Kain Bordir Tanggulangin Sidoarjo Jawa Timur

Produk Indah Bordir Sidoarjo (https://shopee.co.id)

Kerajinan bordir manual yang ada di Tanggulangin telah ada sejak tahun 1965. Usaha bordir di daerah ini merupakan home industry bordir yang memanfaatkan keterampilan dan memiliki kreativitas yang tinggi. Seiring dengan perkembangan jaman, bordir yang dulunya hanya menggunakan tangan atau bisa disebut dengan sulam kemudian berkembang dengan mengunakan kayuhan kaki, berkembang dengan penggunakan mesin jahit atau mesin yang menggunakan dynamo, yang kemudian berkembang lagi dengan munculnya mesin bordir highspeed. Dan kini banyak bordir yang dikerjakan melalui mesin bordir komputer yang mampu menghasilkan output bordiran yang cepat, menarik dan yang pasti dengan harga yang lebih murah.

Sejarah

Usaha bordir manual pertama kali yang berada di kecamatan Tanggulangin adalah milik Ibu Hasanah yaitu Hasta Indah Bordir, yang telah berdiri sejak tahun 1965. Yang kemudian di tahun 1969 telah berdiri usaha bordir yang kedua yaitu Missi Bordir milik Ibu Maisah yang berada di desa Randegan. Ditahun 1980 berdiri usaha bordir manual di desa wates, usaha hikmah bordir. Usaha bordir manual selanjutnya berdiri di tahun 1983 dan 1984 yaitu Mirama Bordir dan Teratai Indah Bordir. Kemudian diawal tahun 1990 berdiri usaha bordir manual di desa Kedensari yaitu CV. Nourvas. Di tahun 1993 Ibu Nur Hidayati membuka usaha bordir manual di desa Randegan. Dan usaha bordir manual terakhir adalah milik Ibu Mina yang berdiri pada tahun 1995 di desa Kedensari. Usaha bordir tersebut talah berjalan cukup lama di kecamatan Tanggulangin.

Kemudian di awal tahun 2000 muncullah perkembangan bordir komputer, yaitu koperasi Intako yang terkenal dengan kerajinan tas dan koper mulai mendirikan usaha bordir komputer dan berada di desa kedensari. Di tahun 2004 UD. Karya juga mulai mendirikan usaha bordir komputer di desa kedensari juga. Bordir komputer tersebut mampu menghasilkan bordiran dengan jumlah yang banyak dan mampu menandingi hasil produk bordir manual.

Dari beberapa usaha bordir komputer yang berdiri di Tanggulangin, maka di tahun 2005 hingga tahun 2007 terdapat usaha bordir manual menutup usahanya. Kemudian di tahun 2010 dan tahun 2012 berdiri lagi usaha bordir komputer di desa Kedensari yaitu UD. Aini dan ZIZ Bordir. Tidak ingin ketinggalan maka Bpk Dimyati yang memiliki usaha Teratai Indah Bordir di Tahun 2011 juga mulai menambah usaha dengan mesin bordir komputer.

Motif dan Letak

Produk Indah Bordir (https://salamisimon1.blogspot.com)

Desain motif yang sering digunakan pada buana lenan rumah tangga adalah bentuk flora, bentuk flora berupa bunga dan daun-daun dari alam.

Letak hiasan motif bordir atau pola hias bordir banyak menggunakan pola hiasan tepi dan pola hiasan sudut. Pola hiasan tepi sering digunakan sebagai pinggiran belahan blus, krah kemeja, tepi taplak meja, bagian bawah blus. Sedangkan pola sudut sering digunakan pada taplak, sarung bantal, sprei dan ujung kebaya bagian muka.

Bahan

Tekstil yang digunakan bervariasi, untuk rumah tangga menggunakan kain katun, satin, dll. Sedangkan untuk busana digunakan kain katun, chiffon, ero dan organdy.

Warna

Warna benang sering menggunakan warna terang kontras dengan warna bahan tekstil.

Teknik bordir

Teknik yang digunakan adalah setik stik loncat atau full, kerancang.

Sentra Pengrajin

Sidoarjo merupakan salah satu Kabupaten di Jawa Timur dengan jumlah UKM terbanyak. Kerajinan bordir merupakan salah satu produk unggulan UKM di Kabupaten Sidoarjo. Kerajinan bordir yang berada di daerah kecamatan Tanggulangin ada di 3 Desa yaitu desa Randegan, desa Ketegan, dan desa Kludan.

Sumber: Karakteristik Produk Bordir Berdasarkan Kepuasan Konsumen Segala Rintisan Pemberdayaan Sentra Insuatri Kecil di Jawa Timur (Studi Kasus di Sentra Industri Kecil Bordir Tanggulangin Sidoarjo) Oleh Jun Surjanti1, Bisma Jurnal Bisnis dan Manajemen Vol. 2, No. 1, Agustus 2009

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Next Post

Kain Bordir Kota Probolinggo Jawa Timur

Thu Aug 5 , 2021
Produk Rizza Bordir (https://radarbromo.jawapos.com) Usaha bordir di Kota Probolinggo dapat dikatagorikan sebagai perusahaan perorangan karena bentuk usahanya kecil, kegiatan bisnisnya menjadi milik serta tanggungan dari pemiliknya secara pribadi dan kecenderungan usaha bordir dikelola oleh keluarga (Ilmiyah, 2018) Sejarah Salah satu sektor industri yang menjadi unggulan adalah kerajinan Bordir (Perwali No. […]