Kain Songket Gelgel Klungkung Bali

Kain Songket Gelgel, Klungkung, Bali

Pusat kerajinan songket Bali ini bisa ditemukan di Banjar Pegatepan, Desa Gelgel, dan Banjar Tengah, Desa Tegak, Kabupaten Klungkung, Provinsi Bali. Sejak zaman dulu, desa ini terkenal sebagai penghasil songket khas Bali.

Aktivitas pembuatan Kain songket di kedua daerah Tegak dan Gelgel pada awalnya berlangsung hampir di setiap rumah dan keluarga, ditekuni oleh kaum perempuan, yang dikerjakan pada waktu-waktu senggang, disela-sela pekerjaan rutinnya sebagai ibu rumah tangga. Pekerjaan menenun di dua lokasi yaitu di Banjar Tengah desa Tegak dan desa Gelgel Klungkung ini, telah dilakukan secara turun temurun dari nenek, ibu sampai pada anak dan cucunya. Perajin belajar menenun dilakukan secara otodidak, perajin yang memiliki pengetahuan dan keterampilan secara turun temurun dari leluhurnya yang sistem belajarnya berdasarkan atas meniru, berguru pada seseorang baik langsung maupun tidak langsung.

Pewarna dan Motif

Kain tenun songket dengan motif geometris, tumpal, burung dan motif tumbuh-tumbuhan

Kain tenun songket warna alam dengan penerapan motif manusia, tumbuh-tumbuhan, motif binatang yang ditampilkan dalam bentuk-bentuk geometris

Kain songket dengan pewarna alami menjadi media pelampiasan pikiran dan perasaan penenunnya, sehingga hasilnya dipenuhi aneka corak dengan motifmotif yang ramai berwarna warni, namun tetap kelihatan antik dan unik. Motif kain tenun ikat tradisional Klungkung banyak meniru penggambaran semesta alam, merupakan penggabungan motif flora, fauna, manusia dan sebagainya.

Selendang dan kemben songket siap dijual

Proses Pembuatan

Untuk mendapatkan selembar kain tenun ikat yang bernilai seni tinggi, perajin harus melalui beberapa tahap antara lain pembuatan benang, mengikat motif dan ragam hias, pewarnaan benang, memasang lungsi dan bertenun. Pekerjaan ini harus dihadapinya dengan kesabaran, ketrampilan, kepandaian dan ketekunan sehingga menghasilkan kain tenun yang berkwalitas, mengandung nilai estetis dan artistic.

Sumber: Laporan Penelitian,  Macam dan Jenis Kerajinan di Kabupaten Klungkung Bali, Penanggungjawab Program I Made Berata, S.Sn, MSn, Anggota : Drs. I Wayan Mudra, M.Sn., Dra. Ni Kadek Karuni, M. Sn., I Made Latra dan I Made Yudha Pariwa, Jurusan Kriya Seni, Fakultas Seni Rupa dan Desain, Institut Seni Indonesia Denpasar, 2009.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Next Post

Kain Songket Jinengdalem Buleleng Bali

Sun Apr 11 , 2021
Beragam motif songket Jinengdalem (https://alanbudianajap.wordpress.com) Pusat kerajinan songket Bali ini bisa ditemukan di Desa Desa Jinengdalem, Kecamatan/Kabupaten Buleleng, Provinsi Bali hingga kini masih bertahan. Saat ini jumlah pengrajin tenun songket di Desa Jinengdalem sebanyak kurang lebih 70 pengrajin. Dari sekian banyak pengrajin kain songket di Desa Jinengdalem yang masih bertahan […]