Desa Wisata Tulungrejo Batu Jawa Timur

1

Oleh Tri Agus Yogawasista

27667-pesonadesawisatatulungrejo

Desa Wisata Tulungrejo, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu, Malang, sekitar 2 jam perjalanan darat dari Surabaya atau satu jam dari kota Malang. Menurut beberapa sumber tempat ini dulunya dibangun oleh orang Belanda bernama Ruyter de Wildt tujuannya untuk tempat peristirahatan orang-orang Belanda yang berada di Indonesia waktu itu.

Desa Wisata Tulungrejo adalah salah satu desa yang terletak di lereng gunung Arjuno. Desa yang berhawa dingin ini berada di dalam wilayah kecamatan Bumiaji dan memiliki luas ± 761.435 Ha.

Desa yang menjadi salah satu produsen apel terbesar ini memiliki batas wilayah pada sebelah utara berbatasan langsung dengan Desa Sumberbrantas, sebuah desa yang terletak di lereng gunung Welirang. Sebelah selatan dengan ibu kota kecamatan yaitu Desa Punten. Pada sebelah barat membentang luas jajaran pohon-pohon milik dinas Perhutani yang memagari bagian barat kota batu dengan kokohnya. Sebelah timur dengan Desa yang mulai berkembang yaitu Desa Sumbergondo.

Desa Wisata Tulungrejo adalah salah satu desa yang memiliki potensi wisata yang sangat luas. Mulai dari wisata agro, wisata peternakan, wisata alam, wisata seni dan budaya sampai ke home industri.

Potensi Industri Perumahan (Home Industry)

Dari hasil produksi Apel yang ada diolah menjadi berbagai bahan olahan seperti, Keripik buah Apel, Sari Apel dan lain sebagainya. Anda juga dapat belajar pembuatan berbagai bahan olahan yang ada di Desa Wisata Tulungrejo ini.

Potensi Agrowisata

1. Wisata Budidaya Jamur

7f0ac-jamur

Kondisi suhu dan udara Desa Wisata Tulungrejo yang sejuk alami sangat mendukung pembudidayaan jamur tiram putih. Juga bisa mencoba produk olahan jamur putih yang lezat dan bergizi tinggi.

2. Wisata Petik Apel

55904-wisatapetikapel

Hamparan kebun apel yang luasnya mencapai 576 ha akan memanjakan anda bila berkunjung ke Desa Tulungrejo untuk berwisata petik apel. Disini bisa menikmati kesegaran buah apel jenis rome beauty, anna, manalagi, dan grany smith langsung dari pohonnya, dengan membayar kurang lebih Rp. 20.000 – Rp. 40.000,- per orang.

3. Wisata Kebun Bunga Inggu Laut

5da9d-inggulaut

Keindahan dan keberagaman warna dari macam bunga potong yang sangat indah dan menawan dapat menikmati di Kebun Bunga Inggu Laut. Dengan membayar 15.000 – 35.000 rupiah per orang, dapat memetik minimal sepotong dari berbagai macam bunga dan membawanya sebagai oleh-oleh.

4. Wisata Kebun Bunga Krisan

2a70d-wisata-petik-bunga-krisan-desa-tulungrejo Bunga Krisan (https://www.wisatabatumalang.com)

Selain sebagai penghasil buah apel, Desa Tulungrejo juga terkenal sebagai bunga krisan.Berjuta bunga krisan tumbuh di Desa Tulungrejo. Keindahan bunga krisan dapat kita temui jika berkunjung ke salah satu perkebunan bunga krisan yang ada di desa Tulungrejo.

Potensi Perternakan

1. Ternak Sapi Perah

ac562-sapi

Bayangkan jika anda mengetahui cara memerah susu yang benar kemudian anda menikmati susu segar dan alami itu! Itulah yang akan anda rasakan jika anda berkunjung ke peternakan sapi perah yang ada di desa Tulungrejo ini. Anda dapat mempelajari bagamana cara memerah susu yang benar sekaligus pemberian nutrisi pada seekor sapi perah sehingga menghasilkan susu yang berkualitas tinggi. Hanya dengan kisaran Rp. 40.000,- per orang, anda akan mendapatkan pelajaran dan pengalaman baru ini sekaligus segelas susu segar menjadi penutup kunjugan di ternak sapi ini.

