Kain Bordir Bangil (Bangkodir) Kabupaten Pasuruan Jawa Timur

Kain Bordir Bangil karya Faiza Bordir (http://indonesiaenterpreneur.blogspot.com)

Kota Bangil, Kabupaten Pasuruan, Provinsi Jawa Timur, memiliki potensi yang besar yaitu merupakan kota penghasil bordir yang dikenal dengan sebutan “Bangkodir” merupakan singkatan dari Bangil Kota Bordir. Sekaligus juga penghasil bunga sedap malam yang memiliki bentuk yang indah, warna yang bagus dan aroma yang harum. Bunga sedap malam merupakan mata pencaharian bagi petani bunga sejak lebih dari 90 tahun yang lalu.

Dari segi hasil jadi dan penerapan teknik bordir, secara umum border bangil dipengaruhi oleh budaya Timur Tengah yang kental. Dapat dilihat dari kebanyakan bordir Bangil dipadu dengan teknik hias kain yang lain yaitu novelti atau penambahan payet pada motifnya. Novelti adalah teknik menghias kain yang merupakan bagian dari surface design yaitu menghias diatas permukaan kain yang sudah jadi (Rizali, 2006: 16)

Kain Bordir Bangil karya Faiza Bordir (http://indonesiaenterpreneur.blogspot.com)

Motif

Desain bordir Bangil kebanyakan menggunakan ragam hias organic yaitu flora dan ragam hias geometris sederhana. Bentuk flora yang ada diberbagai produk bordir Bangil, seperti bunga sedap malam, bunga tulip, bunga sakura, buah anggur, bunga mawar, bunga teratai.

Warna

Untuk berbagai jenis mukena dan perlengkapan rumah tangga umumnya menggunakan warna yang cerah, kalem dan tidak menggunakan manik-manik namun lebih mengedepankan kombinasi kerancang dan bordir aplikasi.

Kain Bordir Bangil (http://cahfuture.blogspot.com)

Teknik

Dari segi teknik kebanyakan menerapkan teknik bordir dasar seperti setik lurus, setik loncat, setik esek dan setik pasir (uwer) dengan permainan tebal tipis pada tiap motifnya dan teknik kerawang sebagai isian motif atau blocking sebagai isian bidang yang kosong.

Produk

Produk jadi Bordir Bangil, berupa mukena, baju muslim, tas, dan beragam jenis pakaian lainnya.

Sepatu bordir Bangil (https://idealoka.com)

Pembuatan

Untuk membedakan bordir Bangil-Pasuruan dengan bordir di tempat lain, bisa terlihat dari desain dan hasil akhirnya yang lebih halus karena bordir Pasuruan masih menggunakan mesin manual, sedangkan bordir di tempat lain sudah menggunakan sistem modernisasi yaitu dengan menggunakan tekhnik komputer.

Pengrajin

  • Sentra kerajinan bordir ini terletak di Jl Pattimura (Pembangunan) No. 999 Bangil, Kabupaten Pasuruan. Sentra ini memajang kerajinan bordir khas Kota Pasuruan. Baik tas aplikasi, tempat tissue, tutup gelas, mukena bordir, taplak panjang, sarung galon, mini bed cover, hand painting, daster bordir, kebaya bordir, sarung bantal, taplak meja, bordir lukisan dan berbagai hiasan unik lainnya. Tersedia juga kartu nama di bawah masing-masing hasil kerajinan bordir bila tertarik mengunjungi tokonya langsung.
  • Ratusan perajin itu tersebar di beberapa desa, seperti Desa Kersian, Singopolo, Kauman, Ledok, Manaruwi, dan Kalirejo. Tapi perajin bordir paling banyak hidup di Desa Kalirejo, terutama di Jalan Bader.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Next Post

Kain Kasab Aceh

Mon Dec 7 , 2020
Kain Kasab untuk pelaminan pengantin (https://www.tribunnews.com) Kain Kasab merupakan kerajinan tangan sulaman benang emas atau perak khas Aceh yang dijahit tradisional diatas kain beludru. Kain Kasab terdiri dari banyak motif yang pada umumnya berbentuk flora yang disulam bahkan dihiasi dengan manik-manik berwarna emas. Konon jenis kain tradisional ini mewakili status […]