Di Kampung Wisata dan Petualangan Panjat Tebing Gunung Parang Badega Gunung Parang terdapat beberapa paket wisata tersedia di Badega Gunung Parang antara lain:

Paket Wisata Jelajah Kampung

Anda juga dapat mengikuti Program “Jelajah Kampung” yang ditemani oleh Warga Kampung Cihuni dan belajar tentang kehidupan dan kearifan disini.

Paket Jelajah Rimba Parang

cbbe1-landscape-parang Hutan hujan dikaki Gunung Parang

Sebuah gunung batu andesit yang berdiri tegak setinggi 900 m, yang dikelilingi oleh hutan hujan dikakinya dan merupakan benteng terakhir untuk kawanan lutung jawa dan elang jawa yang berada disini.

99a7b-lutung2bjawa Lutung Jawa (https://www.flickr.com)

Staf Badega akan menemani untuk menjelajah kawasan hutan di kaki Gunung Parang dan mempelajari beberapa tanaman obat yang biasa digunakan oleh warga kami atau mungkin tanaman beracun yang dapat digunakan untuk berburu.

3cf5d-elang2bjawa Elang Jawa

Paket Belajar Panjat Tebing

Ingin merasakan sensasi panjat tebing di Gunung Parang, tetapi masih belum bisa atau belum punya pengalaman memanjat sama sekali. Ada dua macam paket Kursus Panjat Tebing :

Kursus Singkat “Fun Climbing”

c5a46-dscn23502b-2bcopy Tuh, anak kecil berani belajar Panjat Tebing

Badega Gunung Parang akan memberikan pelajaran singkat tentang panjat tebing kepada anda dan akan menemani anda untuk memanjat tebing di jalur yang sudah disediakan, atau mungkin membuat jalur baru.

Mengikuti Program “Fun Climbing” yang dibuat untuk para pemula dan rasakan sensasi panjat tebing di Gunung Parang.

BigWall Climbing School

Disini tempatnya anda belajar lebih dalam mulai dari tahap NOL sampai dengan mempersiapkan  Ekspedisi. Kami mengemasnya dalam satu tempat, satu kelas, dan satu program yaitu Bigwall Climbing School.

Paket Belajar Seni Kerajinan

 

c1ac8-photogrid_1383185777448

Disini Anda dapat belajar membuat kerajinan anyaman bambu dan produk bambu lainnya atau membuat atap kirai.

e5a11-photogrid_1383185818913

Tanpa disadari Anda telah belajar kesederhanaan, kearifan dan kesabaran yang tiada tara untuk membuat kerajinan-kerajinan diatas.

Kuliner

Anda ingin membuat “Tape Ketan Khas Kampung Cihuni” yang memiliki citra dan rasa berbeda dibandingkan tape ketan lainnya yang ada di Purwakarta? Nah, belajarlah dari ahlinya disini…

Inap Desa (Homestay)

Kampung Wisata dan Petualangan Badega Gunung Parang menyediakan 5 (lima) Bale Ngaso (Rumah Istirahat) dengan kapasitas 5-6 orang dewasa.

Semua banguan yang dibangun disini menggunakan bahan baku alami dengan konstruksi bambu dan atap daun kirai, serta gaya arsitektur sunda. Berdiri diatas pondasi batuan andesit utuh yang berbentuk segi empat (disebut Tatapakan), sehingga memberi kesan alami dan purba.

Informasi Lebih lanjut hubungi

Kampung Wisata dan Petualangan Badega Gunung Parang
Kampung Cihuni, Desa Sukamulya, Kecamatan Tegalwaru, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat
Telp.: +62 878 7470 8230
Website: https://kampungcihuni.blogspot.com
Email: kampung.cihuni@gmail.com
Twitter: @Badegaparang
Google: +kampungcihuni
Facebook: Facebook.com/kampungcihuni
Flickr: Our Gallery on Flickr

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Next Post

Desa Agrowisata Serang Karangreja Purbalingga Jawa Tengah

Wed Oct 15 , 2014
Desa Agrowisata Serang merupakan salah satu desa yang terletak di wilayah Kecamatan Karangreja, Kabupaten Purbalingga, Provinsi Jawa Tengah, berbatasan langsung dengan Desa Kutabawa dan wilayahnya merupakan daerah dataran tinggi atau lerang gunung Slamet dengan ketinggian sekitar 650 – 1.300 m dpl, serta curah hujan yang cukup tinggi sekitar 6,240 mm […]