Desa Wisata Seni Keji Ungaran

1

a9290-jarankepang Penyambutan Wisatawan dengan Tarian Kuda Debog (Pelepah Pisang) oleh Anak-Anak

Desa Keji merupakan salah satu desa yang terdapat di kecamatan Ungaran Barat, Kabupaten Semarang. Desa ini memiliki banyak potensi, salah satunya yaitu Kampoeng Seni yang terdapat di Dusun Suruhan.

Desa wisata itu berjarak sekitar 26 km dari Kota Semarang. Berada di lereng Gunung Ungaran dengan panorama khas pedesaan, hawanya begitu sejuk. Perintisnya Sanggar Tari dan Studio Pelestari Seni Budaya dan Permainan Tradisional Yoss Tradisional Centre (YTC), hampir satu tahun berselang.

Boleh dibilang, YTC hampir serupa dengan Saung Angklung Mang Udjo di Bandung. Sajian budaya dan tradisi angklung dimainkan dalam sebuah pertunjukan yang menarik. Sama halnya juga jika kita berkunjung ke Bali dan menyempatkan diri menyambangi Bali Classic Centre. Tempat-tempat tersebut menonjolkan kesenian masing-masing daerah yang khas.

dd235-engkling Engkling (Sprinto Karet)

Kalau soal popularitas, mungkin masih belum semoncer di Bandung atau Bali. Meski begitu, gagasan Yossiady BS untuk mewujudkan desa itu sebagai tempat wisata edukatif tetap patut diapresiasi. Apalagi potensi desa yang bedekatan dengan sumber air Watu Kemloso itu tak kalah dengan desa wisata lainnya yang sudah eksis di Kabupaten Semarang seperti desa wisata Kopeng Kecamatan Getasan, Desa Candi dan Desa Sidomukti Bandungan, serta Desa Bejalen Ambarawa.

Untuk mencapai Dusun Suruhan Desa Keji, jalur paling gampang adalah lewat alun-alun Ungaran kemudian ke arah utera atu menuju ke Gunungpati. Jaraknya sekiter 4 km dari Kota Ungaran. Setelah melewati Terminal Sisemut hingga ke Perumahan Mapagan, silakan belok kiri dan ikuti petunjuk arah yang terpampang jelas.

Sampai di Lapangan Siseret Dusun Suruhan, wahana kirab budaya bakal berlangsung, sudah banyak orang berkumpul pada area seluas sekitar 1.000 m2. Begitu hangat suasananya oleh tegur sapa anak-anak desa menyambut kedatangan tamu lengkap dengan pengalungan replika kuda lumping warna-warni.

84be3-dakon Permainan Dakon

Tampaknya tak ada celah yang tersisa. Begitu penuh dan meriah. Kios-kios bambu beratap sirap menawarkan aneka suvenir, makanan dan minuman khas, dan arena permainan tradisional. Yang di situ kebanyakan anak-anak kelompok bermain TK. Mereka memperagakan beberapa permainan tradisional seperti dakon, egrang, teklek atau bakiak, sprinto karet dan gasingan.

Tak hanya ketika ada acara kusus, setiap hari minggu, anda bisa berkunjung ke sana untuk menikmati suasana pedesaan dan berbagai atraksi kesenian, khususnya tari. Lihat tarian selamat datang ”kuda debog” begitu unik dan rancak.

Penari anak-anak yang semua nya laki-laki yang menunggang ”seekor kuda” dari pelepah pohon pisang. Dengan kostum dedaunan yang unik, anak-anak begitu lincah menari seturut alunan gamelan dan lantunan merdu sinden. Setelah itu, giliran beberapa remaja perempuan menari kuda lumping pesisiran lengkap dengan kostum cerah dan tata riasan meriah seturut irama musik lesung.

90fb8-engrangPermainan Engrang

Potensi Mainan Tradisional

  • Dakon
  • Egrang
  • Teklek atau bakiak
  • Sprinto karet
  • Gasingan

Potensi Seni Tradisional

  • Karawitan (Gamelan)
  • Gejog Lesung

06d91-gejoklesung Gejog Lesung

  • Tarian Kuda
  • Debog (Pelepah Pisang)
  • Tarian Kuda Lumping pesisiran

285be-jarankepang-2 Tarian Kuda Lumping Pesisiran

Potensi Kebudayaan

Sumber air watu Kemloso yang tak jauh dari lokasi tersebut juga jadi perlengkapan perwisataan. Lebih-lebih setiap tahunnya ada ritual Iriban Banyu kemloso. Perayaan yang jatuh pada Agustus tepatnya Sabtu pahing biasanya di gelar besar-besaran dengan kirab sesaji ke sumber air pengidupan warga itu.

