Eloknya 5 Lokasi Wisata di Banjarnegara Jawa Tengah

5f69e-curug-pitu-banjarnegara-480x640

Banjarnegara, kota yang menyimpan kekayaan yang begitu mempesona dan memanjakan mata ini mungkin masih terdengar asing bagi sebagian orang. Kota dengan minuman khas dawet ayu ini adalah kota yang sebagian besar berupa pegunungan, tak heran jika kota ini memiliki udara sejuk dan asri.

Banyaknya tanaman dan sayuran yang tumbuh subur di daerah ini juga menjadi tambahan hiburan untuk menikmati sejuknya udara alami di Banjarnegara. Selain itu, Banjarnegara tentu saja juga memiliki potensi wisata yang bisa masuk daftar kunjungan liburan Anda. Mau tau?

1. Kompleks Candi Arjuna

ab9ff-013770100_1450694265-21122015-candi-arjuna Kompleks Candi Arjuna

Mungkin sebagian orang menyangka bahwa Kompleks Candi Arjuna ini berada di Wonosobo. Secara geografis, kompleks wisata ini berada di Desa Dieng Kulon, Kecamatan Batur, Banjarnegara. Kompleks candi arjuna memiliki luas sekitar 1 hektare, serta terdapat 4 bangunan candi, diantaranya ada Candi Srikandi, Candi Sembadra, Candi Semar, dan Candi Puntadewa yang posisinya berhadapan dengan Candi Arjuna. Selain Candi Semar, candi yang lainnya adalah candi untuk tempat sembahyang.

Candi Srikandi dibangun untuk menyembah tiga dewa yaitu Syiwa, Brahma, dan Wisnu. Candi Arjuna, Candi Puntadewa, dan Candi Sembadra merupakan candi yang dibuat untuk menyembah Dewa Syiwa. Wisatawan yang mengunjungi kompleks candi tidak akan menemukan arca yang menghiasi candi. Karena, sebagian arca-arca ini dimuseumkan di Museum Kaliasa dan sebagian lagi sudah hilang.

Melangkah sekitar 200 meter ke arah Barat, terdapat Candi Setyaki yang memiliki dua bangunan, namun hanya satu yang berdiri, itupun bagian atas belum terpasang. Satu bangunan lainnya, hanya berupa dasar bangunan. Candi Setyaki ini juga dibangun untuk menyembah Dewa Syiwa.

Kompleks Candi Arjuna biasanya digunakan untuk pelaksanaan galungan, serta pemotongan anak gimbal yang menjadi khas di kawasan Dataran Tinggi Dieng. Wisatawan juga dapat berfoto dengan Teletubies dan Warok di kompleks Candi Arjuna ini, biasanya mereka hanya ada pada saat akhir minggu, atau hari libur.

2. Arung Jeram Sungai Serayu

ce0d8-095523800_1450694386-21122015-sungaiserayu Arum Jeram di Sungai Serayu

Pecinta arung jeram pasti sudah tidak asing lagi mendengar Sungai Serayu. Lokasi yang berada di sepanjang jalan yang menghubungkan Banjarnegara-Wonosobo menjadikan Sungai Serayu mudah untuk dijangkau. Sungai Serayu memiliki tingkat kesulitan 3 plus serta terdapat 25 jeram. Panjang jalur arung jeram di Sungai Serayu sekitar 14-26 kilometer. Waktu yang ditempuh untuk mengarungi sungai ini kurang lebih 2,5 hingga 5 jam.

Wisatawan yang berarung jeram tidak akan bosan, karena pemandangan alam yang disuguhkan sangat memanjakan mata sehingga menjadikan Sungai Serayu sebagai tempat favorit bagi pemula maupun para profesional untuk melakukan arung jeram. Tak jarang Sungai Serayu dijadikan lokasi untuk lomba arung jeram nasional maupun internasional.

3. Curug Giritirta

ced5d-img_02912b252822529

Wisata alam Giritirta ini memiliki keistimewaan yaitu berupa tiga curug yang indah dan menawan dan terdapat pada satu wilayah. Desa Giritirta berjarak 35 kilometer dari arah utara Kota Banjarnegara. Curug Giritirta ini berada di Desa Giritirta, Kecamatan Pejawaran yang secara geografis masih menjadi bagian dari dataran tinggi Dieng.

