Desa Wisata Kerajinan Batu Ukir (Terakota) Lemahdadi Bantul Yogyakarta

Relief petunjuk letak Desa Wisata Kerajinan Patung Lemahdadi, Bantul

Desa Wisata Kerajinan Batu Ukir Lemahdadi terletak di Dusun Lemahdadi, Desa Bangunjiwo, Kecamatan Kasihan, Kabupaten Bantul, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta.

Tempat ini tidak jauh dari balai desa lemahdadi Bangunjiwo yakni disebelah barat balai desa tersebut. Dari perempatan balai desa Bangunjiwo ambil arah ke utara sekitar 500 meter kemudian hingga menemukan pertigaan tugu lilin, anda belok kiri atau kearah barat dengan jalan menanjak sejauh 1 km, dan anda akan menjumpai patung relief ukuran sedang dengan bingkai warna hijau yang bertuliskan sentra kerajinan Lemahdadi. Sesampainya di situ ambil kekiri sampai melewati sungai dengan jembatannya yang kecil pula, maka anda akan disambut oleh workshop dan juga showroom.

Sejarah

Sebagaimana dituturkan oleh Bapak Wiyono, yang tak lain adalah kepala dukuh Lemahdadi, awal mula terciptanya industri kerajinan Patung Batu di Lemahdadi tidak bisa lepas dari peran penting para pelopor-nya. Mereka adalah Bapak Sugiman dan Bapak Budi Mulyono. Bapak Sugiman adalah penduduk asli dusun Lemahdadi, sedangkan Bapak Budi adalah pendatang yang sudah lama hidup di dusun tersebut. Kedua orang ini dapat dikatakan sebagai para pendiri Kerajinan Patung Batu dan juga yang paling awal membangun tempat produksi atau bengkel seni Patung Batu di Lemahdadi.

Dahulu, Bapak Sugiman dan Budi Mulyono adalah buruh pengrajin patung batu di daerah Muntilan, Magelang. Perlu diketahui bahwa daerah Muntilan juga merupakan Sentra Kerajinan Patung Batu yang sudah lebih dahulu berkembang dan terkenal. Di tempat inilah, sembari mereka bekerja, mereka juga sedikit demi sedikit mempelajari seluk beluk kerajinan ini, mulai dari pemilihan bahan baku, proses pembuatan patung, hingga teknik pemasaran dan manajemen.

Beragam produk Desa Wisata Kerajinan Batu Ukir (https://hiveminer.com)

Dan ketika dirasa sudah cukup memiliki bekal, beberapa tahun sebelum krisis moneter melanda republik, sekitar tahun 1995, mereka berdua mencoba untuk mendirikan produksi patung batu sendiri di kampung tempat mereka tinggal, yaitu Lemahdadi. Bapak Sugiman kemudian mendirikan usaha dengan nama Sanggar Budaya, sedangkan Bapak Budi Mulyono mendirikan Fajar Stone. Kedua bengkel seni inilah yang menjadi awal berdirinya Sentra Kerajinan Batu Ukir di Dusun Lemahdadi ini.

Produk Unggulan

Di Sentra Kerajinan Patung Lemahdadi, Patung Budha adalah patung yang paling banyak dipesan para pembeli. Oleh karena itu, lazim kita temui patung budha dalam berbagai macam bentuk, seperti buddha bertapa, buddha tidur,dan pose-pose lain. Ukurannya pun beraneka ragam. Mulai dari yang paling kecil, seukuran tangan manusia, sampai yang tingginya hampir sama dengan atap rumah.

Itu baru dilihat dari segi bentuk & ukuran. Masih ada satu aspek lagi yang perlu anda cermati, yaitu finishing. Terdapat belasan jenis sentuhan akhir yang makin memanjakan pilihan anda. Mulai dari warna hitam,yang paling banyak digunakan. Kemudian ada warna batu alam, warna kuning emas, putih, dan masih banyak pilihan warna lainnya.

Dihasilkan patung Budha tidak bisa dipisahkan dari daerah Muntilan, Magelang (https://panduanwisata.com)

Faktor lain yang menyebabkan patung budha begitu poluper adalah dari sisi historis, keberadaan Sentra Kerajinan Patung Lemahdadi tak bisa dipisahkan dari daerah Muntilan, Magelang. Di daerah tersebut terdapat Sentra Kerajinan Patung yang berdiri jauh lebih dulu daripada Lemahdadi. Dan di Muntilan, patung yang paling banyak dibuat adalah patung buddha. Perlu diketahui bahwa Muntilan dekat dengan candi budha terbesar di Indonesia, yaitu Candi Borobudur.

Dalam perkembangannya, tentu bukan hanya patung buddha maupun patung tokoh pewayangan kuno saja yang diproduksi di Sentra Kerajinan Patung Lemahdadi ini. Terdapat model-model patung yang mulai mengikuti permintaan pasar dan perkembangan zaman.

Produk lain

Batu ukir atau terakota (https://humaspolresbantul.blogspot.com)

Selain memproduksi beragam bentuk patung dari batu, para pengrajin juga membuat aneka ragam air mancur dan relief yang juga terbuat dari batu.

Pemasaran

Saat ini, berdasarkan Pendataan Industri Kecil dan Menengah yang dibuat awal tahun 2012, terdapat 8 Pengrajin Patung Batu yang telah mampu menyerap ratusan pekerja, baik dari dalam dusun Lemahdadi maupun dari dusun sekitarnya, seperti Salakan dan Kenalan. Dalam satu bulan, para pengrajin patung batu di Lemahdadi rata-rata mampu mengeksport 8 sampai 9 kontainer kepasar dalam negeri (Solo, Bali) dan luar negeri (Eropa, Australia, Amerika dan Timteng).

Data Pengrajin

Berikut daftar Pengrajin Patung Batu di Dusun Lemahdadi dan sekitarnya:

No
Nama
Nomor  Telepon
Pedukuhan
RT
Jumlah
Tenaga Kerja
Keterangan
1
 Sugeng
085743311156
 Bibis
2
2
2
 Sugiman
081328147777
 Lemahdadi
3
80
Sanggar Budaya
3
 Budi Mulyono
082138215344
 Lemahdadi
3
40
Fajar Stone
4
 Ponijo
081328068550
 Lemahdadi
3
60
Fia Trasso
5
 Suranto Lemahdadi
3
40
6
 Sugito
08562873359
 Lemahdadi
3
40
7
 Suwandi Lemahdadi
3
30
Gurat Asri
8
 Sarjiman
085643758230
 Lemahdadi
3
2
9
 Edi sud
085643946750
 Lemahdadi
6
3
10
 Ngadiran Sambikerep
1
1
11
 Hardiyanto
083840271644
 Sribitan
1
3

Informasi lebih lanjut hubungi

Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Bantul
Komplek Perkantoran II Pemkab Bantul
Jl. Lingkar Timur, Manding, Bantul 55714
Telepon: (62) 274-6460222
E-mail: dinas.pariwisata@bantulkab.go.id

Sumber: Desabangunjiwo

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Next Post

Desa Wisata Kerajinan Pisau Batik Krengseng Bantul Yogyakarta

Mon Jan 13 , 2014
Hati-hati Papan namanya kecil dan tertutup daun Desa Wisata Kerajinan Pisau Batik Krengseng terletak di Dusun Kalirandu, Desa Bangunjiwo, Kecamatan Kasihan, Kabupaten Bantul, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Dari perempatan Balai Desa Bangunjiwo, ambil jalan ke arah barat atau ke arah ke Sedayu. Sekitar Satu kilometer kemudian anda akan menemukan plang […]