Desa Wisata Sendang Duwur Paciran Lamongan Jawa Timur

1

Pegunungan Kapur

Desa Wisata Sendangduwur terletak di Desa Sendang Duwur, Kecamatan Paciran, Kabupaten Lamongan, Jawa Timur, tidak jauh dari Jalan Daendels yang melintas di wilayah Lamongan. Juga untuk menuju lokasi ini tidaklah susah, sebab rute yang ditempuh dari pusat Kota Lamongan adalah sama seperti menuju lokasi wisata religi Sunan Drajat, yakni di Kecamatan Paciran, atau sebelah timurnya berbatasan dengan Kecamatan Panceng, Kabupaten Gresik.

Desa Wisata Sendang Duwur (https://www.youtube.com)

Terletak di ketinggian 72 meter di atas permukaan laut (mdpl), posisi desa di Kecamatan Pacitan ini memberikan pemandangan langsung ke arah Laut Jawa dari atas bukit. Desa yang telah ditetapkan sebagai desa wisata ini, merupakan sebuah kawasan pedesaan dengan karakteristik khusus yang masih lekat dengan kearifan lokal, yakni penduduknya masih memiliki tradisi dan budaya yang masih asli.

Masyarakatnya memiliki keahlian dalam kerajinan batik tulis, perhiasan emas dan perak yang merupakan pekerjaan rutin sejak zaman dahulu, sehingga akan menyedot wisatawan dalam berbelanja serta melihat langsung proses pembuatannya.

Wisata Belanja dan Edukasi

Wisman belajar membatik

Desa Sendangduwur juga ditetapkan sebagai desa wisata sejak 2012 khususnya Desa Wisata Belanja hasil kerajinan tangan warga, mulai dari batik, bordir, hingga emas dan perak. Di desa itu terdapat 450 perajin batik, 26 di antaranya pengusaha. Selain itu, 120 perajin emas dan perak serta 65 perajin bordir. Sebanyak 1.502 dari 1.739 warga adalah perajin. Juga anda dapat belajar membatik disana, nanti hasil membatiknya dapat dibawa pulang,

Wisata lainnya

Perpaduan wisata alam, wisata ziarah, dan wisata pantai yang berada di seputaran Kecamatan Paciran mempermudah akses pengunjung menjangkau lokasi. Makam Sunan Drajat dan Sunan Sendang Duwur serta Goa Maharani dan Wisata Bahari Lamongan, masing-masing menjadi daya tarik untuk mengundang wisatawan.

Informasi lebih lanjut hubungi

Pokdarwis Sendang Duwur
Jl. Raden Fatah no. 388, Sendang Duwur, Paciran, Lamongan
Kontak Person: +62856 397 753 atau +62813 3048 8499 (Bp. Saifulloh)
Website: http://desawisatasendangduwur.blogspot.co.id
e-mail: pokdarwissendangduwur@yahoo.co.id

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Next Post

Kampung Lawas Maspati Bubutan Surabaya Jawa Timur

Sun May 14 , 2017
Pintu masuk Kampung Lawas Maspati (https://kabaremansipasi.com) Kampung Lawas Maspati terletak di Kelurahan Bubutan, Kota Surabaya, Jawa Timur. Kampung Lawas Maspati berada di tengah kota surabaya, 500 meter dari Monumen Tugu Pahlawan, Kampung ini dikelilingi bangunan modern namun budaya, kearifan lokal dan tradisi-tradisi kampung, tetap terjaga. Bangunan-bangunan dan barang-barang peninggalan kerajaan […]