Kain Kasab Aceh

Kain Kasab untuk pelaminan pengantin (https://www.tribunnews.com)

Kain Kasab merupakan kerajinan tangan sulaman benang emas atau perak khas Aceh yang dijahit tradisional diatas kain beludru. Kain Kasab terdiri dari banyak motif yang pada umumnya berbentuk flora yang disulam bahkan dihiasi dengan manik-manik berwarna emas.

Konon jenis kain tradisional ini mewakili status sosial yang belakangan tidak dipermasalahkan lagi. Warna Kuning melambangkan seorang raja, warna merah melambangkan hulubalang raja atau panglima, hijau melambangkan ulama dan hitam melambangkan rakyat jelata.

Taplak Meja Kasab Aceh (https://kerajinanindonesia.id)

Motif

Aceh yang dikenal sebagai muslim yang taat meyakini larangan untuk tidak menyerupai sesuatu makhluk hidup seperti hewan dan manusia. Hingga motif kebanyakan menyulam corak floral atau tetumbuhan.

Warna

Adapun warna yang terkandung pada kasab terdiri dari atas empat warna khusus yaitu kuning, merah, hijau, dan hitam yang kerap diaplikasikan pada tirai.

Sedang mengerjakan Kasab Aceh (https://www.tribunnews.com)

Penggunaan

Bagi masyarakat Aceh, Kasab bukan sebatas dekorasi dan estetika. Namun corak Kasab juga merupakan simbol yang menyiratkan ketaatan beragama yang sudah melebur dengan budaya. Kasab pada umumnya digunakan saat pernikahan, sunatan, aqiqah dan ritual adat lainnya.

Selain diaplikasikan pada tirai, Kasab hadir pada dekorasi lainnya, diantaranya pelaminan, pintu gerbang, alas duduk, langit-langit rumah, kasur, kipas hingga gantungan kunci. Kasab kini tak lagi sebatas dekorasi dalam ritual adat. Namun sudah merambah ke souvenir yang menawarkan cita rasa etnik. Untuk proses pembuatannya sendiri lamanya waktu pembuatan bergantung jenis barang yang dibuat. Harganya pun bergantung jenis barangnya sendiri dan jenis benang yang digunakan. Jika menggunakan benang emas, tentu harganya akan lebih mahal.

Pengrajin

  • Desa Kerajinan Kasab di Gampong Panton, Kecamatan Teunom, Kabupaten Aceh Jaya, Provinsi Aceh.
  • Ibu Asnawiyah, di Gampong Teungoh, Kecamatan Samatiga, Kabupaten Aceh Barat, Provinsi Aceh.
  • Kampung Pande, Kecamatan Tanah Luas, Kabupaten Aceh Utara, Provinsi Aceh.
  • Gampong Air Sialang Hilir, Kecamatan Samadua, Kabupaten Aceh Selatan, Provinsi Aceh.
  • Gampong Kuala Baru Laut, Kecamatan Kuala Baru, Kabupaten Aceh Singkil, Provinsi Aceh.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Next Post

Kain Sulam Naras Pariaman Sumatera Barat (Video)

Mon Dec 7 , 2020
Kain sulaman Naras (https://www.indonesiakaya.com) Kerajinan sulaman tangan Naras atau yang dikenal dengan Sulaman benang emas, mempunyai produk-produk yang pada umumnya memiliki peran penting dalam rangkaian kegiatan di Minangkabau yang berbau tradisi. Sejarah Kain Sulaman Naras (https://www.indonesiakaya.com) Menurut informasi Dinas Perindustrian Kota Pariaman, pembuatan kerajinan sulam di Naras sudah ada sekitar […]