Desa Wisata Pagergunung Ngablak Magelang Jawa Tengah

Oleh Tri Agus Yogawasista

71940-pagergunungdisoreharibilaadaberuntung2Panorama Desa Wisata Pagergunung, Ngablak, Magelang, Jawa Tengah

Desa Wisata Pagergunung di kecamatan Ngablak, kabupaten Magelang yang kawasan pemukiman penduduknya berada dikawasan lereng gunung Telomoyo dan gunung Andong 1010 meter dari permukaan laut.

Kawasan kedua lereng gunung ini yang indah nan subur membuat populasi penduduk desa Pagergunung cukup tinggi 2383 jiwa dengan luas wilayah 296.175 hektar yang pola hidupnya mengacu pada pola pertanian seperti sayuran, Kubis, Wortel, Buncis, Jagung, Ketela, Padi dan Ketan.

49a8f-suasanadesa Suasana Desa Wisata Pagergunung, Ngablak, Magelang, Jawa Tengah

Kawasan pemukiman penduduk desa Pagergunung yang umumnya berada kawasan dilereng gunung Andong dan Telomoyo, namun pola hidup masyarakat desa ini cukup maju melalui pola pertanian mereka dapat memenuhi pelbagai kebutuhan hidup, membangun rumah, biaya pendidikan dan kebutuhan penting lainnya.

Kawasan desa Pagergunung menarik dijelajahi, selain panorama alam pegunungan yang indah serta hamparan persawah an dilereng gunung berupa terasering ditanami aneka sayuran, padi terutama beras jawa dan ketan jawa terlihat hijau nan mempesona.

d06d6-pagergunungdipagiharijikaandaberuntung2 Suasana Desa Wisata Pagergunung, Ngablak, Magelang, Jawa Tengah

Keindahan lainnya yang tidak kalah eksotiknya obyek wisata air terjun, mata air, sungai, homestay, hacking, tempat camping yang berada dilereng Andong tidak jauh dari desa ini serta menikmati suasana desa menjelang terbit dan terbenamnya matahari membuat desa ini indah memukau.

Menelusuri desa ini memang mengesankan sambil keliling menikmati pemandangan pedesaan Pagergunung nan asri wisatawan pun dapat juga melihat aktifitas penduduk setempat baik bertani sambil belajar bercocok tanaman sayuran atau bisa juga melihat dari dekat pembuatan makanan ringan yang banyak terdapat didesa ini sambil belajar membuat aneka snack atau melihat Aktifitas kerajinan pembuatan relief yang unik, menarik dari bahan kuningan, sebuah kerajinan yang langka dan unik di Kab Magelang.

d61a2-padidilerenggunung Persawahan di lereng gunung

Desa Wisata Pagergunung sungguh menarik ditelusuri baik pola pertanian kemudian home industri dan kegiatan seni budayanya. Seni budaya didesa ini berkembang cukup baik dan juga tetap bertahan hingga kini melalui program festival lima gunung yang terus digelar tiap setahun disekitar kawasan lima gunung tersebut meliputi gunung merbabu, andong, sumbing, menoreh dan merapi.

Desa Pagergunung dewasa ini kian maju pesat semenjak desa ini dikembangkan menjadi desa wisata dengan kegiatan pemberdayaan masyarakat melalui program PNPM mandiri yang ada didesa ini sehingga membuat masyarakat desa Pagergunung terarah dan pola pikirnya lebih maju apalagi home industri dan pola pertaniannya mampu membantu dan mengangkat perekonomian masyarakat setempat. Desa wisata Pagergunung juga menjadi harapan yang indah bagi masyarakat desa ini, sebab dikembangnya menjadi desa wisata terbuka pelbagai lapangan kerja baru dan harapan-harapan indah lainnya demi meraih masa depan.

Potensi Budaya dan Seni Tradisional

  • Wayang Kulit
  • Ketoprak
  • Tarian Kobra
  • Kuda Lumping
  • Soreng
  • Kesenian Laras Madya
  • Konthulan

Potensi Kuliner

aa2ca-sagon Sagon

Makanan khas Desa Wisata Pagergunung berupa; balok ketela, marning jagung, ceriping ketela (samier/lentheng), dan makanan khas lainnya berupa cenil, cethot, tempe, semprong, sagon, dan lain-lain.

