Kain Bordir Sungai Penuh Jambi

Kain Bordir Sungai Penuh (http://www.findglocal.com)

Awalnya kerajinan membordir hanyalah sebatas pengisi waktu luang dan untuk membuat hiasan busana yang dipakai sendiri dilakukan oleh kaum perempuan. Namun saat ini kerajinan bordir telah meningkat menjadi industri rumah tangga atau industri kecil.

Berdasarkan data Disperindag Kota Sungai Penuh tahun 2014 terdapat 40 tempat usaha bordir di Kota Sungai Penuh, yang meliputi usaha rumah tangga atau industri kecil dan menengah.

Abaya bordir Sungai Penuh (https://www.bukalapak.com)

Motif

Bentuk motif Kota Sungai Penuh Provinsi Jambi terdiri dari:

  1. Bentuk naturalis yaitu motif keluk paku, bunga kopi, daun kopi, dan daun sirih
  2. Bentuk dekoratif merupakan bentuk yang berasal dari bentuk naturalis dan bentuk geometris yang sudah distilasi atau direngga sehingga muncul bentuk baru tetapi ciri khas bentuk tersebut masih terlihat.

Pola Hias

Pola hias yang digunakan pada kain bordir di Kota Sungai Penuh Provinsi Jambi adalah pola hias tabur, pola hias pinggiran (pinggiran berdiri, pinggiran bergantung, pinggiran berjalan), pola hias bebas, dan pola hias mengisi bidang.

Kain Bordir Sungai Penuh (http://www.findglocal.com)

Warna

Kombinasi warna yang dipakai pada Kain bordir di Kota Sungai Penuh Provinsi Jambi adalah kombinasi warna kontras, kombinasi warna harmonis, kombinasi warna komplementer, kombinasi warna polikromatis.

Produk

Pada umumnya produk kerajinan bordir yang di produksi adalah: baju kurung, baju koko, jilbab, mukena dan lenan rumah tangga lainnya.

Pengrajin

Bordir Permai Desa Aur Duri, Kecamatan Sungai Penuh, Kota Sungai Penuh, Provinsi Jambi

Sumber: Studi Tentang Bordir di Kota Sungai Penuh Provinsi Jambi oleh Witria Hardianti, Program Studi Pendidikan Kesejahteraan Keluarga, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Padang, 2015.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Next Post

Kain Bordir Tasikmalaya Jawa Barat

Fri Dec 4 , 2020
Bordir Tasikmalaya desainer Nani Oktaviani (https://www.jawapos.com) Bordir sendiri berasal dari kata baku bahasa inggris “Embroidery”. Teknik produksi ini dikenal dengan teknik sulaman jahit yang dilakukan pada suatu media sebagai hiasan atau motif pada media tersebut. Ada berbagai jenis teknik Bordir, dari mulai manual, hingga komputerisasi. Khusus untuk produksi Bordir dengan […]