Hutan Mangrove Kurau Timur Bangka Tengah Bangka Belitung

Hutan Mangove Kurau Timur (https://babel.inews.id)

Hutan Mangove Kurau Timur terletak di Desa Kurau Timur, Kecanatan Koba, Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Bangka Belitung.

Sejarah

Atas prakarsa dari masyarakat setempat yang bergabung ke dalam sebuah Kelompok Tani Hutan Gempita sebagai pemegang IUPHKm berdasarkan Keputusan Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Nomor 188.44/285/DISHUT/2016 Tentang Pemberian Ijin Usaha Pemanfaatan Hutan Kemasyarakatan (IUPHKm) Kepada Kelompok Tani Hutan GEMPITA Didalam Kawasan Hutan Lindung Sungai Kurau Desa Kurau Timur Kecamatan Koba, Kabupaten Bangka Tengah seluas 148 Hektar, kemudian melalui Skema HKm, Kelompok Tani Hutan Gempita didampingi JPKPemerintah ( Jaringan Pendamping Kinerja Pemerintah )Babel menyatukan visi dan bertekad untuk mengubah Hutan Mangrove liar yang tersebar di Hutan Lindung Sungai Kurau menjadi sebuah tempat wisata dengan sejuta pesona yang terwakilkan didalamnya.

Lokasi menarik dikunjungi

Pulau-pulau kecil

Para pengunjung dapat menyeberang ke pulau Ketawai, pulau Gusung Asam dan pulau Bebuar.

Wisata Sejarah

Hutan mangrove Kurau Timur ini memiliki nilai sejarah pada masa perang kemerdekaan Indonesia. Di dalam hutan mangrove Kurau Timur terdapat bungker yang dibuat oleh kolonial Jepang pada tahun 1943, yang digunakan sebagai tempat penjagaan tentara Jepang pada masa itu.

Sunset

Keindahan Sunset di kawasan Mangrove Kurau Timur dapat disaksikan melalui track Jalan yang dibangun melintasi tepian Sungai.

Jenis Mangrove

Jenis mangrove yang termasuk kedalam mangrove jenis mayor yaitu Rhizophora apiculata, Rhizophora mucronata, Avicennia sp dan Sonneratia alba. Jenis mangrove lain yang terdapat adalah Rhizophora mucronata, Sonneratia alba, dan Bruguiera
hainesii.

Fauna

Di dalam area hutan mangrove memungkinkan adanya budidaya perikanan, juga didapatkan kawanan monyet yang jinak, Selain itu juga menghasilkan hasil hutan bukan kayu (HHBK), seperti madu. Dimana madu ini bersumber dari lebah kelulut. Madu yang dihasilkan dari lebah yang tidak bersengat dengan hasil madu yang sama seperti lebah madu. Rasanya sedikit asam kalau dibandingkan dengan madu lebah, tetapi khasiatnya lebih tinggi dari pada lebah madu.

 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Next Post

Hutan Mangrove Tukak Bangka Selatan Bangka Belitung

Thu Feb 4 , 2021
Hutan Mangrove Tukak Hutan Mangrove Tukak terletak di Desa Tukak, Kecamatan Tukak Sadai, Kabupaten Bangka Selatan, Provinsi Bangka Belitung. Sejarah Hutan wisata mangrove ini dirancang dan dibangun oleh mahasiswa KKN UBB (Universitas Bangka Belitung) Angkatan ke 12 di Penagan. Hutan wisata ini menurut Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) KKN, Ririn Amelia, […]