Kain Bordir Meunasah Rayeuk Nisam Aceh Utara Aceh

Produk tas dari kelompok Syirkatunnisa

Di Desa Meunasah Rayeuk, Kecamatan Nisam, Kabupatem Aceh Utara, Provinsi Aceh, usaha Tas Bordir Motif Aceh mulai dikembangkan pada tahun 2012, usaha ini berawal dari usaha rumahan yang dilakukan oleh beberapa wanita desa yang memiliki ketrampilan menjahit lalu bersatu membentuk satu kelompok yang diberi nama kelompok Syirkatunnisa, berjumlah 30 orang anggautanya.

Kelompok Syirkatunnisa memproduksi beragam tas tradisional yang sarat dengan motif etnik keacehannya. Kelompok yang diketuai oleh wanita yang bernama Nailatul amal.

Produk tas dari kelompok Syirkatunnisa (https://www.republika.co.id)

Proses Produksi

Tas Bordir Motif Aceh bordir motif Aceh memiliki motif dan bentuk yang sederhana sehingga proses pembuatannya juga melalui tahapan yang sederhana. Proses produksi pembuatan Tas Bordir Motif Aceh secara umum meliputi:

1. Pemilihan dari bahan–bahan dasar pilihan, bahan untuk pembuatan Tas Bordir Motif Aceh terdiri dari kain prada, kain saten, kain parasut, kain T2 kulit serta bahan–bahan lain yang berkualitas.
2. Setelah dilakukan pemilihan bahan, kemudian dilakukan proses pembuatan pola. Dalam pembuatan pola ini membutuhkan keahlian yang paling mendasar, dari pola ini akan terbentuk berbagai jenis model Tas Bordir Motif Aceh.
3. Setelah pola terbentuk, langkah selanjutnya adalah pemotongan disesuaikan dengan ukuran Tas. Ukuran–ukuran yang beragam menjadikan Tas Bordir Motif Aceh tersedia dalam berbagai pilihan model.
4. Setelah dilakukan pemotongan pola, langkah selanjutnya adalah pembuatan motif bordir. Motif bordir disesuaikan dengan beberapa motif Aceh seperti motif pintu Aceh, motif kerrawang gayo, motif kacang belah, motif bunga, motif les pitung, motif kopiah meutop dan motif bola.
5. Langkah selanjutnya adalah pembordiran, proses ini memerlukan kesabaran dan ketelitian dalam mengerjakannya, agar produk yang dihasilkan indah dan rapi. Dalam proses pembordiran ini sangat menentukan jenis kualitas Tas Bordir Motif Aceh.

Produk

Beberapa produk yang mereka produksi diantaranya tas pakaian besar, tas pakaian bayi, tas Nano (tas pakaian dengan ukuran kecil), tas ransel dan dompet.

Pemasaran

Kantor Perwakilan Bank Indonesia Lhokseumawe pada tahun 2016. Dan kami juga di ikut sertakankan dalam berbagai acara seperti Studi Banding dan Pameran. Hingga saat ini produk mereka bisa tembus ke pasar Internasional seperti Spanyol, Malaysia. Bali, dll”

Sumber: Studi Kasus Usaha Tas Bordir Motif Aceh di Desa Meunasah Rayeuk, Kec.Nisam, Kab.Aceh Utara Diajukan Oleh: Dr. HUSNI, M.Ag, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Lholseumawe Tahun 2018

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Next Post

Kain Bordir Tanggulangin Sidoarjo Jawa Timur

Thu Aug 5 , 2021
Produk Indah Bordir Sidoarjo (https://shopee.co.id) Kerajinan bordir manual yang ada di Tanggulangin telah ada sejak tahun 1965. Usaha bordir di daerah ini merupakan home industry bordir yang memanfaatkan keterampilan dan memiliki kreativitas yang tinggi. Seiring dengan perkembangan jaman, bordir yang dulunya hanya menggunakan tangan atau bisa disebut dengan sulam kemudian […]