Desa Wisata Tulungrejo Gandusari Blitar Jawa Timur

1

43ed6-gapuradesawisatatulungrejo Gapura Desa Wisata Tulungrejo, Gandusari, Blitar

Secara adminitratif Desa Wisata Tulungrejo ini terletak di Kecamatan Gandusari, Kabupaten Blitar, Provinsi Jawa Timur; sekitar 40 Km dari pusat Kota Blitar kurang lebih hanya 1 jam, sedang dari Malang atau Kota Batu cukup 90 menit, dengan pemandangan yang dengan pemandangan yang memukau menghiasi perjalanan saya ketika berkunjung ke desa tersebut.

Secara Geografis Desa tulungrejo berada tepat di lereng gunung Kelud sebelah timur dengan ketinggian desa 800 m dpl dengan diapit sebelah kiri Gunung Kawi yang menjulang tinggi.

Dan tepat membelah di tengah Desa ini di aliran sungai Lekso yang berhulu di dalam hutan Gunung Kelud. Areal Sungai Lekso yang bentang alamnya terdapat hutan produktif, perkebunan teh dan alam pedesaan yang sangat eksotis tersebut menyimpan potensi cukup lengkap untuk wisata petualangan dan kawasan Outbond baik hutan tropik, sungai, maupun bentukan alamnya sangat menawan dan selaras. Juga sebagai desa konservasi lingkungan dengan mempertahankan kearifan lokal untuk pelestarian budaya.

Agrowisata Perkebunan Teh

92842-jiunkpe-ns-s1-2009-42405077-13986-kebun_teh-extras23 Perkebunan Teh PTPN XII

Di desa ini, juga di lengkapi dengan pemandangan hamparan perkebunan teh yang menghijau di areal PTPN XII sector Kebun Bantaran. Perkebunan ini berdiri semenjak zaman Kolonial Belanda. Sebagai bagian dari bentang alam yang tak dapat terpisahkan, maka kami akan mencoba membangun sebuah kawasan Agrowisata.

Potensi Ekonomi Masyarakat Desa

1. Peternakan Sapi Perah

ce1c5-sapi2

Selain konsep wisata alam yang telah di kembangkan di Desa Wisata ini, juga mencoba basis perekonomian produktif di sector peternakan sapi perah sebagai daya tarik wisata.

2. Pengembangan Pertanian Holtikultura

e1385-holtikultura

Selain pertanian yang konfensional, masyarakat Tulungrejo juga menerapkan pertanian pengembangan holtikultura.Ini selaras dengan semangat desa ini sebagai desa wisata yang berbasis pada pertanian.

3. Hutan sebagai penunjang perekonomian masyarakat dan wisata

04e0b-pinus

Sebagai desa yang sebagian wilayahnya adalah kawasan hutan, maka untuk menunjang perekonomian juga di sandarkan pada sector kehutanan. Diantaranya adalah menyadap getah pinus sebagai bahan baku utama karet atau cat. Dengan system bagi hasil dengan perhutani maka masyarakat desa akan mempunyai tambahan pendapatan.

4. Pengolahan Pupuk Organik

32dab-pupuk

Dalam perkembangan pertanian belakangan ini, penggunaan pupuk kimia secara berlebihan justru membuat petani kian merugi, karena struktur tanah menjadi kurang subur dan hasil pertanian tidak sehat untuk di konsumsi.Maka dari itu, petanian di Desa Wisata Tulungrejo mulai mencoba pertanian dengan system organic. Menggunakan pupun yang di olah sendiri dengan bahan baku kotoran ternak yang tidak mengandung bahan kimia sama sekali.

5. Kerajinan Mebel

14fe4-mebel2

Pemanfaatan kayu produktif bisa menjadikan mata pencaharian di desa ini, betapa tidak, hasil hutan yang melimpah bisa di manfaatkan untuk mebeler yang berkualitas tinggi.

Potensi Wisata Alam

1. Wisata Arung Jeram

Sungai Lekso yang secara adminitratif berada di dua Kecamatan, yaitu kecamatan Gandusari dan Kecamatan Wlingi Kabupaten Blitar memiliki karakter sungai yang berjeram dan sediment sungai yang banyak di penuhi bebatuan besar. Sungai yang berhulu di lereng Gunung Kelut ini mempunyai debit air yang cukup besar, apalagi musim penghujan.

