Desa Wisata Pemuteran Gerokgak Buleleng Bali

Menaiki tangga menuju Pura Batu Kursi

Desa Wisata Pemuteran teletak di Kecamatan Gerokgak, Kabupaten Buleleng, Provinsi Bali, tempat wisata yang ramai dengan wisatawan pada hari biasa maupun hari liburan. Tempat ini sangat indah dan bisa memberikan sensasi yang berbeda dengan aktivitas kita sehari hari.

Pemuteran memiliki wilayah terbesar dari terumbu karang dangkal di Bali. kedekatannya dengan Pulau Menjangan, surga snorkeling dan diving di area Taman Nasional Bali Barat bersama dengan keindahan alam yang ekstrim, telah memicu pertumbuhan yang cukup pesat dalam infrastruktur pariwisata di daerah tersebut.

Potensi Obyek Wisata

Obyekwisata yang ada di sekitar Desa Wisata Pemuteran, berikut ini adalah beberapa rekomendasi lokasi wisata yang harus Anda kunjungi:

1. Pantai Pemuteran

Pantai Pemuteran merupakan salah satu pantai di Bali yang indah dan paling asik untuk melihat sunrise. Pantai Pemuteran memiliki panjang pesisir kurang lebih 6 KM. Area pantai di kelilingi oleh perbukitan hijau yang mana lebih di dominasi oleh pohon kelapa. Bagi Anda yang suka olahraga air, Pantai Pemuteran juga menyediakan tempat Diving dan Snorkeling lengkap dengan peralatannya.

2. Pura Batu Kursi

Menaiki tangga menuju Pura Batu Kursi (https://wisatahouse.com)

Karena merupakan tempat sembahyang umat Hindhu, ada beberapa area yang tidak boleh sembarangan. Untuk menuju lokasi pura, pengunjung harus berjalan menaiki bukit yang jalannya cukup sempit dan harus berhati-hati. Ada beberapa peringatan berupa bendera yang harus di baca dan di patuhi oleh seluruh pengunjung agar perjalanan Anda tetap aman.

3. Wisata Budidaya Mutiara

Budidaya Mutiara (https://ihategreenjello.com)

Mendengar kata mutiara, siapa sih yang tidak terkesan dengan kehadirannya. Di Bali, tepatnya di Gerokgak terdapat objek wisata budidaya mutiara yang bisa Anda kunjungi. Tentunya Anda akan mendapatkan banyak ilmu mengenai dunia laut di tempat ini. Objek Wisata Budidaa Mutiara ini tergolong sebagai budidaya lokal yang terus di kelola.

Di tempat wisata budidaya tersebut, Anda bisa mengetahui bagaimana proses pencarian hingga pengemasan mutiara yang mana harganya sangat mahal yaitu hingga ratusan juta rupiah. Anda juga bisa mempelajari berbagai macam hama penyakit yang bisa menyebabkan turunnya harga jual mutiara di pasaran.

4. Biorock Pemuteran

Bentuk struktur Biorock Pemuteran

Pemuteran adalah rumah bagi proyek terumbu Biorock buatan terbesar di dunia Desa terlibat melindungi terumbu karang dan komunitas ini sangat bersemangat. Ini adalah salah satu dari beberapa tempat di Bali di mana Anda tidak akan terganggu oleh siapapun di pantai.

Biorock Pemuteran merupakan salah satu konservasi dan wisata bahari yang ada di Indonesia. Daya tarik utama dari tempat wisata ini adalah adanya batu berbentuk hewan yang berada di dasar laut. Batu tersebut bisa di lihat dengan cara diving ke dalam laut.

Adanya batu atau terumbu karang berbentuk menyerupai hewan tersebut menjadikan para turis asing berbondong-bondong ke Biorock Pemuteran. Namun perlu Anda ketahui, Biorock yang saat ini ada di Pantai Pemuteran ersebut merupakan hasil buatan yang di bangun secara besar-besaran oleh pemerintah setempat.

5. Kebun Anggur Haten Wines

Kebun Anggur Haten Wines (https://www.youtube.com)

Agrowisata Kebun Anggur Bali, adalah salah satu tempat yang bisa anda jadikan sebagai destinasi liburan sambil melihat lihat tanaman anggur serta banyak pengalaman menarik lainnya. Perkebunan anggur ini merupakan perkebunan yang menghasilkan produk-produk anggur dengan kualitas baik

Anda dapat berjalan-jalan berkeliling di sela-sela tanaman anggur, melihat para petani yang sedang memanen anggur, serta anda juga diperkenankan untuk memetik buah anggur di kebun. Selagi berkunjung ke tempat ini, wisatawan bisa melakukan beragam aktivitas. Mencicipi wine secara gratis menjadi salah satu kegiatan yang disediakan oleh Hatten Wines. Wisatawan pun dapat mencoba untuk berkunjung secara langsung ke kebun anggur yang dikelola oleh Hatten Wines.

Hatten Wines pun melakukan kerjasama dengan para pemilik tanah lokal untuk pengelolaan kebun tersebut. Secara khusus, area lahan seluas 45 hektare yang dipakai untuk kebun anggur, sangat terbuka untuk dikunjungi oleh para wisatawan.

Sertifikasi

Telah menerima sertifikasi dari Menparekraf @sandiuno pada awal Maret 2021 berupa Desa Wisata berkelanjutan untuk mewujudkan pariwisata yang lestari dan sejahtera.

Sumber: balitopholidays

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.