Desa Giritirta memiliki tiga curug dalam satu wilayah, yang pertama adalah Curug Genting. Wisatawan akan dimanjakan oleh air terjun dengan ketinggian 55 meter yang sangat cantik dan menawan. Sekitar 300 meter dari Curug Genting terdapat air terjun hangat, warga menyebutnya Giritirta Waterfall. Air hangat ini tercipta secara alami yang membuat bebatuan menguning akibat reaksi kimia belerang.

Tak sedikit dari wisatawan yang terjun dan mandi untuk menikmati air terjun hangat sembari menikmati sejuknya udara. Setelah menikmati hangat dan menawannya Giritirta Waterfall, wisatawan akan disuguhkan oleh Curug Merawu. Ketinggiannya yang mencapai sekitar 70 meter membuat curug ini terlihat indah dengan jatuhnya rintikan air yang dapat dirasakan oleh pengunjung. Bebatuan di sekitar curug menambah pesona dan keindahan Curug Merawu ini, sayangnya terdapat coretan pengunjung yang tidak bertanggung jawab di bebatuan tersebut.

4. Curug Pitu

5f69e-curug-pitu-banjarnegara-480x640 Curug Pitu (https://klikdieng.com/)

Seperti namanya, Curug Pitu memiliki tujuh tingkatan air terjun yang begitu menawan dari atas sampai bawah. Curug yang tertinggi dan terbesar adalah curug yang paling bawah, ketika wisatawan menuju ke curug berikutnya, maka akan menemui curug yang semakin rendah dan semakin kecil. Jika Wisatawan ingin melihat seluruh tingkatan dari curug indah ini, maka harus menuju ke curug yang paling atas. Curug ketujuh ini memiliki ketinggian sekitar 30 meter serta memiliki kolam di bawahnya yang dapat digunakan untuk mandi dan berendam. Lokasi curug ini berada di Desa Karang Kemiri, Kecamatan Sigaluh, Banjarnegara.

Sayangnya, akses menuju ke objek wisata tidak begitu baik. Jalanan yang masih berupa aspal terjal, serta fasilitas-fasilitas yang tidak terawat. Selain itu, wisatawan akan menapaki jalan yang sempit dan licin untuk menuju ke curug-curug berikutnya. Dari keindahan dan pesona yang ada di Curug Pitu ini, Pemerintah kabupaten diharapkan dapat memperbaiki dan mengelola objek wisata sehingga dapat menarik banyak wisatawan untuk datang ke tempat yang begitu menawan ini.

5. Curug Sirawe

16bf5-sirawe Curug Sirawe (https://idiengtour.blogspot.co.id)

Salah satu air terjun yang begitu cantik dan menawan lainnya adalah Curug Sirawe. Air terjun Sirawe berada di Dusun Bitingan, Desa Kepakisan, Kecamatan Batur. Tak seperti curug yang lain, curug ini bisa dikatakan tersembunyi dan belum banyak orang yang mengetahui keberadaannya. Selain itu, untuk menuju ke objek wisata ini tidak mudah. Akses untuk menuju ke objek wisata ini hanya dapat menggunakan sepeda motor karena tidak ada angkutan umum di sekitar lokasi objek wisata, setelah itu wisatawan berjalan melewati jalan setapak dari Desa Bitingan menuju ke curug yang mempesona ini.

Curug Sirawe yang sangat indah ini memiliki ketinggian sekitar 80 meter yang dibawahnya terdapat kolam kecil dan bebatuan. Ketika memasuki kawasan objek wisata ini, wisatawan akan disuguhi dengan tumbuhan yang tumbuh subur dan sangat memanjakan mata. Indah dan kokohnya curug ini diserasikan dengan sejuknya udara yang membuat nyaman pengunjung. Istimewanya, di curug ini pengunjung bisa merasakan perpaduan air dingin dan air panas.

Dari kelima objek wisata yang ada di Banjarnegara, mungkin dapat menjadi destinasi wisata yang akan Anda kunjungi nantinya. Masih banyak juga tempat-tempat yang dapat dikunjungi selain tempat wisata, kuliner di Banjarnegara juga tidak kalah rasa dengan kota lain.

Sumber: Liputan6

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Next Post

Bangkok Saja Punya Wisata Sungai, Palembang Juga Bisa!

Fri Jun 10 , 2016
Peserta Musi Triboatton 2013 menyusuri Musi dengan perahu tradisional jukung dari Muara Beliti di Kabupaten Musi Rawas hingga Sekayu di Kabupaten Musi Banyuasin, Sumatera Selatan. Lebih dari 100 peserta Musi Triboatton yang digelar Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif menyusuri Sungai Musi sepanjang 500 kilometer dengan menggunakan berbagai moda transportasi sungai. […]