Gedung PT. Taru Martani Gondokusuman Yogyakarta

PT. Taru Martani (https://correcto.id)

Gedung PT. Taru Martani terletak di Jl. Kolonel Bambang Suprapto No. 2, Kelurahan Baciro, Kecamatan Gondokusuman, Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta, didirikan pada tahun 1918.

Sejarah

Pada awalnya pabrik ini terletak di daerah Bulu,  Jalan Magelang dengan nama N.V. Negresco. Pada tahun 1921 pabrik ini dipindahkan ke lokasi yang sekarang ini.

Pada masa pendudukan Jepang di Yogyakarta, pabrik ini pun berganti nama menjadi Java Tobacco Kojo. Setelah Jepang menyerah tahun 1945 pabrik diambil oleh pemerintah Republik Indonesia. Pada tanggal 23 September 1972 namanya diubah menjadi PT. Taru Martani dan diresmikan oleh Menteri Ekuin yang pada masa itu dijabat oleh Sri Sultan Hamengku Buwono IX. Taru Martani yang artinya “daun yang menghidupi.”

Bangunan

PT. Taru Martani (https://gudeg.net)

Bangunan bergaya indis dengan bentuk atap limasan. Jendela atas dan bouven licht masih asli, tetapi jendela bawah dan pintu sudah diganti. Bangunan terdiri dari dua blok dalam komplek, dibangun secara bertahap.

Bangunan A digunakan sebagai bangunan administrasi dan produksi didirikan tahun 1920. Bangunan B digunakan sebagai bangunan produksi dan gudang yang didirikan tahun 1921.

Produksi

Sedang membuat cerutu (https://snapnote.wordpress.com)

PT. Taru Martani merupakan pabrik rokok cerutu, yang dapat menghasilkan hingga 5 juta cerutu per tahun, 70% di antaranya dikirim untuk memenuhi pasar luar negeri seperti Belanda, Republik Ceko, Belgia, Jerman, Amerika Serikat, Perancis, Swiss, Australia, Asia dan negara-negara Timur Tengah . Cerutu yang masih diproduksi sejak 1918 adalah Senator dan Mundi Victor. Saat ini, Taru Martani juga terbuka untuk wisatawan.

Mesin

Mesin-mesin yang digunakan untuk produksi sampai sekarang, sudah ada sejak pabrik tersebut masih milik perusahaan Belanda.

Bangunan ini sudah ditetapkan sebagai Bangunan Cagar Budaya dengan Surat Keputusan  Permenbudpar No. PM.25/PW.007/MKP/2007 tertanggal 26 Maret 2007.

Sumber: kebudayaan

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Next Post

Kawasan Pusaka Terlengkap ada di Daerah Istimewa Yogyakarta

Sat Feb 20 , 2021
Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat (https://blog.tiket.com) Kota Yogyakarta berada di tengah-tengah wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta yang dikelilingi oleh empat kabupaten dengan potensinya masing-masing. Kelima wilayah tersebut dalam sejarah Yogyakarta bisa ditelusuri perkembangan kawasannya sejak jaman pra sejarah yaitu jaman Megalitikum sampai jaman Mataram Islam dan Kasultanan, bahkan sampai jaman kolonial Inggris dan […]