Bentuk sungai Lekso yang berbatu dan berjeram, sangat sesuai di ciptakan sebagai lokasi arung Jeram (AJ). Selain cukup panjang wilayah sungai yang bisa di arungi, fasilitas alam yang sudah tersedia ditepi sungai juga memudahkan pengelolaanya.

2. Wisata Alam Air Terjun

70e81-cobanwilis Coban Wilis

Melirik maha karya Sang Pencipta di sekitar Gunung Kelud Blitar setelah kabar ditemukannya lagi air terjun di kawasan gunung Kelud atau tepatnya dihulu Kali Semut beberapa bulan yang lalu, banyak orang yang tertarik untuk membuktikan keberadaan air terjun yang sampai saat ini diberi nama sesuai dengan tempat dimana dia berada yakni Grojokan (air terjun atau Curug) Coban Wilis di Kali Semut.

3. Wisata Petualangan

aa297-pendakian

Dengan mengandalkan gunung Kelud yang sangat eksotis dan menantang untuk di jelajahi, maka peluang wisata petualangan juga merupakan salah satu program yang menjadi andalan Desa wisata Tulungrejo. Dengan jarak tempuh hanya 6 jam jalan kaki dari lereng gunung, maka para petualang bisa dengan mudah menjejaki puncaknya dan menikmati pemandangan maha dahsyat ciptaan Sang kuasa.

4. Area Perkemahan

Dengan kerjasama berbagai fihak baik itu Perum PERHUTANI dengan LMDH setempat maka akan di siapkanya sebuah areal yang akan di peruntukan untuk perkemahan dan pendidikan yang menggunakan media alam terbuka. Di camping ground ini akan di lengkapi fasilitas yang layak untuk menunjang kegiatan yang kan di lakukan.

Potensi Wisata Situs Budaya

1. Candi Rambut Monte

cb160-rambutmonte

Wisata Rambut Monte terletak di desa Krisik, kecamatan Gandusari, kurang lebih 30 km dari kota Blitar. Dari kota Wlingi ke arah utara menuju krisik melewati perkebunan teh Banaran dengan jalan mulus yang berkelok-kelok disamping kanan dan kiri terhampar kebun teh dan cengkeh.

Candi ini merupakan tempat pemujaan bagi penganut agama Hindu pada jaman Kerajaan Majapahit.Tidak ada literatur lengkap yang mengulas tentang sejarah candi ini.

Masih dalam areal ini tepatnya di bagian bawah candi terdapat sumber air yang sangat besar dan airnya jernih, sehingga membentuk sebuah telaga.Telaga ini dihuni oleh ratusan ikan langka serta dikeramatkan oleh penduduk setempat.

2. Pura Agung Argasunya

b8717-pura

Keberadaan Pura Arga Sunya yang merupakan pura terbesar di blitat dan terletak di kawasan perbukitan yang indah, banyak di kunjungi oleh umat hindu dari luar desa krisik termasuk dari Bali. Pura yang dibangun dengan swadaya masyarakat dan diresmikan oleh Drs. H. Imam Muhadi, MM, selaku bupati kota Blitar pada 11 Oktober 2003. Pura Agung Argasunya merupakan tempat peribadatan bagi 350 kepala keluarga umat hindu di desa tersebut. Penganut hindu di sekitar pura berjumlah 1000 jiwa.

Paket Wisata 

Untuk Paket Wisata yang ditawarkan oleh Desa Wisata Tulungrejo, disini.

Informasi lebih lanjut hubungi

Sekertariat Desa Wisata Tulungrejo, Gubuk Limas
Kecamatan Gandusari Kabupaten Blitar, Jawa Timur
Website: https://desawisatatulungrejo.blogspot.com
Telp. : +628179626853 | PIN: 24BD7802 (Andi Djaladri), +6287752600094, +6281330200094 | PIN: 311C1DD6 (Haris Cahyadi)
E-mail: hc_hariscayadi@yahoo.co.id

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Next Post

Desa Wisata Adat Tenganan Pegringsingan Manggis Karangasem Bali

Thu Dec 19 , 2013
Oleh Tri Agus Yogawasista Papan nama Desa Wisata Adat Tenganan Pegrisingan (https://wisata.kompasiana.com) Desa Wisata Adat Tenganan Pegringsingan terletak di Desa Tenganan, Kecamatan Manggis, Kabupaten Karangasem, Provinsi Bali, dengan jarak 15 km dari pusat kota amlapura dan 65 km dari pusat kota Denpasar. Desa Wisata Adat Tenganan mempunyai luas area sekitar […]