Desa Wisata Sermo Kulon Progo Yogyakarta

Oleh Tri Agus Yogawasista

2c601-waduksermo1 Waduk Sermo (jogjabiz.com)

Desa Wisata Sermo terletak di Desa Hargowilis, Kecamatan Kokap, Kabupaten Kulon Progo atau berjarak sekitar 35 Km dari pusat kota Yogyakarta yang dapat ditempuh selama 1 jam perjalanan.

Daya tarik utama Desa Wisata Sermo adalah keberadaan waduk yang terbesar dan satu-satunya di Daerah Istimewa Yogyakarta,yang memunginkan wisatawan yang berkunjung untuk dapat melakukan banyak kegiatan wisata seperti berkeliling waduk dengan perahu, bersepeda santai, memancing, berkemah, tracking ataupun melakukan kegiatan outbound di sekitaran area Waduk Sermo.

Selain itu dengan letaknya di pegunungan dan jauh dari hiruk pikuk perkotaan dijamin tempat ini akan sangat cocok bagi pengunjung yang ingin melepas penat dan menyegarkan pikiran setelah beraktivitas sehari-hari.

8a1d1-2024069_orig Sunset di Waduk Sermo

Mayoritas masyarakat di Desa Wisata Sermo bekerja sebagai petani,peternak dan pembuat gula kelapa. Oleh karena itu kami mengemas kegiatan keseharian masyarakat tersebut sebagai paket wisata yang menarik dan sangat cocok bagi pengunjung yang ingin lebih dalam lagi dalam menyelami kehidupan masyarakat pedesaan untuk menemukan makna kehidupan yang sesungguhnya.

Bagi pengunjung yang ingin berlama-lama menikmati keindahan alam pegunungan. Desa Wisata Sermo juga memiliki Homestay yang teletak di sekitaran waduk, dimana keesokan harinya pengunjung juga dapat belajar sambil berwisata menikmati beberapa paket wisata yang sangat menarik.

7797e-5445159_orig Sunset di Waduk Sermo

Beberapa kegiatan wisata yang sangat menarik untuk dilakukan di Waduk Sermo dan Desa Wisata sermo antara lain adalah:

Wisata Alam 

  • Berkeliling dengan perahu wisata
  • Memancing
  • Bersepeda santai Menikmati Sunset khas pegunungan
  • Tracking

fa95e-201204090101522540sermo_art_festival_edit Festival Budaya

Wisata Kesenian

  • Belajar menari tarian tradisional
  • Belajar gamelan

Wisata produk lokal 

3131a-incling Tarian Incling, salah satu tarian tradisional Desa Wisata Sermo

Paket wisata ini khusus bagi pengunjung yang ingin mengetahui bagaimana aneka produk lokal khas Desa Wisata Sermo dihasilkan dari awal proses pembuatannya sampai produk tersebut siap pakai atau jual.

  • Membuat gula jawa dan gula kristal aneka rasa
  • Membuat krispy ikan
  • Membuat aneka olahan ketela pohon seperti geblek tempe, tape, dan lain sebaginya.
  • Membuat apem

Wisata minat khusus 

Bagi pengunjung yang ingin menikmati kesederhanaan masyarakat pedesaan dan keindahan pesona alamnya dengan cara yang berbeda, maka pengunjung dapat mencoba paket wisata ini

  • Program live-in
  • Berkemah atau camping
  • Outbound

Kuliner

Krispy Ikan

Cemilan khas dari Waduk Sermo ini  berbahan dasar ikan nila kecil (Red Devil) digoreng dengan lapisan tepung yang garing. Selain nikmat, para pengunjung juga dapat belajar membuat cemilannya sendiri dengan langsung datang ke usaha ikan nila crispy milik Bapak Karsin yang terletak di Desa Wisata Sermo. Selain cita rasa yang enak, ikan crispy milik pak Karsim juga dimasak dengan resep tradisional dan tata cara tradisional pula.

Gula Merah & Gula Kristal

Gula kelapa merupakan produk utama dan menjadi kebanggaan masyarakat Desa Wisata Sermo. Citara sanya yang manis dan wangi menjadikannya oleh-oleh khas Desa Wisata Sermo oleh wisatawan. Tidak hanya membelinya di toko, wisatawan juga dapat belajar langsung cara membuat gula kelapa dan gula kristal. Mulai dari atraksi memanjat pohon kelapa tanpa tali, mengola gula kelapa sampai membeli gula yang sangat segar langsung di tempat produksinya.Dan produk gula merah dan gula kristal ini dijamin tanpa bahan pengawet.

Penginapan (Homestay)

Bagi para pengunjung yang belum puas menikmati keindahan alam Sermo dan ingin tinggal lebih lama di sini,Desa Wisata Sermo juga mempunyai sejumlah homestay yang nyaman dan siap untuk disinggahi. Dengan keramahan pemilik rumah dan masyarakat sekitarnya,kami jamin pengunjung yang menginap akan betah karena dapat merasakan suasana seperti di rumah sendiri.

Informasi lebih lanjut hubungi

Desa Wisata Sermo
Sekretariat : Sremo Lor RT 39 RW 14, Hargowilis, Kokap, Kulon Progo
Telp.:  +62 8522 855 8018 (Ganjar)
Website: https://www.desawisatasermo.com
Koordinat GPS : 7° 48′ 41.45″ S, 110° 7′ 19.68″ E

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Next Post

Wisata Belanja di Kampoeng Batik Kauman Pekalongan

Thu Jul 11 , 2013
Oleh Tri Agus Yogawasista Kampoeng Batik Kauman, Pekalongan (https://www.goodnewsfromindonesia.org) Kampung batik Kauman terletak didesa kauman kec pekalongan timur,kota Pekalongan yang berdiri puluhan tahun yang lalu. Kampung Kauman disinyalir merupakan kampung pertama yang ada dikawasan pekalongan mengingat dikampung kauman banyak ditemukan rumah-rumah kuno peninggalan dimasa lalu dan masjid jami’ yang didirikan […]