Kampoeng Djowo Sekatul Kendal Jawa Tengah

1f9f6-petualanganveri2bdscf0947 Kampoeng Djowo Sekatul (https://kotawisataindonesia.com)

Kampoeng Djowo Sekatul adalah tempat wisata agro yang bernuansa pedesaan Jawa. Kampoeng Djowo Sekatul terletak dikaki gunung Ungaran, tepatnya di dukuh Sekatul, desa Margosari, Kecamatan Limbangan, Kabupaten Kendal, Jawa Tengah. Kampoeng Djowo Sekatul menempati area ± 12 hektar di perbukitan medini yang terdiri atas hamparan perbukitan yang berhawa sejuk dengan pesona persawahan, perkebunan panili, strawbery, tanaman obat-obatan, buah-buahan, hewan-hewan peliharaan, kolam pemancingan, dan kolam renang. Dilengkapi pula tempat singgah berupa joglo singgah dan joglo pandang yang berarsitektur jawa kuno.

2e781-kampoeng2bdjowo2bsekatul Kampoeng Djowo Sekatul (Kampoeng Djowo Sekatul (https://mybikingdiary.blogspot.com)

Setelah seminggu penuh dengan segala kesibukan, merasakan segarnya udara pedesaan dan pemandangan alam yang asri dan indah akan memberi inspirasi dan menyegarkan pikiran sehingga dapat beraktifitas kembali dengan penuh semangat. Kehidupan modern seringkali membuat kita semakin jauh dari alam. Padahal, alam yang indah adalah karunia Tuhan yang setiap saat dapat kita nikmati. Riuhnya kicau burung, hamparan sawah yang luas, hijaunya perbukitan, serta gemercik air disungai di lingkungan alam pedesaan semakin lama menjadi semakin asing.

Rumah Adat Jawa (Joglo)

1. Tahun 1999 didirikan bangunan yang pertama sebagai rumah lanang. Adapun sejarah rumah Lanang dulunya adalah Pendopo Kadipaten bagan dengan adipatinya pangeran Sekar (sedolepen) Sorowiyoto. Pendopo ini termasuk jenis rumah Tadah Loh yang artinya tempat kesuburan (Tempat rejeki), sehingga dinamakan Dalem Bagan.

2. Tahun 2000 rumah Wadon (Limasan) disambung dibagian belakang rumah ini, ditemukan ditengah Hutan perbatasan Blora – Ngawi, Letaknya didekat Tlogo Tuwung Desa Getas dukuh Lemah Tulis. Rumah wadon ini dinamakan Dhalem Barada.

00dd3-dalem-mpu-bharada1 Dhalem Barada (https://saungpost.wordpress.com)

3. Kemudian didirikan lagi Joglo Bonokeling. Tempat ini Semula digunakan untuk beristirahat dan menenangkan diri jauh dari hiruk pikuk dan kesibukan hidup di kota. Griyo Bonokeling di temukan di Desa Tubanan Kecamatan keeling Kabupaten jepara. Adapun ciri Griyo ini adalah metode pemgerjaannya tanpa mengunakan pasha, hanya mengunakan pethel (sejenis kapak kecil) dan termasuk unik

4. Pada tahun 2005 mulai kami menemukan rumah joglo didaerah Pati, yang berfungsi sebagai Sasono Hondrowino (Joglo Pandang). Untuk mengenang sejarah sesuai tempat diketemukannya, diberi nama Ndalem Joyokusuma sesuai cerita babad kadipaten Pati dengan Adipati I Joyo Kusuma.

01056-joglopppp Joglo Pandang (https://pemilu2019.com/)

Di Desa Wisata Kampoeng Djowo ini dengan fasilitas Penginapan Rombongan dan keluarga, Wisata Out Bound dan Edukasi, Taman bermain dan Bumi perkemahan, Flying Fox, Tanaman hias dan Kebun buah, Selamatan dan Ruwatan, Hotspot Area, Kolam Renang dan Pondok dahar, Pesta kebun dan Pesta pernikahan. Tempat ini juga merupakan salah satu tempat yang indah untuk Pre Wedding.

Rute menuju ke lokasi

1. Dari Simpang Lima Semarang ke arah barat melalui ngaliyan –BSB– terus saja melalui jalan Semarang Boja tersebut, setelah sampai pertigaan cangkiran ( terminal cangkiran ) ambil arah ke kiri lurus kurang lebih jarak tempuh 3 km dari terminal cangkiran ( lihat papan petunjuk jalan )
2. Dari Simpang Lima Semarang ke Arah selatan melalui Ungaran, dari alun alun Ungaran ke barat terus menuju Gunungpati, jalan terus arah barat hingga pertigaan pasar Gunungpati ambil jalan yang agak serong kiri, terus saja hingga sampai Jalan Semarang Boja lalu belok kiri, mulai jalan ini selalu ada tanda penunjuk lokasi. Jarak melalui rute ini lebih jauh 10 Km dari rute yang pertama

Informasi lebih lanjut hubungi

Kampoeng Djowo Sekatul 
Dukuh Sekatul, desa Margosari, Kecamatan Limbangan, Kabupaten Kendal, Jawa Tengah
Telp.: +62 24 7019 0799, +62 815 7777 50
PIN BB : 7CBAA7B0
Outdoor Activity : +62 857 4066 8262 (Anang)
E-mail : kampoengdjowo@yahoo.com, info@kampoengdjowo.com
Website: https://kampoengdjowo.com

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Next Post

Kampoeng Djawi Jombang Jawa Timur

Sat Feb 21 , 2015
Kampoeng Djawi berada di Dusun Gondang, Desa Caranggwulung, Kecamatan Wonosalam, Kabupaten Jombang, Jawa Timur. Untuk menuju lokasi kampoeng Djawi bisa ditempuh sekitar 30 menit dari jalan raya Mojoagung Jombang. Pintu masuk Gerbang Candi Bentar (https://www.panoramio.com) Kampoeng Djawi berada pada ketinggian 750 diatas permukaan laut dengan udara yang cukup segar dikelilingi […]