Desa Wisata Koto Sentajo Kuansing Riau (Video)

Rumah Godang di Desa Wisata Koto Sentajo (https://www.pariwisatasumut.net)

Koto Sentajo merupakan Desa Wisata yang terletk di Kecamatan Sentajo Raya, Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing), Provinsi Riau, berjarak sekitar 5 Km dari Taluk Kuantan, ibukota Kabupaten Kuantan Singingi. Kehidupan masyarakatnya bertani dan berkebun.

Sentajo dijadikan desa wisata dikarenakan banyak sekali rumah godang yang bergaya panggung dengan konsep Melayu ada disana, ditambah suasana desa masih alami, penduduk yang ramah-tamah dan disana sini masih banyak anak-anak bermain menggunakan permainan tradisional yang sudah sangat jarang kita jumpai di kota-kota besar.

Desa ini memiliki sejumlah keunikan. Tradisi, budaya, adat istiadat, sosial kemasyarakatan dan keagamaan yang masih kuat membuat orang yang berkunjung ke desa ini dapat merefleksi dan merasakan tata kehidupan masyarakat yang berlaku di masa lalu.

Adat dan Tradisi

Suasana desa yang menjaga nilai-nilai adat akan kian terasa jika kegiatan adat dan tradisi dilaksanakan. Baik saat pagelaran silat, pertemuan suku dirumah godang, tradisi memulai dan musim tanam. Aktifitas warga dirumah godang, mesjid dan persawahan memperteguh tata kelola masyarakat dimasa lalu.

Rumah Godang

Rumah Godang (https://www.andalastourism.com)

Keanekaragaman suku yang dibuktikan dari keberadaan 27 rumah adat dalam satu kawasan Koto Sentajo ini menjadi nilai yang unik dan menarik untuk dikembangkan menjadi destinasi wisata budaya. Selain kondisi lingkungan yang alami dan keramahan masyarakat, event wisata pacu jalur di Taluk Kuantan diharapkan wisatawan hadir juga dapat untuk mengujungi kawasan bersejarah ini.

Koto sentajo dijadikan tempat berkumpul masyarakat dikenegerian Sentajo dikerenakan disanalah berdirinya Rumah Godang sebanyak 27 (dua puluh tujuh) unit terdiri dari; 6 unit Rumah Godang Suku Piliang Soni, 3 unit Rumah Godang Suku Piliang Lowe, 7 unit Rumah Godang Suku Tanjuang, 3 unit Rumah Godang Suku Patopang 6 unit Rumah Godang Suku Melayu dan 2 unit Rumah Godang Suku Caniago.

Masing-masing rumah godang dapat menampung sekitar 125 – 150 orang. Meski demikian, seluruhRumah Godang tersebut menaungi 4 rumpun besar masyarakat kenegerian Sentajo, dimana masyarakat setempat menyebut nama suku yaitu suku Paliang, Caniago, Melayu dan Patopang.

Hutan Lindung

Hutan Lingdung Sentajo Raya (https://www.youtube.com)

Hutan lindung tepat berada di belakang Desa Wisata Koto Sentajo kondisi asli sampai saat ini dengan luas 5000 ha. Di dalam hutan lindung hidup berbagai hewan yang cukup langka dan dilindungi.

Kegiatan

Kelebihan Sentajo adalah pengunjung bisa melihat kondisi kampung yang bisa menjaga nilai-nilai luhur tersebut. Di desa ini orang dapat melihat tradisi masa lalu, mulai dari laman silat, mesjid berumur ratusan tahun dengan tiang penyangga tengah dari kayu yang dipakai sejak pertama dibangun, puluhan rumah godang dari berbagai suku dengan bentuk asli, alat-alat pertanian masa lalu seperti rangkiang dan kisaran dan rumah jalur.

Kuliner khas

Kuliner khas Desa Wisata Koto Sentajo sperti otun udang, ikan pantau dan konji anak loba.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Next Post

Desa Wisata Koto Masjid Kampar Riau

Sat Jun 5 , 2021
Desa Wisata Koto Mesjid atau Desa Wisata Kampung Patin (https://suksesmina.wordpress.com) Desa Wisata Koto Mesjid sendiri merupakan desa di Kecamatan XIII Koto Kampar, Kabupaten Kampar, Provinsi Riau. Desa ini memiliki julukan sebagai Kampung Patin karena potensi yang luar biasa dalam bidang perikanan. Di Koto Mesjid, terdapat 776 kolam ikan, di mana […]