Desa Wisata Trimulyo Jetis Bantul Yogyakarta

c4b4a-dsc_7344a

Desa Wisata Trimulyo terletak di Kecamatan Jetis, Kabupaten Bantul, Yogyakarta atau di Jalan Imogiri Timur km 11 Yogyakarta. Bila dari terminal Giwangan dapat menggunakan bus umum dengan Jalur jalan Imogiriri timur yang menuju arah makam Imogiri turun depan Kelurahan Trimulyo lalu jalan kaki 200 m kita sudah dapat menikmati Desa Wisata Trimulyo Bantul.

Desa Wisata Trimulyo didirikan pada tanggal 29 April 2008 oleh Bapak Lurah Desa Trimulyo Kecamatan Jetis Kabupaten Bantul. Pada awal berdirinya Desa Wisata Trimulyo melakukan penataan, pengemasan dan mengembangkan obyek wisata di beberapa pedukuhan, yaitu pedukuhan Blawong I (Karangwuni), Blawong II, Bembem, Kembangsongo, dan Sindet, akan tetapi seiring dengan perkembangan waktu pada tahun 2009 dikembangkan lagi obyek wisata di pedukuhan Puton.

ab8ec-img_1823a Sungai yang bersih (https://trimulyo-upn.blogspot.com)

Desa Wisata Trimulyo merupakan sebuah desa wisata dimana pengunjung dapat melakukan banyak sekali aktifitas rekreasi. Desa Wisata Trimulyo dibagi menjadi 6 zona wilayah wisata, yang menempati lahan seluas 16,3 ha.

Zona I dusun Blawong I seluas 3,9 ha, memiliki wisata potensi bukit Permuni dengan guanya yang berair jernih dan sejuk dalam gua batu, mitos watu amben, jaran sebrani, watu payung, watu panah, petilasan mani tetes, bumi perkemahan dan outbond. Dalam site pada zona ini akan dibangun juga fasilitas flying fox.

11990-100_4419 Menyusuri goa batu di Dusun Blawong I, Trimulyo, Jetis, Bantul, Yogyakarta (https://wmanning664.blogspot.com)

Zona II dusun Blawong II seluas 9 ha dengan potensi kerajinan songket, kudung, payet, perak dan bordir. Pada area ini dibangun juga kolam renang anak-anak, waterboom dan arena gokart.

3ebf7-100_4757 Produk Bordir di Dusun Blawong II, Trimulyo, Jetis, Bantul, Yogyakarta (https://wmanning664.blogspot.com)

Zona III dusun Bembem dengan potensi wisata dermaga susur kali Opak, jembatan gantung bambu runcing, artshop yang menyajikan aneka handicraft, kuliner dan permainan anak.

ec783-2011-07-242b08-20-11 Menyusuri kali opak dengan perahu naga Tirta Mulia di Dusun Bembem, Trimulyo, Jetis, Bantul, Yogyakarta  (https://dermagabembem.blogspot.com)

Zona IV dusun sindet dengan potensi wisata aneka kerajinan kaca dan payet. Pada zona ini, akan dibangun kebun buah.

Zona V dusun Kembangsongo dengan potensi wisata batik sekar nitik, topeng kayu dan pasar tradisional.

022ec-img_1944a Sedang membatik (https://trimulyo-upn.blogspot.com)

Zona VI dusun Puton dengan potensi wisata situs watu ngelak, pemancingan, kuliner dan kesenian gejog lesung.

66544-korea2bdi2bputon Wisman Korea di Dusun Puton, Trimulyo, Jetis, Bantul, Yogyakarta (https://krjogja.com)

Potensi industri kreatif

Kulit jagung yang biasanya hanya berakhir sebagai sampah, dapat disulap menjadi kerajinan tangan yang cantik oleh sebagian penduduk Desa Wisata Trimulyo. Kulit-kulit jagung ini diproses sedemikian rupa, diberi warna dan kemudian dirangkai satu persatu sehingga menyerupai bunga.

c4b4a-dsc_7344a Bunga-bunga dari kulit jagung (https://trimulyo-upn.blogspot.com)

Bunga-bunga dari kulit jagung ini juga bisa dibentuk lagi menjadi sebuah buket yang tak kalah indahnya dengan bunga asli dan justru memiliki sisi uniknya sendiri. Bisa digunakan untuk menghias sudut-sudut rumah, dibuat menjadi souvenir pernikahan dan lain-lain.

Hasil produksi ini juga dipasarkan hingga ke daerah Malioboro. Tapi tentu saja harga yang ditawarkan di lokasi produksi lebih rendah dari pada harga di pasaran. Sebagai bonus, wisatawan juga bisa mencoba untuk merangkai bunga kulit jagung sendiri.

8f5fa-bungapot Bunga plastik berbahan dasar botol bekas minuman (https://wmanning664.blogspot.com)

Selain itu, bunga dari limbah botol plastik, perak, vinyl, batik, payet, souvenir, topeng batik, bordir, patung batu dan pengolahan makanan.

2b11a-dsc_7356a Kerajinan dari Vinyl di Dusun Bembem (https://trimulyo-upn.blogspot.com)

Potensi Seni dan Budaya

Seni dan budayanya adalah karawitan, ketoprak, gejok lesung, hadroh, dan jatilan.

Tiga Agenda Wisata

Ada tiga agenda wisata yang rutin di wilayah Trimulyo yakni agenda pacuan kuda di dusun Ponggok I (barat stadion Pacar) yang diselenggarakan oleh Pemkab Bantul bersama Pordasi pada bulan April dan Oktober serta gelar seni dan budaya setiap tanggal 4 November untuk memperingati HUT desa Trimulyo. Dengan segala fasilitas yang ada, Desa Wisata Trimulyo sangat baik dikunjungi tidak hanya untuk berwisata namun juga tempat menyelenggarakan berbagai kegiatan alam.

Informasi lebih lanjut hubungi

Desa Wisata Trimulyo
Trimulyo, Jetis, Bantul, Yogyakarta
Kontak person:
1. Mujono (lurah), (62) 274 6932 607 atau (62) 818 0424 0115
2. Ir. Joko Kuntoro (Panitia Desa Wisata Trimulyo), (62) 811 292 510

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Next Post

Kampung Wisata Sukunan Banyuraden Gamping Sleman Yogyakarta

Mon Sep 22 , 2014
Nama Kampung Wisata Sukunan dengan menggunakan tutup botol minuman (https://yogyakarta.panduanwisata.com) “Kita tidak mewarisi bumi ini dari nenek moyang kita, namun kita meminjamnya dari anak cucu kita”. Semboyan inilah yang menginspirasi warga Kampung Wisata Sukunan untuk tetap menjaga lingkungan. Kampung Wisata Sukunan terletak di Dusun Sukunan, Desa Banyuraden, Kecamatan Gamping, Kabupaten […]