Desa Wisata Lubuk Sukon Aceh Besar Aceh

Pintu gerbang Desa Wisata Lubuk Sukon (http://atjehtraveller.blogspot.com)

Desa Wisata Lubuk Sukon terletak di Kecamatan Ingin Jaya. Kabupaten Aceh Besar, Provinsi Aceh. Desa wisata ini terletak sekitar 20 Km dari pusat Kota Banda Aceh, melalui jalan nasional Banda Aceh-Medan, tak terlalu jauh dari bundaran Lambaro yang menjadi pintu gerbang masuk ke Kabupaten Aceh Besar.

Suasana Desa Wisata Lubuk Sukon dengan pagar khas dari tanaman teh-tehan (https://news.detik.com)

Rumoh Aceh dan arsitekturnya

Rumoh Aceh (http://atjehtraveller.blogspot.com)

Desa Wisata Lubok Sukon merupakan salah satu desa yang masih mempertahankan rumah adat Aceh atau Rumoh Aceh sebagai hunian sebagai identitas fisk kawasannya. Dulunya rumah ini berada di pedalaman Kecamatan Indrapuri (Kabupaten Aceh Besar), umurnya saat itu sudah 100 tahun.

Rumoh Aceh merupakan rumah panggung yang kesemua materialnya terbuat dari kayu dan tidak menggunakan paku. Paku diganti dengan rotan atau dipasang langsung ke tiang penyangga.

Atapnya sendiri terbuat dari daun rumbia yang dianyam dan disusun rapat sebagai atap. Umurnya bisa bertahan hingga 25 tahun. Namun secara umum karena kekokohan kayu yang digunakan, rumah tradisional Aceh bisa berumur hingga ratusan tahun.

Rumah Aceh memiliki beberapa ruangan, yaitu serambi muka yang diperuntukkan bagi kalangan laki-laki, ruang tengah khusus ruang keluarga, dan serambi belakang untuk kaum perempaun.

Di ruang tengah atau yang disebut dengan rambat, ruangannya lebih tinggi dan di sisinya terdapat dua kamar.
Masing-masing diperuntukkan bagi kedua orang tua dan anak perempuan yang sudah menikah.

Sedangkan rumah dibangun dengan menghadap kiblat, sehingga jika ada tamu yang masuk lewat serambi depan, tidak menghalangi orang yang sedang shalat.

Adat dan Tradisi

Adat dan tradisi yang masih dilaksanakan masyarakat berupa ritual-ritual secara Islami tetap dipertahankan dan selalu dilakukan secara gotong Royong dan kekeluargaan, seperti Kenduri Blang (persiapan turun ke sawah), Maulid Nabi, Nuzulul Qur’an, Peusijuek (tepung tawar), dan kenduri Meukawen (Pesta Perkawanan).

Kuliner khas

Kuliner khas Aceh Besar (https://news.detik.com)

Kuliner khas Aceh Besar yaitu sie reuboh (daging rebus). Tapi jangan salah, meskipun bernama daging rebus, namun seperti lazimnya kuliner Aceh yang kaya bumbu dan rempah, olahan daging sapi ini juga berlumur bumbu yang rasanya nendang di lidah.

Istimewanya lagi kuliner yang satu ini tahan hingga sebulan. Bagaimana anda tertarik merasakan atmosfer perkampungan Aceh?

Inap Desa (Homestay)

Warga setempat menerima pelancong untuk menginap di kediamannya, tentunya tarif inap dan makan dapat ditanyakan.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Next Post

Desa Wisata Koto Sentajo Kuansing Riau (Video)

Sat Jun 5 , 2021
Rumah Godang di Desa Wisata Koto Sentajo (https://www.pariwisatasumut.net) Koto Sentajo merupakan Desa Wisata yang terletk di Kecamatan Sentajo Raya, Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing), Provinsi Riau, berjarak sekitar 5 Km dari Taluk Kuantan, ibukota Kabupaten Kuantan Singingi. Kehidupan masyarakatnya bertani dan berkebun. Sentajo dijadikan desa wisata dikarenakan banyak sekali rumah godang […]