Hutan Mangrove di TWA/TWAL Sangiang Kabupaten Serang Banten

TWA/TWAL Sangiang (https://www.idntimes.com)

Hutan Mangrove Taman Wisata Alam (TWA) atau Taman Wisata Alam Laut (TWAL) Sangiang terletak di Desa Cikoneng Kecamatan Anyer Kabupaten Serang Propinsi Banten.

Flora

Salah satu keunikan alam di TWA/TWA (L) Pulau Sangiang adalah adanya badan air yang merupakan bagian dari laut yang menjorok ke daratan (legon/estuaria), dimana terdapat 3 (tiga) legon yaitu Legon Waru, Legon Tembuyung dan Legon Kedongdong yang membentuk formasi Mangrove.

Jenis-jenis yang mendominasi hutan mangrove adalah Bakau (Rhizophora sp), tancang (Bruguera farvifolia), Api-api (Avicenia alba), Perepat/Bogem (Soneratia alba), Buta-buta (Excoecaria agallocha).

Hutan Mangrove masih lebat (https://ihategreenjello.com)

Fauna

Rusa (Cervus timorensis), Landak (Histryx brachyura), Kancil (Tragulus javanicus), Kucing bakau (Felis viverenus), Biawak (Varanus salvator), Buaya muara (Crocodilus porosus), Sanca (Phyton molurus), Raja udang (Halcyon chloris), Kuntul karang (Egreta sacra), Kepodang (Oriolus chinensis), Perkutut (Geopelia striata), Cangak (Ardea purpurea).

Selain itu terdapat Karang lunak (Soft coral) dari jenis Xenia sp, Karang batu (Stone coral) dari jenis Acropora sp, Karang biru (Blue coral) dari jenis Heliopora coeruda dan juga Karang api dari jenis Meliophora. Jenis ikan yang mendominasi perairan Pulau Sangiang merupakan jenis ikan karang yaitu Chaetodon sp, Pomacentrus sp dan Acanthurus sp.

Aksesibilitas

Taman Wisata Alam Pulau Sangiang yang terletak diperairan Selat Sunda dapat dicapai dengan kendaraan laut/boat dari Anyer selama 30 menit .Untuk mencapai kota Anyer dapat ditempuh dengan cara sebagai berikut :

 Dari Ibu kota Propinsi Jawa Barat(Bandung – Anyer) ± 327 Km.
 Dari Jakarta via Tol Tangerang –Serang-Anyer ±120 Km.
 Dari Ibu kota Propinsi Banten (Serang-Anyer) ±34 Km.
 Dari Kota Administratif Cilegon-Anyer ± 18 Km

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Next Post

Wisata Persawahan yang Hijau, Indah bak Permadani Terhampar (Bagian 2)

Sun Feb 7 , 2021
Jawa Jawa Barat Persawahan di Desa Wisata Malasari Persawahan terletak di Desa Wisata Malasari, Kecamatan Nanggung, Kabupaten Bogor, Provinsi Jawa Barat, merupakan kawasan Geopark Pongkor. Baca juga: Geopark Gunung Pongkor Kabupaten Bogor Jawa Barat Persawahan di Kampung Cihuni, Desa Sukamulya, Kecamatan Tegalwaru Persawahannya terletak di Kampung Cihuni, Desa Sukamulya, Kecamatan […]