Sebelum acara ritual, lokasi sekitar sumber akan dibersihkan dan ayam-ayam yang dibawa untuk dipotong. Darah pertama si ayam akan diteteskan ke sumber yang keluar dari semak-semak di lereng bukit itu. Menurut mbah Rajak salah seorang sesepuh, ritual itu sebagai upaya umgkapan rasa syukur warga sekaligus upaya pelestarian sumber air.

Potensi Kuliner

2cdf1-kuliner

1. Gethuk Tetek Melek, berbahan baku singkong ini hampir sama dengan kue jongkong. Bedanya Cuma pembungkusnya saja. Kalau jongkong dibungkus dengan daun pisang, sedangkan tetek melek dibungkus plastik. Cara membuatnya mudah. Singkong cukup diparut dan diberi garam dan gula jawa selanjutnya dikukus dan diletakkan di atas nampan. Tunggu sampai dingin baru dipotong-potong dan disajikan dengan parutan kelapa. Dinamakan Tetek Melek karena pembuatannya sambil melek-melek (begadang) dengan harapan yang menyantap gethuk ini bisa terus melek (terjaga) dalam menyaksikan pertunjukan adat dan tarian.

2. Pecel Gablok, menu yang satu ini menggunakan gablok yang dibuat dari beras. Setelah dimasukkan ke plastik, beras kemudian direbus hingga penuh. Selanjutnya beras setengah matang sekaligus plastiknya ikut dikukus. Butuh waktu satu jam sampai gablok bisa disantap. Membuat gablok tidak perlu memakai bumbu. Cukup bumbu sambal pecel saja yang dicampur Sayuran Sawi, Tauge, Bayam, dan Daun Kenci plus tambahan Tempe Mendoan.

Paket Wisata

1. Paket Edukatif, belajar membatik motif khas kuda debog-bunga terompet dan srengengen, pengenalan tokoh wayang punakawan.

2. Paket One day. Antar Jemput wisatawan dari Bendara bandara atau kereta api di Semarang, biasanya bus akan menjemput dan mengantar ke berbagai tujuan yang telah di atur sedemikian rupa. Seharian, para turis akan di antar ke Industri Herbal Ibu Hj Herlin, YTC, industri makanan khas Tumpi, industri tas Deliwang, dan industri Tahu Baxo Ibu Pudji.

Penginapan (Homestay)

Penginapan tersedia di rumah penduduk, dengan harganya sangat terjangkau.

Informasi lebih lanjut hubungi
Desa Wisata Seni Keji
Dusun Suruhan,Desa Keji,Kecamatan Ungaran Barat,Kabupaten Semarang.
Yossiady Bambang Singgih
Telp.: (6224) 7040 1935
HP.: +628156558734
Website: https://desakeji.blogspot.com
Email : ungaran.barat@gmail.com

Atau

Dinas Pemuda, Olahraga, Kebudayaan, dan Pariwisata Kabupaten Semarang
Jl. Ahmad Yani No. 53.A, Ungaran 50511
Telp.: +62 24 692 1424
Fax.: +62 24 692 1424

Sumber: Desa Wisata Seni Keji

One thought on “Desa Wisata Seni Keji Ungaran

  1. Ibu Junika Adlany,

    Ibu dapat langsung menghubungi jam kerja:

    Kecamatan Ungaran Barat
    Jl. Kalimasada Raya No. 1 Lerep Telp. (024) 6925770
    Nama Kontak: Drs. Much. Risun, M.Si

    Terimakasih atas perhatiannya.

    GPS Wisata Indonesia
    Tri Agus Yogawasista

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Next Post

Riang dan Bugar Saat Liburan

Sun Sep 15 , 2013
Liburan merupakan momen yang ditunggu-tunggu oleh semua orang. Maklum, pada saat itulah orang bisa terbebas dari rutinitas pekerjaan dan mengisi hari-harinya dengan aktivitas yang menyenangkan. Apalagi, jika masa liburan diisi dengan pelesiran ke luar kota untuk mengunjungi tempat-tempat wisata. Agar hajatan berjalan mulus, sebaiknya perlu melakukan persiapan sebelum berangkat. Persiapan […]