Indonesia Tawarkan Sembilan Destinasi Wisata Syariah

Ilustrasi wisata syariah Mesjid Raya Baiturrahman, Banda Aceh, Senin (21/10). (ANTARA FOTO/Ampelsa)

Indonesia menawarkan sembilan destinasi wisata syariah, yakni Sumatera Barat, Riau, Lampung, Jakarta, Banten, Jawa Barat, Jawa Timur, Lombok, dan Makassar.

“Pada tahap awal, ada sembilan wilayah yang kita tawarkan sebagai destinasi wisata Islam,” kata Dirjen Pemasaran Pariwisata Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Esthy Reko Astuti di sela Forum Halal Global di Jakarta, Rabu.

Menurut dia, penetapan wilayah-wilayah tujuan wisata syariah tersebut dilakukan berdasarkan kesiapan sumber daya manusia, kultur masyarakat setempat, produk-produk wisata daerah, dan akomodasi wisata.

Penetapan destinasi wisata syariah tersebut, kata dia, merupakan persiapan menjelang peluncuran produk wisata syariah tahun 2014.

Arsitektur di dalam Istano Basa Pagaruyung, Nagari Pagaruyung, Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat (https://travel.kompas.com)

Dia menjelaskan, pariwisata syariah bukan hanya meliputi keberadaan tempat wisata ziarah dan religi saja namun juga mencakup ketersediaan fasilitas pendukung seperti restoran dan hotel yang menyediakan makanan halal dan tempat shalat.

Esthy menjelaskan pula bahwa tahun 2010, Indonesia menerima kunjungan tujuh juta wisatawan dan 17 persen di antaranya merupakan wisatawan Muslim.

“Dengan promosi lebih aktif tentang wisata syariah, diharapkan kunjungan turis muslim bisa naik menjadi 20 persen sampai 25 persen pada 2014-2015,” katanya.

Ia juga berharap Forum Halal Global bisa menjadi salah satu ajang sosialisasi produk wisata syariah Indonesia kepada para pelaku industri wisata, termasuk pelaku dari Malaysia dan Arab Saudi, yang hadir dalam forum tersebut.

Sumber: Antaranews

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Next Post

Indonesia Akan Menjadi Pusat Wisata Syariah Dunia

Mon Nov 4 , 2013
Mengusung tema ‘Wonderful Indonesia as Moslem Friendly Destination’ dalam acara Indonesian Halal Expo di JIExpo Kemayoran (30/10), pemerintah yang dalam hal ini diwakili Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif berharap Indonesia dapat menjadi pusat pariwisata syariah dunia. “Pariwisata syariah bukanlah perjalanan spiritual seperti haji dan umroh melainkan konsep pariwisata yang menyediakan […]