Desa Wisata Samangki Maros Makassar Sulawesi Selatan

1

Oleh Tri Agus Yogawasista

b67b0-pesona-karts-rammang-rammang-maros Pegunungan kapur, Maros, Makassar

Desa Wisata Samangki terletak di Kecamatan Simbang, Kabupaten Maros, Makassar, Sulawesi Selatan. Sebagian besar wilayahnya merupakan jalur transportasi darat antar daerah, menjadikannya daerah persinggahan yang ramai.

Desa berpenduduk 4.862 jiwa (2010) ini memiliki potensi pertanian yang luas. Karenanya, sebagian besar masyarakatnya berprofesi sebagai petani. Wilayah Desa Wisata Samangki termasuk dalam kawasan hutan negara dan Taman Nasional Bantimurung Bulusaraung.

Wilayah ini meliputi Taman Wisata Alam Bantimurung, kawasan wisata petualangan Pattunuang, kawasan cagar alam Karaenta dan wahana wisata Maros Waterpark. Deai ini juga memiliki banyak gua alami.

49607-terowongan-karts-rammang-rammang-maros Terowongan Kars Rammang-Rammang, Maros, Makassar

Paket Wisata Alam

Paket perjalanan wisata ini diberikan mengingat sejumlah daya tarik wisata di desa ini termasuk dalam jenis wisatawan minat khusus. Pendampingan diberikan dalam bentuk penyediaan pemanduan serta penyediaan fasilitas wisata yang membutuhkan keahlian atau peralatan khusus, antara lain:

1. Tracking atau Jelajah Hutan – Membutuhkan pemandu yang menguasai medan dan memiliki kecakapan interpretasi serta kemampuan melakukan pertolongan pertama pada kecelakaan (P3K). Pembuatan jalur treking dengan berbagai rute dilakukan demi kenyamanan dan keamanan pengunjung. Peminat kegiatan ini cukup besar terutama wisatawan yang menyukai kegiatan penjelajahan.

2. Caving atau Penelusuran Gua – Secara umum kegiatan ini membutuhkan perlengkapan lapangan yang mampu menjamin keselamatan, keamanan dan kenyamanan berwisata. Karenanya dibutuhkan tenaga pemandu yang memiliki keahlian dan teknik rescue di dalam gua serta kemampuan interpretasi dan pengetahuan dasar tentang gua.

3. Rock Climbing atau Panjat Tebing – Merupakan kegiatan yang membutuhkan peralatan khusus, seperti halnya penelusuran gua, kegiatan panjat tebing juga membutuhkan tenaga pemandu yang cakap dan menguasai teknik climbing yang baik.

4. Animal Watching atau Pengamatan Satwa – Kegiatan minat khusus yang biasa dilakukan oleh orang-orang yang memiliki kecintaan akan satwa khas dan endemik yang masih hidup bebas di alam bebas. Kegiatan ini dapat dilakukan di kawasan Pattunuang dan Karaenta dengan mengamati kehidupan kera hitam Sulawesi (macaca maura), tarsius spectrum dan beragam jenis burung. Wisatawan yang meminati kegiatan ini mayoritas wisatawan mancanegara.

Gua-gua di Kecamatan Bantimurung, Kabupaten Maros, Makassar banyak diktemukan goa, bentuk goa disini dibagi menjadi dua :

1. Goa Vertikal
2. Goa Horizontal

Untuk mengetahui lebih jelas lagi, silahkan klik disini,

Wisata Arkeologi

f5c70-leangleang-desawisatasamangki-1 Jejak tangan di Leang-Leang, Maros, Makassar

Jejak Prasejarah di Leang-Leang, koordinat GPS: 4° 58′ 37.41″ S, 119° 40′ 19.24″ E – Kawasan gua dengan banyak peninggalan arkeologis yang unik. Di sini ditemukan gambar prasejarah (rock painting). Ada gambar babi rusa yang sedang meloncat yang di bagian dadanya tertancap mata anak panah, serta gambar telapak tangan wanita dengan cat warna merah. Gambar prasejarah tersebut sudah berumur sekitar 5000 tahun. Diduga gua ini telah dihuni sekitar tahun 8000 – 3000 sebelum Masehi. Kawasan ini terletak di Kelurahan Kalabirang, Maros.

Informasi berikutnya hubungi

Manajemen Desa Wisata Samangki
Kecamatan Simbang, Kabupaten Maros, Makassar, Sulawesi Selatan
Kontak Person: +62813 5470 1719 (Boby) atau +62852 5520 0757 (Ridwan)
Website: https://www.desawisatasamangki.com
Koordinat GPS :  5° 1′ 43.33″ S, 119° 41′ 38.35″ E

Sumber : Berbagai artikel di internet

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Next Post

Desa Wisata Bejiharjo (Dewa Bejo) Gunung Kidul Yogyakarta

Sun Jul 14 , 2013
Oleh Tri Agus Yogawasista Gua Pindul Caving Tubing Bejiharjo merupakan desa di kecamatan Karangmojo, Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia. Desa ini berpenduduk lebih dari 1600 orang dan merupakan desa berkependudukan terbanyak di Kecamatan Karangmojo. Sebagian besar merupakan petani namun banyak pula yang menjadi pengrajin, PNS, maupun Berwiraswasta. Desa ini […]