Desa Wisata Koto Masjid Kampar Riau

Desa Wisata Koto Mesjid atau Desa Wisata Kampung Patin (https://suksesmina.wordpress.com)

Desa Wisata Koto Mesjid sendiri merupakan desa di Kecamatan XIII Koto Kampar, Kabupaten Kampar, Provinsi Riau. Desa ini memiliki julukan sebagai Kampung Patin karena potensi yang luar biasa dalam bidang perikanan.

Di Koto Mesjid, terdapat 776 kolam ikan, di mana luas semua kolam mencapai 42 hektare, dengan jumlah produksi per hari 3 – 4 ton ikan patin. Hampir setiap rumah yang ada di kampung patin memiliki satu kolam ikan dan juga sering di sebut Tiada Rumah Tanpa Kolam.

Tiada Rumah Tanpa Kolam (https://contoh.kemendesa.go.id)

Tahun 2020 Desa Wisata Koto Mesjid mendapatkan penghargaan di tingkat nasional dalam program pelatihan pendampingan desa wisata melalui Sekolah Tinggi Pariwisata Riau (STP Riau).

Kuliner Khas

Beragam camilan berbahan dasar ikan patin (https://www.brilio.net)

Di Desa Wisata Koto Mesjid menyajikan makanan yang berbahan dasar ikan patin, seperti otak-otak, nugget, kerupuk ikan, burger patin dan mpek-mpek patin dan sebagainya.

Wisata Alam

• Disekitar Kampung Patin terdapat Sungai Gagak. Salah satu sungai yang terdapat air terjun yang indah.

Air terjun 7 tingkat di Sungai Gagak (https://berseripos.com)

• Spot instagramable bisa ke Puncak Kompe. Puncak Kompe ini terdapat di atas waduk PLTA Kota Panjang.

Pemandangan Puncak Kompe (https://contoh.kemendesa.go.id)

Inap Desa (Homestay)

Rumah adat Kampar (https://www.brilio.net)

Saat ini tersedia 30 homestay di Kampung Patin. Jadi wisatawan tak perlu bingung bila akan bernalam di tempat ini. Sudah disediakan pula pemandu wisata yang memiliki sertifikat, sehingga bisa menjadi pemandu untuk eksplorasi tempat-tempat menarik di Kampung Patin.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Next Post

Tebing Bukit Simarsolpa Simalungun Sumatera Utara

Mon Jun 7 , 2021
Tebing Bukit Simarsolpa (https://www.picuki.com) Tebing Bukit Simarsolpa yang berlokasi di Dusun Duren Bauggal, Desa Sinda Raya Kecamatan Raya Kahean, Kabupaten Simalungun< Provinsi Sumatera Utara. Tebing Simarsolpa terletak di tengah perkebunan kelapa sawit, tepat di belakang rumah Pak Wir, seorang lelaki berkelahiran Solo, Jawa Tengah, yang telah puluhan tahun menetap di […]