45e13-semprong Semprong

Potensi Industri Makanan

Industri rumahan (home industry) dikawasan desa Pagergunung dewasa ini berkembang cukup pesat home industri balok ketela misalnya yang jumlahnya mencapai 24 pengrajin balok ketela yang tersebar dipelbagai tempat didesa Pagergunung. Pengrajin balok ketela tumbuh berkembang kemudian para pengrajin tersebut membentuk kelompok tani yang dinamakan kelompok tani KLM Purwa sejati.

Pengrajin balok ketela didesa ini cukup inovatif mampu membuat hasil pertanian ketela menjadi makanan ringan berpotensi ekonomi bagi masyarakat setempat bahkan industri balok ketela ini mampu dikirim ke beberapa daerah di Indonesia antara lain, pulau jawa, Bali, Sumatera dan Kalimantan dengan produksi balok ketela perhari mencapai rata-rata1 ton yang kemudian dijadikan kelompok tani percontohan dikabupaten Magelang.

Home industri pengrajin ketela balok mampu menarik perhatian sebagian masyarakat Indonesia bahkan mereka dari kelompok petani dari luar jawa seperti kelompok tani Irian jaya dan daerah lain tidak segan melakukan studi banding mengunjungi daerah desa Pagergunung untuk melihat langsung cara pembuatan balok ketela yang dipandang inovatif dan kreatif dalam pengelohan hasil pertanian.

Agrowisata

Pagergunung juga memiliki daya tarik di bidang pertanian. Merupakan hal yang menarik untuk dapat mengamati dari dekat usaha masyarakat di bidang ini, selain letak lahan yang berada di lereng pegunungan, komoditi yang menjadi hasil usaha pertanian Pagergunung juga menarik untuk diamati.

Pertanian Pagergunung menghasilkan sayuran dan tanaman pangan yang menjadi unggulan para petani, Pagergunung juga punya ikon di bidang partanian tanaman pangan yaitu Padi Jawa dan Ketan Jawa yang memliliki berbagai keistimewaan dibandingkan beras/ketan dari dataran rendah.

Wisata Alam

1. Air Terjun (Waterfalls)

Terdapat beberapa air terjun di desa pagergunung yang kesemuanya memiliki ciri khas dan keindahan masing-masing, yaitu :

  • Air Terjun Sarangan

60b3f-sarangan

  • Air Terjun Sumuran

f642f-sumuran

  • Air Terjun Sekarlangit 

93dce-sekarlangit2

2. Bumi Perkemahan (Camping Ground) 

Pagergunung memiliki beberapa tempat yang dapat digunakan sebagai bumi perkemahan, menjadi begitu spesial dengan latar belakang pemandangan indah dan dilengkapi dengan beberapa pilihan jalur tracking dengan berbagai tantangannya. Bumi perkemahan terletak di ujung desa, terpisah dari pemukiman namun sangat dekat dengan beberapa dusun, dekat dengan sebuah sungai besar, dan dekat dengan sebuah bangunan sekolah.

Informasi lebih lanjut hubungi

Desa Wisata Pagergunung 
Kecamatan Ngablak, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah
Informasi dan Pemesanan Hubungi di: +62 815 793 5672, +62 857 4788 7447 dan +62 819 0398 6 548
Website: https://dewagunung.blogspot.com

Sumber: Berbagai artikel di internet

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Next Post

Kamiran, Panduan Wisata Budaya Gratis dalam Smartphone

Sat Aug 31 , 2013
Indonesia, negara dengan ribuan warisan etnik dan kebudayaan. Warisan nenek moyang berupa candi, arca, hingga barang-barang bersejarah yang disimpan dalam museum, menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan di era digital ini. Namun, obyek-obyek bersejarah ini berangsur-angsur mulai kehilangan peminat. Berupaya menghidupkan kembali wisata budaya Indonesia di hati wisatawan, mahasiswa […]