Kain Bordir Kudus Jawa Tengah

Koleksi Bordir Dahlia Kudus milik Bu Saadah di Kecamatan Bae, Kabupaten Kudus (https://twitter.com)

Pada dasarnya bordir merupakan seni sulam-menyulam yang identik dengan seni lukis yang dituangkan dalam media serat, benang, dan kain. Bordir atau sering dikenal dengan sulaman merupakan bentuk hiasan yang dibuat di atas kain atau bahan-bahan lain dengan menggunakan jarum jahit dan benang.

Kabupaten Kudus terbagi menjadi 9 kecamatan (Kaliwungu, Kota, Jati, Undaan, Mejobo, Jekulo, Bae, Gebog, dan Dawe) dan 123 desa serta 9 kelurahan.

Motif dan Warna

Bordir Kudus berwarna lembut dan motif kecil-kecil dengan teknik pembuatan butuh kejelian, keterampilan, rumit, teliti, sabar danmembutuhkan proses lama.

Bordir koleksi Dahlia Kudus (https://www.batiklopedia.com)

Teknik

Adapun teknik pembuatannya ada yang menggunakan tangan, icik, juki, dan bordir komputer. Jika dilihat dari hasilnya, bordir tangan merupakan bordir dengan hasil terbaik, namun membutuhkan waktu yang relatif lama, begitupun sebaliknya dengan bordir komputer.

Produk

Saat ini para pengusaha bordir juga memadukan bordir dengan batik, karena sadar akan nilai budaya yang terkandung di dalam bordir itu sendiri, sehingga patut dilestarikan. Sama halnya seperti batik yang diakui dunia sebagai warisan sejarah dari Indonesia. Kain bordir Kudus produknya berupa, jilbab, baju koko, selendang, baju wanita maupun kebaya.

Bordir koleksi Dahlia Kudus (http://dahliabordirkudus.blogspot.com)

Pembuatan

Ketrampilan bordir memerlukan waktu yang relatif lama. Ketrampilan ini identik dengan dengan kerja seni sehingga membutuhkan konsentrasi dan kesabaran tinggi. Meskipun demikian, penggemar bordir saat ini makin marak seiring dengan meningkatnya kualitas bordir itu sendiri.

Pengrajin

Kabupaten Kudus merupakan sentral bordir yang potensial. Tersebar di 4 kecamatan dengan 264 pengusaha dan 4.000 pekerja. Tempat produksi terbesar berada di desa Janggalan, Langgar Dalem, Kajeksan, dan Kerjasan. Bordir kudus diproduksi untuk memenuhi permintaan dalam dan luar negeri dengan nilai investasi hingga 1,5 juta dolar dan nilai produksi hingga 8 juta dolar.

Desa Pedurenan

  • Ibu Mufarrikhah, Desa Padurenan RT 3 RW 6, Kecamatan Gebog, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah.
  • Ibu Islahiyah, Desa Padurenan RT 1 RW 1 Kecamatan Gebog dan Krandon RT 05/RW 1 Kota Kudus.
  • Ibu Nurul Hikmah, Desa Padurenan RT 4 RW 2, Kecamatan Gebog, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah.
  • Ibu Hj. Sri Murni‟ah, Jl. K.Hasyim Padurenan RT 01/RW 0, Kecamatan Gebog, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Next Post

Kain Bordir Bangil (Bangkodir) Kabupaten Pasuruan Jawa Timur

Sat Dec 5 , 2020
Kain Bordir Bangil karya Faiza Bordir (http://indonesiaenterpreneur.blogspot.com) Kota Bangil, Kabupaten Pasuruan, Provinsi Jawa Timur, memiliki potensi yang besar yaitu merupakan kota penghasil bordir yang dikenal dengan sebutan “Bangkodir” merupakan singkatan dari Bangil Kota Bordir. Sekaligus juga penghasil bunga sedap malam yang memiliki bentuk yang indah, warna yang bagus dan aroma […]