2. Ternak Kelinci

c67b5-kelinci

Kelinci unggul berbagai jenis yang lucu akan ada temui di sini. Anda dapat mengenal lebih banyak jenis kelinci bila anda mengunjungi tempat ini. Selain itu anda dapat membeli oleh-oleh seekor kelinci dengan harga yang cukup terjangkau. Lengkapilah kunjungan anda disini.

Potensi Wisata Alam

1. Wana Wisata Coban Talun

dde31-wanawisata

Sensasi semburan air terjun serta gemuruh suara benturan air dengan batu cadas di bawahnya akan menghilangkan segala kepenatan di hati. Dengan trackway menuju lokasi air terjun yang seru dengan melewati jalan setapak yang menembus perbukitan tajam dan berkelok andan akan menemukan sensasi perjalanan menembus hutan pinus yang menyenangkan sekaligus menyehatkan.

2. Outbond
3. Donut Boat
4. Flying Fox
5. War Games

98718-wargames

Tantangan yang memerlukan kerjasama dan kedisiplinan setiap anggota menjadi kesuksesan dalam permainan ini. Pompa Adrenalin anda, tembus batas ketakutan anda karena permainan ini membutuhkan kemampuan pengorganisasian, strategi, keberanian, perhitungan matang, ketepatan dan kecepatan.6. Paralayang (Gantole).

2ad8f-paralayang

Anda ingin menikmati pemandangan Kota Wisata Batu dari atas. Kami juga menyediakan tim untuk membawa anda melayang menikmati Kota Wisata Batu.

7. Camp
8. Taman Rekreasi Selecta

e721d-selekta Taman Rekreasi Selecta (https://amazingtulungrejo.blogspot.com)

Taman rekreasi yang memiliki bermacam-macam hiburan dan fasilitasnya ini memang cukup dikenal oleh wisatawan, baik domestik maupun manca negara. Selecta memiliki sisi naturalis dan histories yang cukup khas sehingga namanya yang sudah cukup dikenal ini masuk dalam jajaran daya tarik wisata yang berkelas. Hanya dengan tiket masuk seharga sekitar Rp.15.000,- anda bisa menikmati pemandangan alam yang indah dan segarnya pemandian. info: https://selectawisata.com

9. Pura Luhur Giri Arjuna

779c1-pura Pura Luhur Giri Arjuna

Pura yang terletak di atas ketinggian ini memiliki pesona yang mengagumkan. Kekhasan bangunan membuat suasana dari sisi kecil Bali begitu terasa. Selain menjadi salah satu pura terbesar di Jawa Timur, dari kawasan Pura Luhur Giri Arjuna ini pemandangan alam Kota Batu bisa kita lihat keindahannya karena terletak diatas ketinggian dan berada di ujung Desa Tulungrejo. Waktu Perjalanan yang dibutuhkan sekitar 20 Menit untuk mencapainya.

Penginapan (Homestay)

Tersedia berbagai fasilitas penginapan berupa Hotel, Villa dan Nginap Desa di rumah penduduk, tinggal anda yang menentukan.

Informasi lebih lanjut hubungi

Desa Wisata Tulungrejo 
Kecamatan Buamiaji, Kota Batu, Malang, Jawa Timur
Telp : 62 341 700 4449
Kontak: Ibu Iim Prasetyono (+62 812 3350 5151)
Website: https://amazingtulungrejo.blogspot.com
Email : tulungrejodesawisata@yahoo.co.id,
tulungrejo.fund.ex@gmail.com
Facebook: https://www.facebook.com/desawisata.tulungrejo

Sumber: Berbagai artikel

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Next Post

Desa Wisata Tuk-Tuk Siadong Sumatera Utara

Tue Nov 19 , 2013
Oleh Tri Agus Yogawasista Desa Wisata Tuk-Tuk Siadong, Sumatera Utara (https://medan.panduanwisata.com) Desa Wisata Tuk-tuk Siadong, Kecamatan Simanindo, Kabupaten Samosir, Provinsi Sumatera Utara. Berjarak 4 kilometer dari Tomok, letak Tuk Tuk cukup dekat dengan pintu gerbang Pulau Samosir. Semenanjung kecil ini terletak diantara Desa Tomok dan Desa Ambarita. Kawasan tersebut merupakan […]