Desa Wisata Sodong Wonotunggal Batang Jawa Tengah

9ffe6-gapurodesasodong Gapura Desa Wisata Sodong, Wonotunggal, Batang, Jawa Tengah (https://batanggallery.blogspot.com)

Desa Wisata Sodong di wilayah selatan Kecamatan Wonotunggal, Kabupaten Batang, Jawa Tengah. Dengan jarak kira-kira 6 km dari ibukota Kecamatan Wonotunggal kita bisa menempuhnya dengan waktu 15-20 menit dengan kendaraan bermotor mapun mobil sambil menikmati pemandangan alamnya yang indah.

Desa wisata Sodong dikelilingi oleh hutan pinus ini sebelah selatan berbatasan dengan Desa Silurah, Sebelah utara dengan Desa Gringgingsari, sebelah Barat Dengan Desa Sengare Kabupaten Pekalongan, Sedangkan sebelah timur dengan Desa Wonodadi Kecamatan Bandar.

Dengan ketinggian 625 dpl Desa Wisata Sodong mempunyai iklim yang pas untuk kegiatan pertanian Holtikultura baik sayuran maupun buah-buahan, tanaman pangan (padi dan jagung), dan yang paling utama adalah perkebunan dan hutan rakyat. Sebagian penduduk Desa Sodong menjadi petani dan peternak (890 jiwa), pengrajin (256 jiwa), tukang kayu (23 Jiwa) Tukang Batu (22 jiwa), PNS (7 jiwa) Guru swasta (34 jiwa), dan lain-lainnya.

Potensi Agrowisata

46b35-pertanian Hamparan persawahan Desa Wisata Sodong (https://desawisatasodong.blogspot.com)

1. Pertanian (budidaya hortikultura, jamur)
2. Sayuran (Cabai, Tomat, Kacang Panjang, Buncis, dan lain-lain)
3. Perkebunan (Salak Sodong, Cengkeh, Kapulaga, Kopi)
4. Hutan rakyat yang berupa kayu glondong dan kayu bakar seperti Sengon, Saman, Mahoni, dan lain-lain

7e1c1-salaksodong Salak Sodong (https://www.108jakarta.com)

Potensi Peternakan

a63ca-kandangsapi Peternakan Sapi (https://desawisatasodong.blogspot.com)

Peternakan Kelinci, Sapi, Kambing Etawa, Domba sampai pengolahan limbah ternak menjadi biogas dan juga pupuk organik.

Potensi Kerajinan

126af-anyamanbambu Salah satu produk Anyaman Bambu (https://wisatasodong.blogspot.com)

Disamping dari pertanian dan peternakan Desa Sodong juga menjadi desa pengrajin yaitu sentra kerajinan anyaman bambu dari Ceting, Tampah, Ayakan makanan sampai tempat lampu. Selain kerajinan bambu juga berkembang kerajinan kayu seperti mebel, ukir samapai kerajinan asbak, tempat minum berbagai model, juga dikembangkan Batik Abstrak dan menjahit.

1fb86-batiksodong Batik Sodong (https://wisatasodong.blogspot.com)

Wisata Kuliner

1. Kripik pisang aneka rasa dan bentuk
2. Abon jantung pisang

8885b-abonjantungpisang Abon Jantung Pisang (https://desawisatasodong.wordpress.com)

3. Teh Sangan Sodong

0a623-tehsangansodong Teh Sangan Sodong (https://desawisatasodong.wordpress.com)

4. Beras Merah

d324a-berasmerah Teh Sangan Sodong (https://desawisatasodong.wordpress.com)

5. Pisang Gebyar
6. Berbagai olahan kue dari bahan bukan beras sampai bahan beras

Wisata Alam

86cf1-curug2 Curug Sigandul (https://desawisatasodong.blogspot.com)

Desa Wisata Sodong juga menawarkan suatu paket wisata yang sangat menarik Dari wisata alam yang berupa Curug Sigandul dan Curug Talang, hutan yang masih alami yang dihiasi oleh rindangya pohon pinus dan pohon-pohon asli hutan lainya dan juga didukung oleh sejuknya udara pedesaan yang belum tercemar oleh polusi.

Desa Wisata Sodong menawarkan 2 (dua) Tempat perkemahan yang sudah dilengkapi MCK dan juga jalur-jalur untuk kegiatan dalam kepramukaan terutama halang rintang dan yang lainya atau kegiatan alih jenjang dalam kegiatan pramuka, LDK, Mapala, dll. Selain itu penduduk/masyarakat Desa Sodong siap menolong apabila diperlukan.

Fasilitas yang ada

Desa Sodong mempunyai 1 Balaidesa yang digunakan sebagai kantor pelayanan masyarakat, Perpustakaan, Posluhdes, Sanggar pagelaran seni, dan juga sebagai tempat atau aula pertemuan bagi instansi ataupun wisatawan yang mau mengadakan kegiatan pelatihan ataupun pertemuan. Untuk kegiatan agama Desa Sodong mempunyai 2 masjid besar dan 9 mushola. Dalam bidang pendidikan ada 2 SD, 2 TK, 2 PAUD, 2 TPQ, dan 2 Diniyah. untuk menangani kesehatan Sodong mempunyai 1 balai pengobatan desa PKD. Dan juga 2 lapangan sepak bola yang biasa digunakan untuk kegiatan kemah bagi pelajar maupun umum.

Penginapan (Homestay)

Desa Wisata Sodong mempunyai 10 rumah unt kapasitas 30 orang, menawarkan bagi para wisatawan yang ingin menginap, di siapkan untuk menginap di rumah-rumah penduduk dan di jamu dengan hidangan masakan asli dari Desa Sodong Yaitu Sego jagung, buntil, sayur daun singkong dan sayur batang tales, sambel tores, ikan asin, sedang menu kedua sekarang yang sedang populer adalah nasi hitam (nasi yang kandungan protein dan antioksidanya tinggi; bagus bagi yang terkena diabet, strok dan jantung), sayur daun singkong (kluban;basa Sodong), sayur jantung pisang, ikan asin, atau ikan wader kali, megono, dll. Untuk minumanya teh sangan dengan rasa dan aroma yang khas, bagi pecinta kopi bisa merasakan kopi tubruk yang khas, wedang gones (masakan air nira sebelum menjadi gula aren).

Informasi selanjutnya hubungi 

Desa Wisata Sodong
Kecamatan Wonotunggal, Kabupaten Batang, Jawa Tengah
Website: https://desawisatasodong.blogspot.com
Telp.: +62 815 7527 5858 (H. Tarmulah)

Sumber: Desa Wisata Sodong

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Next Post

Desa Wisata Tulungrejo Gandusari Blitar Jawa Timur

Tue Dec 17 , 2013
Gapura Desa Wisata Tulungrejo, Gandusari, Blitar Secara adminitratif Desa Wisata Tulungrejo ini terletak di Kecamatan Gandusari, Kabupaten Blitar, Provinsi Jawa Timur; sekitar 40 Km dari pusat Kota Blitar kurang lebih hanya 1 jam, sedang dari Malang atau Kota Batu cukup 90 menit, dengan pemandangan yang dengan pemandangan yang memukau menghiasi […]