Kampung Budaya Sindangbarang Bogor Jawa Barat

3

7eefa-crp_a_sdb516

Lokasi Kampung Budaya Sindangbarang terletak di Jalan E. Sukmawijaya, Desa Pasir Eurih, Kecamatan Tamansari, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Jaraknya kurang lebih sekitar 5 km dari kota Bogor. Merupakan sebuah Kampung yang Tertua di Wilayah kota dan kab. Bogor, berdasarkan sumber dari naskah Pantun Bogor serta Babad Pajajaran.

Jika menurut sumber Pantun Bogor diperkirakan Sindangbarang sudah ada semenjak jaman Kerajaan Sunda yang kurang lebihnya pada abad ke XII. Disinilah dahulunya terdapat sebuah Kerajaan Bawahan yang bernama Sindangbarang dan Ibukotanya di Kutabarang. Menurut dari cerita rakyat, dahulunya disini menjadi tempat digemblengnya para satria-satria kerajaan. Disini juga awal mula dari kebudayaan Sunda Bogor yang bertahan sampai saat ini yang diwujudkan dalam Upacara Adat Seren Taun.

21c45-kbs Atraksi Pencak Silat (https://bogor.net)

Di Kampung budaya Sindangbarang ini terdapat delapan macam jenis kesenian Sunda yang sudah direvitalisasi dan dilestarikan oleh para penduduknya. Disini juga terdapat berbagai situs-situs purbakala peninggalan dari kerajaan Pajajaran yang berupa Bukit-bukit berundak. Di sindangbarang ini pada setiap satu tahun sekali diselenggarkan sebuah upacara adat Seren Taun yaitu upacara ungkapan rasa puji syukur masyarakat desa ini terhadap Tuhan Yang Maha Esa atas hasil Panen serta hasil bumi yang diperoleh pada tahun ini dan juga berharap agar hasil panen pada tahun depan akan menjadi lebih baik lagi.

Untuk menjaga serta melestarikan kesenian tradisional yang ada di kampung budaya ini, maka diselenggarakan juga pelatihan tari dan gamelan yang ditujukan untuk para generasi muda secara gratis, Anak-anak muda yang sudah mahir dalam bidang kesenian masing-masing akan di ikut sertakan dalam sebuah pementasan untuk menyambut tamu.

7eefa-crp_a_sdb516 Atraksi Seren Taun Guru Bumi (https://awibowo325.wordpress.com)

Barisan bangunan tradisional ditambah hamparan sawah menebarkan suasana khas pedesaan yang kian langka ditemui. Bangunan-bangunan unik khas Sunda, seperti leuit atau tempat menyimpan padi, bale riungan atau aula, imah gede atau rumah tinggal pupuhu (pimpinan), saung talu atau tempat pementasan seni, hingga girang serat yang difungsikan sebagai kesekretariatan.

Saat ini rumah-rumah adat beserta tradisi budaya yang ada di Kampung Budaya Sindangbarang ini sudah direkontruksi dan direvitalisasi dengan bimbingan dan juga petunjuk dari Bapak Anis Djatisunda yang merupakan seorang Sesepuh Sindangbarang dan Budayawan dari Jawa Barat. Revitalisasi budaya serta rumah-rumah adat tersebut memang perlu untuk dilakukan supaya orang sunda tidak kehilangan jatidirinya.

Kegiatan

cf23d-statik-tempo-co Belajar Gamelan (https://www.kaskus.co.id)

Tinggal bersama dengan kokolot adalah salah satu dari keunikan yang dimiliki kampung budaya Sindangbarang. Karena ini merupakan sebuah kampung budaya maka para tamu yang berkunjung juga akan merasakan suasana kehidupan perkampungan sehari-hari. Para tamu juga akan tinggal bersama dengan kokolot dan seniman yang tinggal di kampung budaya. Tamu yang datang berkunjung akan menemui suasana para ibu-ibu yang sedang menumbug padi di saung lisung, memasak yang masih menggunakan kayu bakar dan Hawu (sebuah kompor tradisional sunda), melihat para petani yang sedang bercocok tanam, belajar kesenian tradisional dan lain sebagainya.

Fasilitas yang ada

Alun-Alun

31102-554329_4198518320881_150913298_n Permainan Tradisional Bakiak bersama (https://wisata.kompasiana.com)

Tersedia lapangan yang luas untuk beraktivitas olahraga atau permainan tradisional.

Tracking Area

Tracking area yang dikelilingi oleh sawah dan kebun. Tracking area memberikan suasana baru bagi anda yang biasanya beraktivitas dengan menggunakan kendaraan pribadi dan disibukkan dengan trafic Jam dijam-jam berangkat kerja. Ditempat ini kita akan disuguhkan dengan suasana pedesaan masa lampau yang masih asri.

Perpustakaan

Tersedia buku-buku mengenai budaya dan seni Sunda serta sejarah untuk mengisi waktu luang anda.

Sanggar Seni

Untuk mengisi waktu luang tersedia pula guru untuk belajar tari , gamelan dan permainan tradisional anak bilamana ingin belajar, perpustakaan dengan buku-buku tentang budaya, sejarah, sastra sunda, mengenal 57 jenis pohon buah-buahan dan tanaman keras.

Ruang Diskusi

Terdapat fasilitas untuk ruang diskusi, berkumpul dan pertemuan dengan nama bale pangriungan.Tersedia akses internet gratis di bale pangriungan.

Pelayanan Kesehatan

Terdapat fasilitas pijat untuk kesehatan anda dengan tenaga ahli traditional.

Inap Desa (Homestay)

Anda bisa memilih paket menginap di beberapa rumah panggung yang tersedia, untuk empat orang hingga untuk enam orang. Harga sewa rumah sudah termasuk tiga kali makan dan kegiatan penuh yang ditawarkan Kampung Budaya.

Informasi lebih lanjut hubungi

Kampung Budaya Sindangbarang
Jalan E. Sukmawijaya, Desa Pasir Eurih, Kecamatan Tamansari, Kabupaten Bogor
Telp.: +62 251 718 6363, +62 817 406 363
Email : kpbudaya@gmail.com
FB: https://id-id.facebook.com/kpbudayasindangbarang

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Next Post

Desa Wisata Kampoeng Silat Jampang Bogor Jawa Barat

Mon Jun 23 , 2014
Desa Wisata Kampoeng Silat Jampang terletak di Rumah Sehat Terpadu Dompet Dhuafa di Jl Raya Parung km 42, Desa Jampang, Kecamatan Kemang, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, atau 10 km dari Pasar Parung dari arah Ciputat. Desa Jampang sebagai salah satu Pemerintahan Desa di Kecamatan Kemang Kabupaten Bogor, merupakan sebuah Desa […]