Kain Sulam Naras Pariaman Sumatera Barat (Video)

Kain sulaman Naras (https://www.indonesiakaya.com)

Kerajinan sulaman tangan Naras atau yang dikenal dengan Sulaman benang emas, mempunyai produk-produk yang pada umumnya memiliki peran penting dalam rangkaian kegiatan di Minangkabau yang berbau tradisi.

Sejarah

Kain Sulaman Naras (https://www.indonesiakaya.com)

Menurut informasi Dinas Perindustrian Kota Pariaman, pembuatan kerajinan sulam di Naras sudah ada sekitar tahun 1960-an. Ketika itu, kain sulam yang dibuat oleh masyarakat masih terbatas pada motif sulaman tradisional Minangkabau yang umum digunakan dalam baju pengantin dan kain selendang.

Motif

Kain sulaman Naras (https://kerajinanindonesia.id)

Bentuk motif-motif tersebut distilasi dari bentuk naturalis maupun geometris, seperti dari bentuk naturalis yaitu tumbuhan yang berupa daun, bunga, dan ranting, maupun hewan berupa ayam, burung. ragam hias alam, seperti daun, akar kayu, bunga kayu, tanaman paku, hewan, dan sebagainya.

Sedang mengerjakan kain sulaman Naras (https://www.indonesiakaya.com)

Bahan Baku

Kerajinan Sulaman ini bahan bakunya terdiri dari kain satin, kain beludru, kain lame, benang emas dan benang satun yang proses pembuatannya asli dari sulaman tangan yang dibuat oleh tangan manusia tetapi ada proses pembuatan pakaian penganten sebagian besar sudah memakai mesin border.

Produk

Dalam hal ini produk kerajinan tangan Naras mengambil posisi penting dalam pelaksanan kegiatan tersebut, yang dimanfaatkan dalam acara pernikahan, misalnya pelaminan, tabir, tirai, payung pelaminan, dalamak, tuduang saji, dan aksesoris lainnya. Semua benda itu merupakan hasil dari sulaman tangan yang umumnya berasal dari Naras.

Seiring berkembangnya jangkauan pasar dari para pengrajin Naras, terjadi pengayaan variasi jenis dan motif sulaman. Kini produk sulaman di Naras pun semakin bervariasi, mulai dari busana pengantin, gaun, selendang, busana muslim, mukena, bed cover, sandal, hingga beraneka jenis tas tersedia di sana.

Pengrajin

Sentra kerajinan Kain Sulaman Naras terletak di desa Naras, Kecamatan Pariaman Utara, Kota Pariaman, Provinsi Sumatera Barat, di sana dapat kita temukan ratusan industri sulaman baik skala kecil, menengah dan dalam skala besar.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Next Post

Kain Sulam Tekat Riau

Mon Dec 7 , 2020
Kain sulaman tekat pada pelaminan Pernikahan Adat Melayu Riau (http://kerajinanmelayu.blogspot.com) Kerajinan kain sulam Tekat berupa sulaman tangan yang melekatkan benang emas pada bidang kertas kain yang telah di pola atau di motif dengan cara di jahitkan  melalui media pemidangan. Tekat memakai benang prada mas dan perak, payet, manik manik dan […]