Desa Wisata Kerajinan Tembaga Kuningan Tumang Boyolali Jawa Tengah

49b40-produktumang3Berbagai produk Desa Wisata Kerajinan Tembaga Kuningan Tumang (https://tembagakuningan.com)

Desa Wisata Kerajinan Tembaga Kuningan Tumang terletak di Desa Tumang, Kecamatan Cepogo, Kabupaten Boyolali, Provinsi Jawa Tengah merupakan suatu desa yang terletak di lereng gunung antara Merapi dan Merbabu di daerah ini walaupun terletak di pengunungan akan tetapi menyimpan potensi yang sangat besar, baik dari aspek seni, industri, dan ekonomi. Kerajinan Tembaga dan kerajinan kuningan adalah potensi yang sangat besar di daerah tersebut.

Jalan menuju Desa Tumang, Cepogo, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah berliku-liku dengan pemandangan indah di kanan dan kiri jalan. Menuju tengah desa, beberapa papan nama perajin tembaga dan kuningan tampak menghiasi depan rumah penduduk. Maklum, hampir seluruh penduduk desa ini berprofesi seperti itu secara turun-temurun tersebut.

Industri rumah

b038f-produktumang5 Berbagai produk Desa Wisata Kerajinan Tembaga Kuningan Tumang (https://tembagakuningan.com)

Sebagian besar warga desa ini menjadi perajin tembaga dan kuningan. Produk mereka juga laris manis di pasar Amerika dan Eropa, ada sekitar 50 kelompok perajin dengan 2.000 perajin lebih yang mayoritas warga desa setempat.

Desa Wisata Tumang merupakan sentra Kerajinan Tembaga dan Kuningan, industri hulu-hilir, dimana dari proses bahan baku, sumber daya manusia (Skill), pemasaran, hingga pengelolaan rongsok limbah industry menjadi satu kesatuan mata rantai pelaku usaha di sentra kerajinan logam di daerah tersebut. Adapun jenis usaha disentra industri kerajinan tumang yaitu pengusaha rongsokan (Dalepok), kerajinan Aluminium, Kerajinan alat masak tembaga tradisional, dan tentunya kerajinan ukir tembaga.

Produk Industri rumah

d497c-hasil-produksi-kerajinan-tembaga-tumang Berbagai produk Desa Wisata Kerajinan Tembaga Kuningan Tumang (https://wisata.javaindonesia.org)

Beberapa produk akhir Desa Wisata Tumang antara lain, kerajinan Bathtube, wastafel, meja, lampu gantung, lampu meja, lampu dinding, lampu stand, lampu robyong, relief, dan lain sebagainya.

Dari Aspek potensi ekonomi perputaran uang di sentra tersebut sangat besar setidak nya perputaran uang dalam sehari mencapai kurang lebih 1 milliar dalam sehari jika di kali kan 30 hari maka perputaran uang di sentra industi ini mencapai 30 milliar lebih dan sungguh angka yang sangat lah besar untuk sebuah sentra industri pedesaan.

b82c8-sofz Relief (https://www.kaskus.co.id)

Dengan semakin terbuka-nya pangsa pasar industri kerajinan tembaga maka pengembangan klaster industri kerajinan tembaga di wilayah ini menjadi hal yang sangat penting, dengan peran serta pemerintah dan pelaku usaha di sana akan mampu meningkatakan kemampuan penyerapan tenaga kerja di wilayah desa-desa di kecamatan cepogo pada umumnya.

Saat ini ketersediaan Insfrastruktur jalan yang memadai, pasar kerajinan, show room bersama, merupakan tantangan bagi klaster sentra industri kerajinan di Tumang yang perlu segera di realisasikan.Mengingat Industri kerajinan tembaga kenteng merupakan satu –satu nya sentra industry di Indonesia, dan untuk di seluruh dunia yang memiliki niche seperti nya hanya di Tuscon Mexico.

67284-lampumeja2 Lampu Meja (https://www.kaskus.co.id)

Maka perlu adanya sinergisitas peran serta pemerintah dan para pelaku usaha kerajinan di Tumang untuk memperjuangan kan Klaster sentra kerajinan tembaga sebagai desa wisata national heritage dan icon di jawa tengah khusus nya dan di Indonesia pada umumnya.

Akses

Jika Anda dari Kota Solo, Anda bisa naik bus jurusan Boyolali atau bus jurusan Semarang. Sesampai di Kota Boyolali, Anda bisa melanjutkan perjalanan dengan naik mikro bus jurusan Cepogo. Turun di Cepogo Anda bisa melanjutkan perjalanan dengan ojek ke Desa Tumang. Jika Anda menggunakan kendaraan pribadi, ikuti penunjuk arah ketika sampai di Kota Boyolali. Jika Anda mengalami kesulitan menuju Tumang, Anda bisa bertanya kepada orang-orang yang Anda jumpai di jalan. Disarankan untuk Anda, jika ingin melihat-lihat seluruh wilayah sentra kerajinan sebaiknya Anda menggunakan kendaraan pribadi.

Informasi lebih lanjut hubungi

Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Boyolali
Jl. Raya Boyolali – Solo KM.2, Boyolali 57322, Jawa Tengah
Telp./Fax.: +62 276 321150

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Next Post

Desa Wisata Kerajinan Emas Perak Celuk Gianyar Bali

Mon Jul 14 , 2014
Produk Desa Wisata Kerajinan Emas Perak Celuk (https://beritadewata.blogspot.com) Desa Wisata Kerajinan Emas Perak ini terletak di Desa Celuk, Kecamatan Sukawati, Kabupaten Gianyar, kurang lebih 45 menit perjalanan dari Bandara Ngurah Rai atau hanya berjarak sekitar 8 km menuju arah Gianyar, sebelum sampai pada kawasan Pasar Seni Sukawati. Desa Wisata Celuk […]