Kampung Wayang Manyaran Wonogiri

3

Kampung Wayang (https://yogyakarta.panduanwisata.id)

Kampung Wayang terletak di Desa Kepuhsari, Kecamatan Manyaran, Kabupaten Wonogiri, jawa Tengah.

Sejarah Wayang Kulit

Keberadaan prasasti man-tyasi pada abad 10 Masehi atau zaman Raja Dyah Balitung Kerajaan Mataram Kuno, menunjukkan bahwa masyarakat Jawa sejak berabad-abad telah mencintai kesenian wayang.

Kegemaran menonton pertunjukkan wayang itulah yang membuat Sunan Kalijaga tergerak menjadikannya sebagai alat penyebar kebaikan. Dalam setiap pertunjukannya selalu disisipkan ajaran-ajaran Islam.

Pusat pengrajin Wayang Kulit

Desa Kepuhsari (https://www.insgrum.com)

Kecintaan masyarakat Desa Kepuhsari terhadap seni warisan leluhur, yakni wayang kulit. Hampir semua warga bisa dikatakan dapat membuat wayang. Kecamatan Manyaran Kabupaten Wonogiri Jawa Tengah, sudah sejak lama dikenal sebagai sentra produksi wayang kulit yang merupakan salah satu produk unggulan dari di wilayah Wonogiri.

Anak-anak sedang mengerjakan tatah sungging Wayang Kulit@Retno Lawiyani

Bahkan, pemerintah kecamatan setempat telah menetapkan wayang sebagai identitas daerahnya. Upaya masyarakat untuk mengembangkan wayang terus didorong oleh pihak kecamatan. Tidak hanya sebagai produk budaya, tetapi juga sebagai produk ekonomi. Itulah yang hidup di Desa Kepuhsari, Kecamatan Manyaran, Seni dan ekonomi menjadi denyut nadi bagi kehidupan masyarakatnya. Selain itu, munculnya kelompok lokal seperti sanggar kerajinan, memberi manfaat terhadap penggalian dan pelestarian nilai-nilai budaya daerah untuk memperkaya khasanah kebudayaan nasional.

Kegiatan

Turis asing sedang mewarnai wayang kulit@Retno Lawiyani

Kegiatan seperti melihat proses pembuatan wayang, mengenal kisah filosofi wayang dan cerita di balik tiap kisah tokoh wayang. Belajar meneladani karakter baik dan buruk, kebaikan melawan kejahatan, loyalitas dan dedikasi, dan masih banyak hal lagi yang bisa didapatkan dari wisata edukasi serta budaya di Kampung Wayang ini.

Seorang anak sedang mengerjakan tatah sungging Wayang Kulit@Retno Lawiyani

Proses Pembuatan Wayang

Produk Wayang Kulih dari Kampung Wayang@Retno Lawiyani

Dalam pembuatan wayang terdapat beberapa tahap. Ketelitian, kecermatan dan kesabaran sangat dibutuhkan dalam mencipta wayang kulit. Dari mulai nyorek, ngeblak, tatah, sungging, dan gapit. Mengintip pembuatannya, terdapat beberapa alat dan bahan dalam membuat wayang. Ada alat tatah bahan kulit, menggambar pola di kulit, tahap memahat yang detail, semua dilakukan oleh masyarakat pembuat wayang yang berada di Kampung Wayang ini dengan ketelitian tinggi dan juga kecintaan terhadap budaya sendiri.

Paket Wisata

Tersedia 4 paket wisata yaitu paket Arjuna, Kresna, Pandawa dan Pandawa Max.

Paket Arjuna, pengunjung akan mendapatkan kegiatan pembuatan wayang atau melukis wayang pada kaca. Pengunjung dapat menikmati paket tersebut selama satu hari.

Paket Kresna, durasi waktu yang disediakan adalah dua hari. Pengunjung dapat menikmati workshop pembuatan wayang, melukis wayang pada kaca dan menginap semalam di homestay.

Paket Pandawa, durasinya selama tiga hari. Paket yang disiapkan adalah workshop pembuatan wayang, melukis wayang di kaca, workshop gamelan dan mendalang.

Paket Pandawa Max. Bedanya dengan paket Pandawa, pada Pandawa Max, pengunjung dapat menikmati pembukaan pertunjukan wayang.

Pengunjung dapat menikmati paket-paket wisata tersebut mulai harga Rp305.000 hingga Rp1.100.000.

Inap Desa (Home Stay)

Tersedia inap desa di rumah penduduk, sebanyak ± 26 rumah bisa menampung ± 150 orang.

Informasi lebih lanjut hubungi

Kampung Wayang
Desa Kepuhsari, Kecamatan Manyaran, Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah
Telp.: +62853 2677 5388 (Retno Lawiyani), +62856 4215 6234 (Wawan)
FB: https://id-id.facebook.com/WayangVillage/
Twitter: @wayangvillage

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Next Post

Kampung Jawi Gunung Pati Kota Semarang

Fri Oct 6 , 2017
Gapura Kampung Jawi RT 2 RW 1 (https://metrosemarang.com) Kampung Jawi merupakan Kampung Tematik ini terletak di jalan Kalialang Lama RT 2 RW 1, Kelurahan Sukorejo, Kecamatan Gunungpati. Konsistensi masyarakat kampung setempat yang menjaga tradisi budaya Jawa ini membuat kampung ini dijuluki sebagai Kampung Jawi. Kampung ini menjadi salah satu dari […]