Gampong Nusa Aceh Besar Aceh

Gampong Nusa (https://analisadaily.com)

Nusa merupakan Gampong di Kecamatan Lhoknga, Kabupaten Aceh Besar, Provinsi Aceh, punya pemandangan yang masih sangat alami, yang berjarak 30 kilometer dari pusat Kota Banda Aceh.

Gampong Nusa salah satu desa dengan konsep wisata berbasis masyarakat. Banyak hal unik yang akan kita jumpai di Gampong Nusa, seperti barang-barang yang berbahan sampah organik, jamuan khas Aceh, penginapan serta bonus pemandangan yang asri dengan nuansa perkampungan.

Mengelola Sampah

Di Gampong Nusa, sampah diolah menjadi kerajinan tangan yang bernilai ekonomi (https://www.mongabay.co.id)

Mengelola sampah untuk dijadikan berbagai kerajinan tangan telah dilakukan wanita dan anak-anak Gampong Nusa setelah bencana tsunami. Awalnya, program dilaksanakan 2006 oleh LSM asing, yang anggotanya mencapai 120 orang. Setiap kegiatan, anggota dibayar. “Namun, setelah program berakhir, banyak yang mundur.”

Meski hanya menyisakan 16 anggota perempuan, kegiatan tetap dilanjutkan. Bentuknya, pengelolaan sampah berbasis masyarakat, gerakan sederhana yang digeluti oleh masyarakat.

Kegiatan

Sungai di Gampong Nusa, Lhoknga, Aceh Besar (https://www.safariku.com)

Ada beberapa kegiatan yang ditawarkan, wisata budaya, kuliner, dan alam. Gampong Nusa yang terletak di pinggiran Kota Banda Aceh ini memiliki alam nan asri, persawahan yang luas, serta perbukitan hijau. Sore hari, pengunjung bisa bergabung dengan anak-anak untuk mandi di sungai, melompat dari pepohonan.

Inap Desa (Homestay)

Rumah panggung adat Aceh (https://analisadaily.com)

Tersedia sarana pendukung seperti penginapan (Homestay) di rumah-rumah warga.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Next Post

Desa Wisata Lubuk Sukon Aceh Besar Aceh

Fri Jun 4 , 2021
Pintu gerbang Desa Wisata Lubuk Sukon (http://atjehtraveller.blogspot.com) Desa Wisata Lubuk Sukon terletak di Kecamatan Ingin Jaya. Kabupaten Aceh Besar, Provinsi Aceh. Desa wisata ini terletak sekitar 20 Km dari pusat Kota Banda Aceh, melalui jalan nasional Banda Aceh-Medan, tak terlalu jauh dari bundaran Lambaro yang menjadi pintu gerbang masuk ke […]