... (several lines of code) ... https://optimize.google.com/optimize/home/#/accounts/175585813/

Ingin Liburan di Era Kebiasaan Baru dengan Aman? Tetap Perhatikan 8 Aturan Ini!

Tetap selalu kondisi prima sebelum dan selama liburan

Setelah beberapa bulan #dirumahaja dan #WFH, Sobat sudah sangat merindukan berwisata #DiIndonesiaAja, bukan? Saat ini, kita sudah memasuki era adaptasi kebiasaan baru, di mana bukan hanya kantor dan pusat perbelanjaan saja yang sudah mulai beroperasi, namun juga beberapa tempat wisata sudah mulai dibuka kembali. Tentu saja, dengan tetap menerapkan protokol CHSE (Clean, Health, Safety & Environment) untuk menghindari risiko yang tidak diinginkan. Tak hanya destinasi, Sobat juga perlu mempersiapkan beberapa hal sebelum kembali memulai liburan agar perjalanan tetap aman dan menyenangkan. Berikut informasi selengkapnya!

Baca juga : Panduan InDOnesia CARE

1. Menyiapkan dokumen wajib

Berdasarkan Surat Edaran Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Nomor 7 Tahun 2020 dan Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 41 Tahun 2020, terdapat beberapa dokumen yang wajib dibawa oleh setiap orang yang hendak melakukan perjalanan. Nah, jika Sobat Pesona hendak melakukan perjalanan jauh, Sobat Pesona harus menyiapkan surat keterangan bebas Covid-19. Surat keterangan tersebut dapat diperoleh dengan melakukan rapid test atau tes PCR. Selain itu, khusus bagi Sobat yang hendak melakukan perjalanan keluar-masuk DKI Jakarta, Sobat memerlukan Surat Izin Keluar Masuk (SIKM).

2. Mencari tahu aturan yang diterapkan di destinasi wisata

Sebelum berangkat, pastikan Sobat sudah mencari tahu aturan yang diterapkan oleh destinasi wisata. Selain penggunaan masker, mungkin ada pembatasan jumlah pengunjung, jam buka, proses pembelian tiket, wahana yang dibuka dan lain sebagainya. Jangan sampai Sobat gagal berlibur karena tidak membaca informasi terkini mengenai tempat wisata yang dituju, ya!

3. Menjaga kesehatan tubuh sebelum dan selama liburan

Sehat adalah syarat mutlak sebelum Sobat melakukan liburan baik di tempat yang jauh maupun yang dekat. Pastikan Sobat menerapkan gaya hidup sehat, terutama dalam kondisi pandemi seperti ini dengan istirahat yang cukup, mengonsumsi makanan bergizi, dan berolahraga baik sebelum maupun selama melakukan perjalanan, agar stamina dan imun tubuh tetap terjaga.

4. Melakukan pemesanan tiket secara daring

Untuk menghindari antrean dan kontak langsung dengan banyak orang, Sobat disarankan untuk membeli segala macam tiket melalui sistem daring yang sudah disediakan di hampir seluruh tempat wisata dan agen perjalanan wisata. Bukan hanya untuk tiket transportasi dan akomodasi saja, saat ini sebagian besar destinasi wisata sudah menjual tiket masuk melalui website demi menjaga keamanan dan keselamatan bersama.

5. Membawa hygiene kit ke mana pun Sobat pergi

Jangan lupakan starter pack ala new normal untuk dibawa ke mana pun Sobat pergi sebagai senjata wajib untuk melindungi diri. Selalu pakai masker dan siapkan juga masker cadangan di dalam tas. Jangan lupa membawa hand sanitizer, desinfektan, tisu basah, tisu kering, dan sabun cair. Agar lebih aman, sebaiknya Sobat juga membawa peralatan makan sendiri.

6. Melakukan staycation atau solo traveling

Jika Sobat masih ragu untuk melakukan perjalanan jauh tapi tetap ingin merasakan euforia liburan, staycation bisa menjadi pilihan terbaik. Baik di Jakarta maupun berbagai kota lainnya, sudah ada banyak hotel yang kembali dibuka dengan menerapkan protokol kesehatan. Mungkin prosedur masuk hotel agak berbeda dari biasanya, namun hal tersebut dilakukan untuk menjamin kesehatan dan keselamatan Sobat.

Selain staycation, Sobat juga bisa melakukan solo traveling #DiIndonesiaAja untuk menghindari keramaian. Solo traveling juga sangat ampuh untuk menyegarkan hati dan pikiran Sobat.

7. Menentukan destinasi wisata yang aman

Ada beberapa hal yang bisa dilakukan dalam menentukan destinasi wisata. Pertama, Sobat disarankan untuk mengunjungi destinasi di wilayah yang masuk dalam zona hijau agar risiko terpapar virus Covid-19 lebih minim. Kedua, Sobat lebih baik mengunjungi wisata alam karena biasanya ruang gerak lebih luas, sehingga kontak dekat dengan orang lain dapat lebih dihindari.

8. Menjaga jarak kapanpun dan dimanapun

Setelah menyiapkan semua hal yang disebutkan di atas, ada satu kunci yang Sobat wajib lakukan yakni selalu jaga jarak. Ingatlah selalu bahwa memakai masker bukan jaminan bahwa Sobat tidak akan terkena Covid-19. Selalu menjaga jarak aman juga menjadi hal yang perlu Sobat perhatikan.

Sudah siap untuk liburan di era kebiasaan baru? Yuk, bersenang-senang dengan menjelajahi destinasi-destinasi terbaik yang ditawarkan oleh Indonesia, namun tetap siaga dan waspada. Selalu utamakan kesehatan dan keselamatan ya, Sobat!

Sumber: Indonesia

Share and Enjoy !

0Shares
0

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Next Post

UNWTO Keluarkan Panduan Akses Bagi Penyandang Disabilitas

Sat Dec 19 , 2020
Untuk memastikan aksesibilitas bagi wisatawan dengan persyaratan akses khusus dapat menjadi ‘Game Changer’ untuk tujuan di seluruh destinasi wisata dunia saat mereka ingin bangkit kembali dari dampak pandemi. Serangkaian Panduan Pemulihan Inklusif baru dari Organisasi Pariwisata Dunia, UNWTO (United Nations Word Tourism Organization), dalam kemitraan dengan European Network for Accessible […]