Desa Wisata Kerajinan Gamplong Sleman Yogyakarta

457e7-gamplong_01121112012164259 Menenun dengan Alat Tenun Bukan Mesin (https://kotajogja.com)

Desa Wisata Gamplong adalah desa wisata kerajinan tenun yang berada di Padukuhan Gamplong Desa Sumber Rahayu Kecamatan Moyudan Kabupaten Sleman, Yogyakarta, tepatnya di Jl. Raya Wates Yogya Km 14.

Akses menuju Desa Wisata Gamplong pun cukup mudah. Dari pusat kota Yogyakarta, para wisatawan dapat menggunakan kendaraan umum atau pribadi menuju Jalan Raya Wates sampai di km 14. Kemudian dari pertigaan Klangon, setelah belok kearah kanan, para wisatawan dapat langsung menuju wilayah Gamplong.

bd4a5-reginaardy Tas wanita anyaman (https://www.indonesia-tourism.com)

Desa wisata ini cukup menarik untuk disinggahi wisatawan terlebih karena masih adanya industri kerajinan tenun tradisional dengan menggunakan Alat Tenun Bukan Mesin (ATBM). Dengan ATBM, masyarakat perajin Gamplong mampu menghasilkan kain tenun sebagai bahan stagen (kain panjang untuk melilit bagian perut wanita). Selain kerajinan tenun, perajin juga mampu memproduksi kerajinan anyaman untuk suvenir.

Tak hanya terkenal dengan ATBM-nya, Desa Wisata terkenal dengan kreativitas warganya yang mampu memanfaatkan eceng gondok, lidi kelapa, mendong, dan akar wangi yang hingga menjadi sejumlah produk istimewa yang mempunyai nilai jual bahkan di ekspor. Produk yang dapat mereka hasilkan berupa tas, dompet, aksesori wanita, gorden, tikar, dan lain sebagainya.

13d66-gamplongcraft Berbagai produk anyaman (https://gamplongcraft.wordpress.com/)

Hasil produksi mereka tak hanya dipasarkan di Yogyakarta saja, tapi juga banyak dipesan oleh pembeli dan pengusaha dari Bali dan Jakarta. Sejumlah wisatawan dan pengusaha dari negeri tetangga Australia juga telah menjadi pelanggan tetap perajin di Gamplong. Di Desa Wisata Gamplong terdapat tak kurang dari 24 perajin yang menggeluti usaha kecil yang umumnya bergerak dalam bidang tenun. Usaha dan kemampuan mereka umumnya didapatkan secara turun temurun dari leluhur mereka.

Belajar menganyam dengan beragam bahan yang tersedia, merupakan tawaran desa ini pada para wisatawan. Untuk menginap, di desa ini masih terhitung susah karena beberapa warganya tidak bersedia rumahnya sebagai penginapan.

06108-20120413sentra-kerajinan-desa-wisata Tenun Desa Wisata Gamplong, DIY (Foto jogja.antaranews.com)

Informasi lebih lanjut hubungi

Desa Wisata Kerajinan Gamplong 
Pedukuhan Gamplong Desa Sumber Rahayu Kecamatan Moyudan Kabupaten Sleman, Yogyakarta
Telp.: +62 816 4261 486 (Pak Purwadi) atau +62813 2871 1529 (Pak Suryono).

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Next Post

Desa Wisata Kerajinan Tatah Sungging Kulit Pucung Bantul Yogyakarta

Fri Jul 11 , 2014
(https://tatahsungging.wordpress.com) Desa Wisata Kerajinan Tatah Sungging Kulit (Wayang) Pucung berlokasi di Dusun Karangasem, Desa Wukirsari, Kecamatan Imogiri, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, dari Yogyakarta ke arah Selatan berjarak sekitar ± 17km, dan berada di bawah pegunungan Imogiri, dimana makam raja-raja Kasultanan Yogyakarta dan Surakarta berada. Gapura Selamat Datang Desa Wukirsari (https://mh-berita.blogspot.com) […]