Ekowisata Mangrove Pangkal Babu Tanjung Jabung Barat Jambi

Ekowisata Mangrove Pangkal Babu (https://kumparan.com)

Ekowisata Mangrove Pangkal Babu terletak di Desa Tungkal Satu, Kecamatan Tungkal Ilir, Kabupaten Tanjung Jabung Barat, Provinsi Jambi, dengan luas hutannya sekitar 200 ha.

Baca juga: Hutan Mangrove di Sumatera

Hutan Mangrove ini berada sebelah Timur pusat Kota Kuala Tungkal, Ibukota Kabupaten Tanjung Jabung Barat. Berjarak sekitar 10 kilometer dari pusat kota dengan waktu tempuh sekitar 20-30 menit berkendara. Berhadapan langsung dengan Laut Cina Selatan, menjadikan kawasan ini menarik untuk dikunjungi.

Treking mangrove

Jenis Bakau

Jenis tumbuhan yang menyusun hutan mangrove di pangkal babu, yaitu api-api (Avicennia sp.),Bakau (Rhizophora sp.), Pidada (Sonneratia sp.), Tancang (Bruguiera sp.), Mentigi (Ceriops sp.), Teruntum (Lumnitzera sp.), Buta-buta (Excoecaria sp.), Nyirih (Xylocarpus sp.), Perpat kecil (Aegiceros sp.), Perpat (Scyphyphora sp.) dan Nipah (Nypa sp.) dan lain-lain.

Ekowisata Mangrove Pangkal Babu

Fauna

Sebagai habitat satwa liar seperti burung, hewan-hewan reptil dan tentunya ikan dan udang.

Sumber: genpi

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Next Post

Hutan Mangrove Kurau Timur Bangka Tengah Bangka Belitung

Thu Feb 4 , 2021
Hutan Mangove Kurau Timur (https://babel.inews.id) Hutan Mangove Kurau Timur terletak di Desa Kurau Timur, Kecanatan Koba, Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Bangka Belitung. Sejarah Atas prakarsa dari masyarakat setempat yang bergabung ke dalam sebuah Kelompok Tani Hutan Gempita sebagai pemegang IUPHKm berdasarkan Keputusan Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Nomor 188.44/285/DISHUT/2016 Tentang Pemberian […]